Solok Raya

BAZNAS Kab. Solok Gelar Rakor Dengan Pemda Kabupaten Solok

×

BAZNAS Kab. Solok Gelar Rakor Dengan Pemda Kabupaten Solok

Sebarkan artikel ini

SOLOK, JN—
Bertekad meningkatkan kesejahteraan umat melalui zakat, infak dan sedekah BaAZNAS Kabupaten Solok melakukan silaturahmi dan koordinasi dengan jajaran Pemkab Solok (Diskominfo).

Genap setahun pasca dilantik 23 Pebruari 2023 lalu oleh Bupati Solok Epyardi Asda MMar, Pengurus Badan Amil  Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Solok, melakukan rapat dalam rangka silaturahmi dan koordinasi dengan jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Solok yang pada kesempatan ini dihadiri Sekretaris Daerah Medison, Asisten Pemerintahan Drs Syahrial MM, Bagian Kesra, seluruh organisasi perangkat daerah dan Camat se-Kabupaten Solok di ruang rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Solok di Arosuka pada Rabu 28 Pebruari 2024.
Pengurus BAZNAS Kabupaten Solok dihadiri Ketua Drs Edwar MM bersama 4 orang wakil ketua yakni : Ependi Nur SH, Rita Sundari Ssos.i MM, H Elyunus SH SPn, Nazaruddin Sag, MPd.


Laporan Ketua Pengurus BAZNAZ Tahun 2023-2027 Drs Edwar MM :Pengurus BAZNAZ Kabupaten Solok Tahun 2023-2027 yakni Drs Edwar MM. menyampaikan kinerja BAZNAZ kabupaten Solok tahun 2023 dan pemaparan rencana Program Kerja Tahun 2024.Pada Tahun 2023 BAZNAZ berhasil menghimpun zakat, infak dan sedekah (ZIZ) dari para muzaky di kabupaten Solok sebesar Rp.11.823.340.718 (sebelas milyar delapan ratus dua puluh tiga juta tiga ratus empat puluh ribu tujuh ratus delapan belas rupiah dari targetnya Rp.11.600.000.000 (sebelas milyar enam ratus juta rupiah).

Baca Juga :
Pemkab Solok Tidak Melabrak Aturan Seperti Yang Disampaikan Syamsu Rahim

Dengan demikian capaian kinerja pengumpulan ZIS tersebut melebihi target atau 102.%.Dari dana yang terhimpun tersebut telah disalurkan kepada para mustahik atau orang yang berhak menerima zakat sebesar Rp.8.509.364.700  dalam berbagai bentuk program antara lain Program Ekonomi, Program Pendidikan, Program Kesehatan (biaya pengobatan), Program Kemanusiaan, serta penyaluran infak dan sedekah sebesar Rp. 2.084.714.000 (dua milyar delapan puluh empat juta tujuh ratus empat belas ribu rupiah)Untuk tahun 2024 Pengurus BAZNAS merencanakan pengumpulan ZIS yang meningkat dari tahun sebelumnya menjadi sebesar Rp. 12.500.000.000 (dua belas milyar lima ratus juta rupiah).


Sekda Medison dalam arahannya Mewakili Bupati Solok menyampaikan bahwa keberadaan BAZNAS yang terbentuk semenjak tahun 2016 di Kabupaten Solok sangat dirasakan telah ikut memberikan dampak sosial ekonomi bagi umat dan membantu masyarakat miskin di Kabupaten Solok yang membutuhkan. Program penyaluran tersebut dalam pengembangan ekonomi, bantuan pendidikan anak yang kurang mampu, bedah rumah dan sebagainya.  Diharapkan BAZNAS Kabupaten Solok kedepannya lebih dapat bersinergi menjalan program nya dengan program-program pemerintah Daerah misalnya rehab rumah bagi korban bencana alam dan bentuk program lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku . UPZ-UPZ diharapkan dapat efektif melakukan pengumpulan zakat masyarakat. Meskipun sebagian besar zakat yang terkumpul berasal dari ASN diharapkan kedepannya Pengurus BAZNAS kabupaten lebih kreatif mengumpulkan dan sumber-sumber lain msyarakat yang belum tersentuh melalui pemberdayaan UPZ-UPZ yang berada di seluruh nagari. Jika hal ini dapat tergarap dengan baik maka diperkirakan ZIS yang akan terhimpun akan sangat luarbiasa dan dapat lebih besar memberikan manfaat bagi para penerima zakat tersebut.
Dan selanjutnya zakat yang  terhimpun dapat disalurkan tepat sasaran kepada penerima yang memenuhi persyaratan syariat bagi penerimanya.

Baca Juga :
Memeriahkan Piala BSC:  Panitia Gelar Pertandingan Sepakbola Eksibisi Dengan Forkopimda

Sehingga nantinya bantuan zakat yang disalurkan tersebut akan bermanfaat bahkan lebih jauh diharapkan masyarakat Kabupaten Solok yang jika sebelumnya sebagai penerima zakat akan beralih menjadi pemberi zakat karena perrekonomiannya sudah makin membaik dengan bantuan program zakat tersebut (jn08/Marcos/resty)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *