PendidikanTanpa Kategori

Yayasan Pendidikan Sarbainah TK dan SD Islam Sukarami Gelar Berbagai Kegiatan

×

Yayasan Pendidikan Sarbainah TK dan SD Islam Sukarami Gelar Berbagai Kegiatan

Sebarkan artikel ini


AROSUKA, JN-
Yayasan Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar  Sarbainah Islam Sukarami, menggelar berbagai kegiatan dalam rangka penutupan PBM Tahun 2021-2022, semester ganjil.

Yayasan Pendidikan Islam ini berdiri sejak tahun 2010, TK Islam Sarbainah telah menamatkan study dan saat ini alumninya sudah masuk ke tingkat SMP Sederajat.
Setiap tahun, Puluhan putra/i masyarakat Gunung Talang berbondong bondong memasukkan putra/I mereka ke TK Islam Sarbainah.Yang berada ditempat yang cukup nyaman dan tidak bising,namun dekat dengan pusat perkantoran Bupati Solok.Tepatnya dikompleks Perumnas Nuansa Griya Arosuka Tahap 2 Blok H2 No 12 Koto Gaek Guguak, Kec. Gunung Talang, Kabupaten Solok atau persisinya di seberang RSUD Arosuka.


Saat untuk TK Islam peserta didiknya ada sebanyak 47 orang siswa dengan tenaga pendidik yang berpengalaman.

Pada tahun 2017, Yayasan Pendidikan Sarbainah ini juga telah mendirikan SD Islam Sarbainah, Yang bertempat di dusun Melati, Jorong Sukarami Nagari Koto Gaek Guguak kecamatan Gunung Talang Kab Solok Sumatera Barat.Saat sekarang sudah kelas empat.dengan jumlah siswa/peserta didik 65 orang.Dan telah memiliki gedung permanen milik sendiri.
Menurut salah seorang pendiri, Masriwal,M.BG,S.A.P (Pak Malin Bagindo), Didampingi oleh pendiri lainnya, Mayunir,S.Ag,S IQ,Andri Novico,S.Pd.I,Dewan Pembina H.Khairul Adam,Ibuk Darianis( Mereka pensiun dan mantan kepala SD).
Untuk pimpinanTK Islam Sarbainah Kepsek Nelyza izati S.T,S.Pd sementara untuk pembagian kelompok belajarKelas Abu bakar :Ibuk, yang dipanggil (Ummah/Ibu) Merisa Putri Purnama Sari S.Pd bersama Ummah Gusnela Aisyah S.H Sedangkan kelas Umar Bin Khatab Ummah Popi Gusniati S.Pdi dan Ummah Rita Sofia Yeni.
Pengurus yayasan Pendidikan Sarbainah dalam diskusi bersama pengurus yayasan lainya, Ummah Reny Rianti,SP, Bendahara Ummi Laila Fitrianita,S.Pd.
Mereka sangat mensupport kegiatan ini, Dalam rangka penutupan  kegiatan PBM semester ganjil TP 2021/2022  tersebut pengurus yayasan Pendidikan Sarbainah yang dipimpin oleh Neliza Izzati,ST,S.Pd.AUD, Bersama Wakil kepala TK Islam Sarbainah.
Nelly Izzati juga menyampaikan program-program untuk memberikan edukasi pendidikan baik dalam ruangan maupun diluar ruangan,Agar anak-anak didik bisa berinteraksi dengan dunia dan alam sekitar.
Sementara itu kepala SD Islam Sarbainah, Ummah Nike Purnama Sari,S.Pd.I didampingi oleh walas kelas 1, Zirmi Sisri, S.Pd.Walas 2 Ummah Narmida Yanti,Walas 3,ummah  Sri  Wahyu ,S.Pd ummah Sisi Gusti Putri, S.Si, Walas  4 Syahri Alfitrah, S.Pd Mereka sangat bersemangat dalam memberikan bimbingan kepada para siswa/i mereka dengan penuh senyum dan tawa dan canda penuh kekeluargaan dan kasih sayang.

Baca Juga :
Coffee Morning Bareng Senator Emma Yohanna, Sabar AS Minta Peran DPD RI Dalam Akselerasi Pembangunan Pasaman


Sementara itu, Ketua dan pengurus Komite SD Islam Sarbainah yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan ucapan Alhamdulilah kita sebagai orang tua sangat merasakan dampak positif bagi perkembangan anak didik kita, Mereka telah mulai dilatih dengan baca Al-Qur’an Hafalan ayat dan Hadits, Shalat, shalat sunah, Shaum atau puasa,Bela diri, Olahraga, keterampilan, bercocok tanam,serta pengetahuan dasar lainnya, Sehingga kita sebagai orang tua tidak perlu memarahi anak, cukup diingatkan,maka sang anak akan melakukan kegiatan yang positif, dengan apa yang telah diajarkan oleh guru-guru diTK Islam Sarbainah dan SD Islam Sarbainah.
Kegiatan yang sudah  dilakukan, diantaranya Study pembelajaran ke Istana Pagaruyung beberapa bulan lalu, Lomba kreasi anak ditaman tugu ayam Arosuka,Lomba baca ayat pendek, Lomba Azan,Lomba lagu anak Islami serta berbagai macam kegiatan yang bersifat mendidik.


“Semua kegiatan tersebut tidak terlepas dari  peran dan dukungan orang tua, pemerintah jorong, nagari,dinas pendidikan Kecamatan Gunung Talang dan Dinas Pendidikan Kabupaten Solok serta masyarakat,baik dirantau maupun dikampuang halaman”.Ujar Masriwal, mewakili para pendiri,pembina yayasan.
Sementara itu,Wali nagari Koto Gaek Guguak, Mardi Hendersondalam tinjauan dan kunjungan sekaligus bersilaturahmi dengan pengurus Yayasan , majelis guru TK Islam Sarbainah dan SD Islam Sarbainah mengatakan, bahwa pihaknya  sangat bersyukur dengan adanya lembaga Yayasan Pendidikan Sarbainah ini, Yang ikut dan terus berkontribusi terhadap pendidikan bagi anak-anak kita..
Mardi Henderson, Yang juga mantan wartawan di Kabupaten Solok dalam kunjungan tersebut didampingi oleh ketua BPN Koto Gaek Guguak, Alnajmi M.Gaffar beserta Anggota BPN Drs.H.Kasril MM, Yang juga Dewan Pengarah Yayasan Pendidikan TK Islam dan SD Islam Sarbainah.
Sementara itu, Masriwal mewakili segenap dewan Pendiri dan Pembina juga menyampaikan”Yayasan Pendidikan TK Islam Sarbainah dan SD Islam Sarbainah akan terus berkontribusi terhadap dunia pendidikan,dan saat sekarang sudah menambah pembelian tanah untuk tambahan pembangunan gedung SD Islam dan Mushalla,Yang diperkirakan membutuhkan biaya, sekitar 1 Milyar rupiah,kata Masriwal,yang di jawab bersamaan dengan dewan Pembina Khairul Adam dan ibuk Darianis.

Baca Juga :
Satlantas Polres Solok Lantik Polisi Keselamatan Sekolah di SMAN 1 Gunung Talang


Tahun 2019 ketua DPRD kab Solok,DR H.Hardinalis Kobal,SE.MM.(Saat sekarang Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat).Juga telah memberikan alokasi Pokir DPRD guna pembangunan arena bermain anak TK Islam Sarbainah.Juga sekaligus mempercayakan putri beliau untuk di didik di TK Islam Sarbainah.Yang saat sekarang sudah berada di SD.
Dalam rangkaian kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut,Rabu dan Kamis,8-9 Desember 2021.Beragam kegiatan kreatif anak ini, untuk menambah semangat dan wawasan peserta didik.Sehari sebelumnya, Salah seorang dermawan pun telah memberikan Infak berupa wakaf 100 mushaf Al-Qur’an edisi cetak Lux, senilai Rp 15.000.000,-( Lima belas juta rupiah), Yang mana wakaf mushaf Al-Qur’an itu akan diberikan kepada semua peserta didik baik di TK Islam Sarbainah maupun di SD Islam Sarbainah.Ujar ummah Nelly Izzati ST,S.Pd.didampingi ummah Nike dan segenap majelis guru TK dan SD Islam Sarbainah.


Dalam kesempatan itu, Salah seorang wali murid yang juga dokter di RSUD Arosuka mengatakan “Berharap agar TK dan SD Islam Sarbainah ini bisa terus berkembang menjadi penerang dan memberikan kontribusi pendidikan yang baik bagi generasi penerus.Ujar buk dokter
Keberadaan TK dan SD Islam Sarbainah di Nagari Koto Gaek Guguak kecamatan Gunung Talang Kab Solok Sumatera Barat, Yang berada dekat dengan pusat Perkantoran Pemerintahan Kab Solok. berharap bisa memberikan warna baru bagi pendidikan Islam yang akan melahirkan generasi Qur’ani yang berakhul Karimah”.Ujar Andri Novico
Sebelum mengakhiri perbincangan dengan media ini, Masriwal mengatakan,”atas nama seluruh keluarga besar Yayasan Pendidikan Sarbainah mengatakan, kami atas nama keluarga besar Yayasan Pendidikan Sarbainah mengucapkan  terima kasih kepada Pemerintah daerah, Bupati dan wakil Bupati Solok, Anggota DPRD dan Dinas Pendidikan Kabupaten maupun UPTD Pendidikan seluruh lapisan masyarakat yang selalu memberikan support bagi kemajuan lembaga pendidikan ini,Ujar Masriwal.serta berharap untuk dapat bantuan gedung, bantuan peralatan dll.termasuk dari para dermawan donatur hamba,para perantau ,Semoga TK dan SD Islam Sarbainah akan mampu melahirkan generasi yang Islami,” ujar Masriwal (mw/jn25)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *