Tanpa Kategori

Bukittinggi Diguncang Tiga Gempa Tektonik dalam Sehari, Warga Panik

×

Bukittinggi Diguncang Tiga Gempa Tektonik dalam Sehari, Warga Panik

Sebarkan artikel ini
merapi

Bukittinggi, mengalami tiga gempa tektonik secara berturut-turut dalam waktu singkat pada Senin, 27 Mei 2024. Gempa pertama dengan magnitudo 4,1 terjadi pada pukul 05.00 WIB, diikuti oleh dua gempa susulan dengan magnitudo 3,5 dan 3,9 masing-masing pada pukul 05.30 dan 06.00 WIB.

Detail Gempa dan Lokasi

Menurut laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa pertama terletak sekitar 10 kilometer di darat dari Bukittinggi dengan kedalaman hanya 10 kilometer. Getaran gempa dirasakan cukup kuat di Bukittinggi dan sekitarnya, menyebabkan warga panik dan berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Baca Juga :
Coffee Morning Bareng Senator Emma Yohanna, Sabar AS Minta Peran DPD RI Dalam Akselerasi Pembangunan Pasaman

Dampak dan Tanggapan Warga

Meskipun tidak ada laporan mengenai kerusakan besar atau korban jiwa, getaran gempa menyebabkan kepanikan di kalangan warga. “Saya merasa rumah bergoyang kuat, langsung membawa anak-anak keluar rumah,” kata salah satu warga Bukittinggi.

Imbauan dari Pihak Berwenang

Pihak berwenang setempat telah mengimbau warga untuk tetap tenang namun waspada terhadap kemungkinan gempa susulan. Mereka juga memberikan panduan langkah-langkah keselamatan yang harus diikuti saat terjadi gempa, seperti mencari perlindungan di bawah meja yang kuat dan menghindari penggunaan lift.

Baca Juga :
Polda Sumbar Unkap Dua Kasus Cabul Anak Bawah Umur Hingga Korban Hamil dan Melahirkan

Kesiapsiagaan dan Edukasi Gempa

Menghadapi situasi ini, BMKG terus memantau aktivitas seismik di wilayah tersebut dan memberikan informasi terbaru melalui media sosial dan website resmi. Warga diimbau untuk selalu mengikuti informasi dari sumber yang terpercaya dan mempersiapkan diri dengan edukasi mengenai keselamatan gempa.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai gempa dan langkah-langkah keselamatan, kunjungi situs resmi BMKG dan portal berita lokal seperti Antara News Sumbar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *