SMA Negeri 2 Gunung Talang Gelar Kegiatan Pesantren Ramadhan

SOLOK, JN– Untuk mengisi aktivitas selama bulan Ramadhan 1442 Hijriah, Siswa SMA Negeri 2 Gunung Talang, Kabupaten Solok, menggelar Kegiatan Pesantren Ramadhan.

Menurut Kepala SMA Negeri 2 Gunung Talang, Despryhati Ningsih, S.Pd atau yang akrab dipanggil oleh teman-temanya seprofesi dengan panggilan buk Nining, banyak hal yang bisa dilakukan siswa saat menjalankan ibadah puasa dan jangan dijadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan saja di rumah.

“Para siswa tetap bisa menjalankan aktivitas menarik saat berada di rumah atau di Sekolah sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba, salah satunya dengan pesantren Ramadhan” terang Despryhati Ningsih, Sabtu (10/5) di Arosuka.

Disebutkan Despryhati Ningsih, kegiatan seru yang bisa dilakukan, tentu bukanlah aktivitas fisik yang bisa menguras energi siswa. Sehingga ibadah puasa tetap lancar namun bisa melakukan kegiatan seru yang bermanfaat.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan siswa sekolah dan di rumah yang membuat bulan Ramadhan ini tetap produktif seperti meningkatkan ibadah, seperti membaca Alquran, membaca shalawat nabi, menjalankan shalat Tarawih, maupun mendengarkan tausiah.

Kemudian membaca buku yang bermanfaat setelah menyelesaikan tugas dari sekolah.

Baca Juga :
Wisuda Tahfiz Pompes Tahfizh Qur'an Anzalat Berlangsung Meriah


“Aktivitas seperti ini tentu sangat bagus karena bisa menambah wawasan siswa,” terang Despryhati Ningsih.

Siswa dan OSIS SMA Negeri 2 Gunung Talang siap berbagi takjil ke masyarakat

Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah menonton film, seperti film inspiratif seperti perjalanan tokoh Islami, kisah-kisah Nabi, atau film-film yang mengangkat tema budaya. Selanjutnya
Menulis juga bisa diasah melalui hal-hal kecil.

“Siswa bisa mencoba menuliskan ulasan terkait film-film yang ditonton, mencatatkan kegiatan sehari-hari selama Ramadhan,” papar Despryhati Ningsih.

Bila dilakukan rutin selama 30 hari penuh, kemampuan menulis tentu dapat meningkat.

Kegiatan lain adalah membuat prakarya, seperti siswa bisa mencoba budidaya, pengolahan makanan, maupun membuat berbagai kerajinan yang sesuai dengan ketertarikan.

Sementara kegiatan pesantren Ramadhan diisi dengan berbagai materi yang bermanfaat bagi peserta didik,seperti Dosa Syirik, praktek penyelenggaraan jenazah, bahaya narkoba dan rokok serta materi tentang adat dan sejarah Islam.

Pada kegiatan penutupan pesantren ramadhan yang dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2021,diberikan penghargaan kepada peserta terbaik dan juga Hafizh2 terbak

Adapun peserta terbaik dari kelas X juara pertama diraih Desi Pesti Sari, Juara 2, Gina Fadila Salsa dan juara Tiga diraih oleh Azzari Yatul Habiba.
Untuk juara Tahfiz diraih oleh Syifa Miranda serta juara Disiplin diberikan kepada Zulfa Hendra.

Baca Juga :
Kampus UMMY Solok Sudah Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru

Sementara untuk kelas XI terbaik 1 diberikan kepada Rica Darista, terbaik kedua Afrinaldi, terbaik ke tiga diberikan kepada Syartika. Sementara untuk Tahfizh dari kelas XI diraih oleh Resia Nora serta untuk disiplin diraih Riska Fauziah.

Kegiatan pesantren ini merupakan program dari Dinas pendidikan Sumbar.

Selain itu siswa juga berbagi paket sembako kepada warga kurang mampu yang diinisiasi oleh pengurus OSIS dan pembina,dengan donatur yang berasal dari Guru dan siswa (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.