Tanpa Kategori

Dekranasda Kab. Solok Ikuti Pameran Kerajinan Tangan Dalam Event Inacraft 2024

×

Dekranasda Kab. Solok Ikuti Pameran Kerajinan Tangan Dalam Event Inacraft 2024

Sebarkan artikel ini


SOLOK, JN–

Dekranasda Kabupaten Solok hadir dan ikut serta dalam Pameran Kerajinan Tangan dalam Event Inacraft 2024 dengan membawa produk-produk IKN unggulan Kabupaten Solok, kegiatan ini berlangsung di JCC Senayan, Rabu (28/02/2024).


Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft 2024) merupakan pameran kerajinan tangan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara. Pameran ini kembali digelar untuk ke-24 kalinya.


Inacraft 2024 diikuti oleh sekitar 1.500 usaha kecil menengah (UKM), yang bakal mengisi 1.066 stan. Pameran ini menempati seluruh hall JCC yang memiliki luas sekitar 20.231 meter persegi agar pameran dapat menampung seluruh kegiatan promosi dan acara pendukung lainnya.


Pameran Inacraft 2024 dibuka secara langsung oleh Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, dalam kesempatan itu Teten menyampaikan Indonesia memiliki pangsa Pasar sebesar 1,25% di bidang kerajinan di Dunia.
“Pangsa Pasar diproyeksikan akan terus meningkat karena kekayaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan keterampilan pengrajin dalam mengubah menjadi produk dekoratif dan kerjainan yang istimewa,” ujar Teten.
Sekretaris Dekranasda Kab. Solok Yenti Nova menyampaikan pada Pameran ini Dekranasda Kabupaten Solok membawa beragam Produk IKM (Industri, Kecil dan Menengah) dengan beraneka ragam yakni Tenun Talang Sarumpun dari Sungai Janiah, Banun Songket Sungai Lasi, Tenun Family dari Batu Banyak Lembang Jaya, Batik Berkah Umat Bukit Tandang, Salingka Tabek Koto Baru Kubung, Batik Minang Panyakalan, Sulaman dari Lona Collection Muaro Paneh, Eco Print dari Tigo Lurah Rangkiang Luluih, Anyaman Perdana Pandan dari Junjuang Siriah, Tas By Emiko Produk asli milik Ketua Dekranasda Kab. Solok  dan Jeliza Collection Mungkenah dari Sulit Air.
“Kami berharap melalui pameran ini Produk IKN Kabupaten Solok dapat tayang dan dikenal baik di Kabupaten, Provinsi maupun di tingkat Nasional dan kita menargetkan pada Pameran Inacraft 2024 ini mulai dari tanggal 28 sampai 3 Maret nanti penjualan produk IKN Kabupaten Solok dapat tembus hingga 50 juta rupiah” tutur Yenti.

Baca Juga :
Polres Solok menggelar RAT Koperasi Resor Solok Tahun 2021
Baca Juga :
Zul Elfian Bahas kerjasama Roadmap RIK Dengan Lembaga Administrasi Negara di Jakarta


Presiden Jokowi juga tampak hadir bersama Ibu Iriana dan berkunjung ke stan-stan yang ada di Pameran Inacraft 2024 ini, beliau rutin hadir dalam pameran Inacraft, termasuk pada Inacraft ke-22 pada Maret 2022 saat pandemi COVID-19, dan Inacraft ke-23 pada Oktober 2023.(wandy/resty)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.