Duet Bupati Solok dan Putrinya Serius Mewujudkan Visinya Membangkik Batang Tarandam

  • Whatsapp

SOLOK,  JN- Janji  yang diucakan oleh Bupati Solok Epyardi Asda saat kampanye yakni ingin mewujudkan visinya “Membangkik Batang Tarandam”, tampaknya bukan ucapan jempol semata. 
Bahkan untuk menciptakan Kabupaten Solok terbaik tidak hanya sekedar janji,  namun benar benar diupayakannya.
Hal ini akan tambah mulus karena bersama putrinya Athari Gauthi Ardi yang saat ini duduk di Komisi V DPR RI, Bupati Solok, H. Epyardi Asda. M. Mar berkunjung ke Kementerian PUPR dan bertemu dengan beberapa Dirjen Rabu (23/6).

Tampaj hadir mendampingi Bupati yakni  Asisten  Koordinator bidang Ekbangkesra, Medison.SSTP. Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Solok, Effia Vivi Fortuna. AD. ST. MM. Kabid Kawasan dan Pemukiman Rolly Irawan, ST, Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Solok, Chandra Ulung. ST serta Elviandi Ibrahim yang menjabat sebagai Kabid Bina Marga.

 Pertemuan dengan Menteri berikut pada dirjen tentu saja kesempatan ini dimanfaatkan dengan menyerahkan proposal. Ratusan milyar proposal usulan diberikan kepada  Kementerian, guna mempercepat target pembangunan bagi Kabupaten Solok.


Kunjungan itu merupakan kunjungan  kedua ke Kementerian PUPR. Hal itu merupakan tindak lanjut dari hasil pembicaraan pertemuan pertama. Pada kunjungan pertama, Bupati Solok berdiskusi langsung dengan Menteri PUPR RI,  DR.Ir.M. Basuki Hadimuljono, M. SC di ruang kerjanya.

Dalam pertemuan sebelumnya yang digelar pada tanggal 26 Mei 2021 tersebut, Bupati menyampaikan beberapa program pembangunan prioritas, dan percepatan pembangunan di Kabupaten Solok. Diantaranya pembangunan akses jalan, perumahan warga dan penyediaan air bersih.
 Menurut Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Solok, Effia Vivi Fortuna, diantara proposal usulan yang diserahkan langsung kepada Dirjen Perumahan, Kementerian PUPR, DR.Ir. Kalawi Abdul Hamid, S, M. Sc. Diantaranya adalah:1. BSPS NAHP 2021 sebanyak 200 unit di 10 Nagari2. BSPS 2022 sebanyak 2.000 unit3. Pembangunan Rumah Susun bagi ASN, dengan rencana lokasi di Nagari Batang Barus.4. Rusun Ponpes:     a. Smk plus Pondok Pesantren Yasnu,  Nagari Dilam      b. Ponpes syech Abdul Halim         Alkhalidi, Nagari Sariak Alahan Tigo      c. Pondok Tahfidz Al          mukhtar, Alahan Panjang5. BSPS bukit Barisan 62 unit.

 Sedangkan proposal untuk  Dirjen  Sumber Daya Air (SDA), program usulan yang diserahkan adalah: Normalisasi dan Penguatan Sungai Batang Lembang senilai 150 Milyar.Dan usulan rehabilitasi jaringan irigasi Bandar Lawas Nagari Sirukam, senilai 45 Milyar Rupiah. Yang diserahkan langsung kepada Dirjen SDA, Ir. Jarot Widyoko SP.
Kemudian program usulan pembangunan di Dirjen Bina Marga, diterima langsung oleh, DR.Ir.Hedi Rahadian, M. Sc. Diantaranya adalah
-Pembangunan ruas jalan sepanjang 16 km– pembangunan jembatan Air Sirah, sepanjang 16 m– pembangunan jembatan Air Putih sepanjang 40 m– pembangunan jembatan AIa Jangan sepanjang 14 m
Dengan anggaran keseluruhan sebesar Rp,148.096 Milyar.


Selanjutnya di bagian Dirjen Cipta Karya Kemen PU yang digawangi oleh, Ir. Diana Kusumastuti, MT. Diserahkan usulan pembangunan program SPAM di:

 – SPAM Regional di Nagari Gantung Ciri– SPAM Singkarak– SPAM Danau Di Ateh– SPAM  Gunung Talang– SPAM Arosuka– SPAM Tanjung Bingkung– SPAM Junjung Sirih– SPAM Parambahan
Dengan alokasi anggaran sebesar 118 Milyar Rupiah.


Sedangkan untuk program Pembangunan Insfrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), Dinas PUPR Kabupaten Solok mengusulkan masing-masing di Nagari Kacang dan Nagari Tikalak dengan masing-masing anggaran sebesar 600 Juta Rupiah.


Vivi menyebutkan, seluruh usulan tersebut merupakan program prioritas daerah, sekaligus pencapaian visi misi kepala daerah dalam periode yang singkat ini. (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *