Solok Raya

Pemkab Solok Gelar Rakor Koordinasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah

×

Pemkab Solok Gelar Rakor Koordinasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah

Sebarkan artikel ini


SOLOK, JN–
Bupati Solok diwakili oleh Staf Ahli bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Eva Nasri, SH, MM selaku Ketua Harian TPAKD Kab Solok memimpin Rapat Koordinasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kab. Solok bertempat di Sekretariat BAZNAS Kab. Solok Nagari Koto Baru Kec. Kubung, Selasa 21 Februari 2024.

Berdasarkan data Survey Nasional, Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022 oleh OJK bahwa Indek literasi adalah 49,68% sedangkan Indek Inklusi adalah 85,10%, ini masih rendah dibanding dengan kemampuan masyarakat dalam menggunakan atau memanfaatkan jasa keuangan, sehingga masyarakat sulit utk mengatur/mengelola keuangan dan mengakibatkan salah dalam mengambil keputusan.
 Sekaitan dengan hal diatas, Pemerintah Kabupaten Solok melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah ( TPAKD ) dalam rangka percepatan akses keuangan Daerah membuat Inovasi dan terobosan, berupa :
1. PANAKOK ( Percepatan Akses Keuangan Nagari Kabupaten Solok ), kegaitannya memberikan Edukasi kepada masyarakat terkait rencana keuangan, pengelolaan keuangan dan akses keuangan dengan menjangkau masyarakt melalui 3 sektor ( UMKM, Pertanian dan Pariwisata ). Kegitan ini diharapkan meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap akses keuangan untuk meningkatkan ekonominya. Pelaksaan kegiatan melibatkn OJK, Perbankan dan OPD terkait.

Baca Juga :
Plh Bupati Solok Ikuti Rakor Perencanaan Pembangunan Tahun 2021 Dengan Gubernur dan Wagub Sumbar


 2. BERAS SOLOK ( Berantas Rentenir di Kabupaten Solok ). Banyaknya masyarakat terjerat rentenir dan pinjaman online ilegal sehingga membuat usaha mereka tidak bangkit atau kondisi  ekonomi semakin terpuruk. Melalui edukasi dan inklusi kita berupaya memberikn Edukasi  kepada Pelaku2 usaha ( UMKM dan Pertanian ) tentang rencana keuangan, pengelolaan keuangan dan rencana usaha dan pengelolaan usaha. Pada kegiatan ini selalin bekerjasama dengan OJK, Perbankan dan OPD terkait, juga melibatkan BAZNAS. Baznas hadir bagi pelaku usaha miskin dan rentan miskin dengan memberikan Zakat dan OPD memberikan pendampingan untuk pengelollan usaha dengan harapan  ekonomi ybs bisa ditingkatkan.
Pada tahun 2024 ini ada tambahan penerima manfaat dari program TPAKD yakni para penyandang DISABILITAS yg ada di Kab. Solok dengan jumlah lebih kurang 2000 orang yang  nantinya akan dibantu oleh TPAKD memfasilitasinya sesuai dgn bidang usaha dan keahliannya masing-masing.
Pada Tahun 2023 yg lalu TPAKD Kab Solok mendapatkan penghargaan dari OJK RI sebagai TPAKD terbaik tingkat Prov. Sumbar. semoga dengan koordinasi dan kolaborasi yang baik antar lintas instasi terkait TPAKD Kab. Solok ke depannya dapat menjalankan perannya dalam rangka gerakan peningkatan ekonomi masyarakat yg lebih baik sesuai dgn visi dan misi Bupati Solok.

Baca Juga :
Gubernur Sumbar dan Bupati Solok Hadiri Pengukuhan Yayasan Waqaf Berkah Bersama di Padang Belimbing


Tampak hadir sebagai peserta Rakor diantaranya Kabag Perekonomian dan instansi terkait lainnya,  Ketua BAZNAS Kab Solok bpk. Edwar dan pengurus. Pada kegiatan Rakor kali ini sekaligus juga diserahkan bantuan kepada pelaku usaha dari penyandang DISABILITAS Kab. Solok, yang diserahkan langsung oleh Bpk Eva Nasri; SH, MM mewakili Bupati Solok (wandy/resty).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.