Berita Ranah Minang Terkini
Indeks BeritaIndeks

Yayasan Pendidikan SDIT Qur’an Anzalat Sungai Nanam Gelar Qurban Perdana

SOLOK, JN- Kumandang suara takbir, tahmid,talbiyah. Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar wa liilahil hamd.Saat pemotongan hewan kurban perdana Yayasan Pendidikan SDIT Qur’an Anzalat, Aie Sanam, Nagari Sungai Nanam, Kec. Lembah Gumanti, Kab Solok.


Sekolah SDIT Anzalat yang baru tahun ke dua ini berdiri, telah memiliki izin operasional dari dinas Pendidikan Kabupaten Solok.

SDIT Anzalat untuk Tahun Pelajaran 2022/2023 telah memiliki siswa sebanyak 45 orang, yang terdiri dari kelas 1 dan 2 dengan tenaga pengajar sebanyak 6 orang.
Sekolah ini juga sudah siap untuk menerima peserta didik tambahan, Karena saat sekarang sedang dibangun ruang kelas tambahan dilantai dua.SDIT terletak di pinggir jalan utama Simpang Kulit manis Aie Sanam Taratak Pauh Sungai Nanam, atau dekat lokasi Embung Sungai Nanam.
Tokoh muda dan pendiri SDIT Qur’an Anzalat, Teguh Rahmat Ravenda yang saat sekarang sedang menempuh pendidikan di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir dan saat ini sedang liburan semester dikampuang halamannya.
Teguh Rahmat Ravenda ,disela sela suasana penyemblihan hewan kurban keluarga besar Yayasan Pendidikan SDIT Qur’an Anzalat menyampaikan bahwa Ibadah Qurban merupakan salah satu ibadah penting dalam ajaran Islam. Ibadah ini memiliki pondasi yang kuat dan memiliki akar sejarah panjang dalam tradisi rasul-rasul terdahulu.
 Ajaran Qurban dan prakteknya telah ditunjukkan secara sinergik oleh para nabi dan rasul hingga Nabi Muhammad SAW. Nabi Ibrahim AS. Dan dikenal sebagai peletak batu pertama ibadah ini. Peristiwa penyembelihan yang dilakukan Nabi Ibrahim AS. terhadap anaknya, Nabi Ismail AS merupakan dasar bagi adanya ibadah qurban,” terang Teguh Rahmat Ravenda.


Disebutkannya, bahwa Nabi Ibrahim AS dengan penuh iman dan keikhlasan untuk menyembelih anak kesayangannya, Ismail hanya semata-mata untuk memenuhi perintah Allah SWT. Peristiwa yang mengharukan ini, dilukiskan dengan indah oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an surah as-Shaffat ayat 102:
“Tatkala anak itu sampai umurnya dan sanggup berusaha bersama sama Ibrahim. Ibrahim berkata; Wahai anakku, sesungguhnya aku dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka akan mengetahui apa pendapatmu. la menjawab, wahai bapakku, mengerjakanlah apa yang diperintahkan oleh Allah melihat, insyaallah kamu akan melihatku. termasuk orang-orang yang sabar”.

Baca Juga :
Dekranasda Kota Sibolga Sumatera Utara Study Tiru ke Kabupaten Solok


“Ini adalah ketaatan terhadap Nabi Ibrahim kepada Allah. Di kemudian hari, pengorbanan ini menjadi anjuran bagi umat Islam untuk menyembelih hewan kurban, setiap tanggal 10 Dzulhijah dan pada hari tasyrik, yaitu 11, 12, dan 13 Dzulhijjah,” ujar ust Rahmat Teguh Ravenda, yang juga Hafiz 30 juz Al-Qur’an ini.
Sementara itu, Ketua yayasan Pendidikan SDIT Qur’an Anzalat Zulkani, SP juga menyampaikan ucapan Alhamdulillah, atas izin Allah keluarga besar Yayasan Pendidikan SDIT Qur’an Anzalat bisa melakukan penyembelihan hewan kurban perdana.Ini juga bersama wali murid.

Disaksikan oleh orang tua dan siswa/i, dibagikan kepada keluarga siswa -siswi SDIT Qur’an Anzalat,tenaga pengajar dan lingkungan sekitar sekolah.
Yayasan Pendidikan Anzalat juga memiliki Pondok Tahfiz Al-Qur’an Anzalat dan juga telah memiliki izin operasional dari Kantor Kementerian Agama kab Solok dengan jumlah santri saat ini 100 orang,Tahun 2021 telah dikunjungi oleh Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi Ansharullah,SP. sekaligus peresmian pemakaian gedung SDIT Qur’an Anzalat”.Ujar Zulkani 

Kepala SDIT Qur’an Anzalat,Ustad Yandra Susanto,S.Pd.I didampingi oleh kepala Pondok Tahfiz Al-Qur’an Anzalat Ustad Taufiq Hidayat,SE,dan Humas dan guru Olahraga serta  kepala Humas SDIT Qur’an Anzalat,ust Firmanto,SE mengatakan SDIT Qur’an Anzalat dan Pondok Tahfiz Al-Qur’an Anzalat center ini, terus berbenah, dengan terus berupaya memiliki gedung yang representatif, fasilitas pendukung lainnya,juga tenaga pengajar dan terus dibina dan dilatih untuk lebih profesional.

Baca Juga :
Wabup Solok H. Yulfadri Nurdin Menjadi Inspektur Upacara Penurunan Bendera HUT Kemerdekaan RI Tahun 2020

“Sekolah kita saat sekarang sedang berjuang membangun ruang kelas dilantai dua gedung SDIT Qur’an Anzalat,serta pembangunan mushalla.Walau dengan segala keterbatasan,” ujar Yandra Susanto.

Dewan Pembina SDIT Qur’an Anzalat, Masriwal, juga sangat bersyukur atas pelaksanaan kegiatan penyembelihan hewan kurban perdana ini, dan sangat berharap SDIT Qur’an Anzalat serta Pondok Tahfiz Al-Qur’an Anzalat terus berjuang untuk ikut memberikan yang terbaik buat bangsa, negara dan agama ini, dengan ikut berkontribusi terhadap generasi penerus masa depan.
“Memberikan pendidikan Al-Qur’an dan pendidikan agama Islam sejak dini, dengan baik.Sehingga kelak tumbuh menjadi generasi yang bertaqwa kepada Allah SWT”, Ujar Masriwal.

Penyembelihan hewan qurban dilakukan oleh salah seorang tokoh masyarakat  dibantu oleh guru-guru laki laki dan wali murid SDIT Qur’an Anzalat .

Setelah hewan qurban dikuliti, bagian daging yang sudah dipotong kemudian didistribusikan kepada lingkungan sekitar Talago Jorong Aie Sanam Nagari Sungai Nanam (masriwal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.