Salingka NagariTanpa Kategori

Kisah Taman Bunga Jack Flowers di Padang Belimbing Yang Pernah Juara Nasional dan Kini Terabaikan

×

Kisah Taman Bunga Jack Flowers di Padang Belimbing Yang Pernah Juara Nasional dan Kini Terabaikan

Sebarkan artikel ini


SOLOK, JN– Mungkin banyak yang sudah melupakan Taman Bunga “Jack Flowers” yang ada di Padang Belimbing, Nagari Koto Sani, Kecamaran X Koto Singkarak, Kabupaten Solok.


Taman ini mirip dengan miniatur Gardens by the Bay di Negara Singapura.
Di era tahun 2000 an, taman bunga ini ramai dikunjungi pembeli. Bahkan Jack Flowers pernah meraih juara 1 tingkat Sumbar dan juara 3 Nasional tahun 2005.
Taman Bunga Jack Flowers didirikan sekitar tahun 1999 oleh Bapak Fauzi Salmi dan isteri.
Bermula hanya dengan sebuah hobi dan kesenangan terhadap bunga, keluarga ini menata taman di sekitar rumah dan menanam aneka macam bunga.


“Makin lama jenis bunga yang kami tanam semakin banyak dan lama-lama ada yang membeli. Mulanya hanya saya kasih saja, namun atas saran seorang teman kenapa hal ini tidak dijadikan lahan bisnis saja dan bunga-bunganya kan bisa dijual,” terang Fauzi Salmi atau yang akrab dipanggil Pak Jack oleh warga sekitar, menirukan ucapan temannya.

Baca Juga :
Pemkab Solok Bersama TNI dan Polri Gelar Vaksinasi Massal Bertempat di Halaman Kampus UMMY Koto Baru Solok

Karena taman bunganya tertata rapi, maka disaat ada lomba nagari rancak tingkat Kabupaten Solok tahun 2005, waktu itu Nagari Koto Sani ikut dan pemerintah nagari menggunakan taman bunga Jack Flowers untuk dilombakan.


“Alhamdulillah Nagari Koto Sani waktu itu meraih juara pertama tingkat Kabupaten hingga tingkat Provinsi,” terang Fauzi Salmi.
Bahkan untuk tingkat nasional berhasil meraih juara 3. Dengan hasil tersebut, maka Walinagari Koto Sani waktu itu, Ardinal Mukhtar diundang ke Istana Negara di Jakarta oleh Presiden SBY untuk menerima penghargaan sebagai desa atau nagari rancak 3 nasional.

Baca Juga :
Tim LPPM UNAND Latih Sanggar Rangkiang Nagari Salayo Solok
Jack Flowers yang ada di Padang Belimbing, Nagari Koto Sani, Kecamaran X Koto Singkarak, Kabupaten Solok.

Meski saat ini masih banyak juga para pembeli yang datang dari semua kalangan dan dari berbagai daerah, termasuk juga para pedangang bunga yang ada di Kabupaten Solok dan berapa daerah di Sumbar.Namun sangat disayangkan, taman ini sekarang kurang mendapat perhatian dari Pemerintah Nagari dan Kabupaten Solok, meski taman ini pernah mengharumkan nama Kabupaten Solok dan Sumbar di tingkat nasional.

“Karena ini ada sejarahnya, maka kami sekeluarga tetap mempertahankan taman ini untuk usaha rumahan dan kami juga tetap melayani konsumen yang berminat untuk membeli, bunga kami” tutur Fauzi Salmi (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.