Bupati Gusmal Resmikan Kantor KAN Nagari Aia Batumbuak

0
349

SOLOK JN- Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM, hari Sabtu (26/12), meresmikan Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nagari Aia Batumbuak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.

Tampak hadir pada acara peresmian tersebut selain Bupati Gusmal antara lain Kabag Humas, Syofiar Syam, Camat Guntal, Misran Masdagar, Wali Nagari Aia Batumbuak, Yuneldi, Ketua KAN Aia Batumbuak, Wali Nagari Koto Gadang Guguak, Carles Camra, BMN Nagari Aia Batumbuak dan undangan lainnya.

 Bupati Solok H. Gusmal dalam sambutannya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada masyarakat Aia Batuambuak yang telah mendirikan kantor kelembagaanya dengan harapan kantor ini dipergunakan sebaik-baiknya dalam rangka menata kehidupan masyarakat.

“Debagaimana kita ketahui, balai balai adat atau kantor kerapatan adat nagari itu di gunakan oleh niniak mamak, para pemangku adat dalam membicarakan kehidupan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah di daerah kita tentang permasalahan yang terjadi di nagari,” sebut Gusmal.
Ditambahkan Bupati, Niniak mamak, kalau ingin merobah kehidupan adat istiadat, adat nan salingka nagari di bicarakan disini (KAN). Yang tidak boleh kita robah, adat yang sabatang panjang. Adat yang salingka nagari, boleh kita robah. Asal sepakat angku-angku niniak mamak dan bundo kanduang.
“Adat sabatang panjang adalah yang peratama pusako turun dari mamak kepada ke kamanakan. Suku menurut garis keturunan ibu,” sebut Gusmal.

Sebelumnya Wali Nagari Aia Batumbuak, Yuneldi, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kita sampaikan kepada Bupati Solok sekaligus sebagai ketua LKAAM. Mudah2an setelah diresmikan nanti KAN bisa kita fungsikan sebagamana mestinya.
“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia, tokoh masyarakat, bundo kanduang, PKK yang terlibat aktif dalam mensukseskan peresmian balai balai adat nagari aia batumbuak. Dalam waktu seminggu kita bisa siapkan agenda peresmian ini,” terang Yuneldi.

Sebagai pemerintahan nagari nantinya akan menyerahkan kepada KAN dan pergunakanlah balai adat ini sesuai dengan fungsinya. Wali Nagari siap memfasiltasi segala kekurangan serta agenda dan kegiatan yang akan dilakukan KAN. Pemerintahan nagari akan selalu transparan dan terbuka demi majunya nagari Aia Batumbuak.


Ketua panitia  acara, Alfon Satria dalam laporannya juga menyampaikan bahwa terlaksananya kegiatan ini berkat kerjasama seluruh unsur yang ada di nagari. Baik itu pemerintah nagari, KAN, BPM, Bundo Kanduang, Pemuda dan seluruh masyarakat ikut aktif berpartisipasi untuk mensukseskan peresmian balai adat.

“Selaku panitia juga mengucapkan terima kasih kepada perantau yang hadir dan seluruh masyarakat dan kehadiran Bapak Bupati Solok dan rombongan dalam peresmian kantor Kerapatan Adat Nagari Aie Batumbuak ini,” sebut Alfon Satria (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here