Tanpa Kategori

10 Korban Banjir Bandang Belum Ditemukan, Pemkab Tanah Datar Perpanjang Masa Tanggap Darurat

×

10 Korban Banjir Bandang Belum Ditemukan, Pemkab Tanah Datar Perpanjang Masa Tanggap Darurat

Sebarkan artikel ini
banjir bandang sumbar

Tanah Datar, Sumatera Barat – Pemerintah Kabupaten Tanah Datar memperpanjang masa tanggap darurat setelah banjir bandang melanda wilayah tersebut. Keputusan ini diambil karena 10 korban masih belum ditemukan, meskipun upaya pencarian terus dilakukan oleh tim SAR gabungan.

Kronologi Banjir Bandang

Banjir bandang yang melanda Tanah Datar terjadi pada 18 Mei 2024, setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut selama beberapa hari. Bencana ini menyebabkan kerusakan parah pada infrastruktur dan menelan puluhan korban jiwa. Hingga kini, jumlah korban yang ditemukan mencapai 50 orang, namun 10 lainnya masih dalam pencarian intensif.

Perpanjangan Masa Tanggap Darurat

Bupati Tanah Datar, Eka Putra, menyatakan bahwa masa tanggap darurat diperpanjang hingga 30 Mei 2024 untuk memastikan semua korban bisa ditemukan dan evakuasi dilakukan dengan baik. “Kami tidak akan berhenti sampai semua korban ditemukan. Prioritas utama kami adalah keselamatan warga,” ujar Eka Putra dalam konferensi pers.

Baca Juga :
Wabup Solok Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Singgalang 2021

Upaya Pencarian dan Evakuasi

Tim SAR, yang terdiri dari Basarnas, TNI, Polri, dan relawan setempat, bekerja keras dalam upaya pencarian. Mereka menggunakan berbagai alat berat untuk memindahkan puing-puing dan melakukan penyisiran di area terdampak banjir. Selain itu, anjing pelacak juga dikerahkan untuk membantu menemukan korban yang tertimbun.

Dukungan dan Bantuan

Pemerintah pusat dan berbagai lembaga kemanusiaan telah mengirimkan bantuan logistik dan medis untuk mendukung upaya tanggap darurat ini. Bantuan berupa makanan, obat-obatan, dan perlengkapan lainnya sangat dibutuhkan oleh para pengungsi yang saat ini tinggal di tenda-tenda darurat.

Baca Juga :
Wilayah di Indonesia yang Bisa Menyaksikan Gerhana Bulan Total Rabu Tanggal 26 Mei 2021

Pentingnya Kesiapsiagaan

Banjir bandang di Tanah Datar menjadi pengingat akan pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana alam. Pemerintah daerah berkomitmen untuk meningkatkan edukasi dan mitigasi bencana di masa mendatang. “Kami akan terus mengedukasi masyarakat tentang langkah-langkah yang harus diambil saat terjadi bencana, serta memperkuat sistem peringatan dini,” tambah Eka Putra.

Penutup

Kasus banjir bandang di Tanah Datar menjadi duka mendalam bagi masyarakat Sumatera Barat. Perpanjangan masa tanggap darurat diharapkan dapat membantu menemukan seluruh korban dan mempercepat proses pemulihan. Semua pihak diharapkan tetap waspada dan selalu siap menghadapi bencana alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *