Pendidikan

OSIS SMP SMPN Negeri 3 Gunung Talang Gelar Kegiatan LDKS Kepemimpinan Tahun 2024

×

OSIS SMP SMPN Negeri 3 Gunung Talang Gelar Kegiatan LDKS Kepemimpinan Tahun 2024

Sebarkan artikel ini

SOLOK, JN–
Pengurus OSIS SMP baru SMPN Negeri 3 Gunung Talang, Kabupaten Solok, hari Senin (12/2/24),  melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), tahun pelajaran 2024.


Latihan Dasar Kepemimpinan atau sering disingkat dengan LDK, diilaksanakan selama 5 hari dan dimulai pukul 12 hingga pukul 13.00 WIb, serta akan berakhir Sabtu (17/2), bertempat di ruang Pertemuan OSIS SMPN 3 Gunung Talang. Kemudian pada hari Sabtu besok akan menginap Satu malam di kawasan Bukittinggi.
Adapun narasumber atau pematerinya adalah Bapak Ibu Guru Pembina OSIS SMP Negeri 3 Gunung Talang, seperti Arhaya Umil Fkri, Mutia Eva, Warneri, Yenni, S. Pd, Ivana Cesilia dan lainnya.
Acara LDK OSIS SMPN 3 Gunung Talang, dibuka oleh Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahrahraga Kabupaten Solok, yang diwakili oleh pengawas sekolah, H. Waitlem, S.pd.
Selain itu juga hadir Kepsek SMPN 3 Gunung Talang, Rossydiana, S.Pd, Ketua Komite Sekolah, Sofriwandy NR, Pembina OSIS, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, dan sebanyak 31 orang pengurus OSIS baru. Tema yang diangkat yakni “Membangun Kepemimpinan Yang Cerdas dan Berkarakter“.
Menurut Waitlem, LDK ini merupakan sebuah bentuk kegiatan peningkatan sumber daya siswa untuk mendapatkan pengetahuan dan memahami tentang konsep-konsep atau dasar-dasar sebuah organisasi dalam hal ini adalah OSIS serta melatih kedisiplinan dan kolaborasi/kerjasama.
“Kita harapkan para peserta bisa memahami latihan dasar kepemimpinan, sebelum mereka terjun ke tengah-tengah masyarakat dan sebelum menjadi pemimpin yang sebenarnya,” papar Waithlem.

Baca Juga :
Yayasan Rahmatul Aisy Arosuka Tetap Membandel Gelar Belajar Tatap Muka


Pihaknya mengajak siswa, untuk bangga dengan sekolahnya pada saat ini dan setelah tamat nanti juga berpesan kepada siswa pengurus OSIS baru agar menjadi contoh bagi yang lain dan juga menggambarkan bahwa banyak pemimpin lahir berawal dari mereka ikut pengurus OSIS di sekolah mereka.
“Dan tidak semua sekolah atau pengurus OSIS di Kabupaten Solok yang mengikuti LDKS ini,” paparnya.


Di hari pertama kegiatan ini dimulai dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Kepsek SMPN 3 Guntal, Rosi, S.Pd, sekaligus penanggung jawab kegiatan.
Menurut Rossydiana, S. Pd, materi yang diberikan pada hari pertama adalah keorganisasian OSIS dan MPK, keagamaan, surat menyurat, wawasan kebangsaan NKRI, bahaya narkoba, PBB, kepemimpinan dan lainnya. Sementara biaya yang ditimbulkan berasal dari dana OSIS dan dana BOS.
Sementara Ketua Komite SMPN 3 Gunung Talang, Sofriwandy NR, berharap agar disaat memberi materi dan di sela-sela pemaparan materi,  siswa selalu diberikan waktu untuk ice breaking agar peserta tidak merasa jenuh mengikuti kegiatan.
“Kepada pengurus OSIS baru yang mengikuti LDK ini, untuk dapat menjadi teladan kepada siswa lain, menunjukkan pribadi yang cerdas dan berkarakter serta dapat mempraktikkan ilmu yang diperoleh di lingkungan masyarakat sekitarnya,” harap Sofriwandy.
Selain itu pihaknya meminta agar calon pemimpin muda itu rajin membaca dan mengikuti materi dengan baik yang disampaikan oleh narasumber.
Adapun susunan pengurus Osis inti baru priode 2024 diantaranya yakniKetua,  M. Erick PratamaWakil ketua, Nayla Sri MattaSekretaris, Rayes AldianoBendahara Chaya bilbila Nurradyid dan beberapa seksi.

Baca Juga :
Ikut Mensukseskan Visi Bupati Solok Mambangkik Batang Tarandam,  Dinas Perpustakaan Gelar Pemilihan Lomba Baca

Sebelumnya pihak sekolah sudah melantik pengurus OSIS baru dan sudah melakukan serahterima jabatan dengan pengurus OSIS yang lama (wandy/intan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.