Salingka NagariSolok RayaTanpa Kategori

Warga Ujuang Ladang Sewa Alat Berat dan Berswadaya Membangun Jalan ke Kampung Mereka

×

Warga Ujuang Ladang Sewa Alat Berat dan Berswadaya Membangun Jalan ke Kampung Mereka

Sebarkan artikel ini


SOLOK,  JN– Warga Ujuang Ladang Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok,  bergoro dan berswadaya memperbaiki jalan yang rusak menuju jorong mereka, sejak Minggu (4/7).


Jorong Ujuang Ladang Nagari Koto Sani, memang berlokasi di kawasan perbukitan dan berjarak sekitar 8 KM dari pusat pemerintahan Nagari dan memiliki wisata Danau Tuo yang berlatar pemandangan yang indah. 
 Menurut tokoh masyarakat Ujuang Ladang,  Trio Karno Vivo,  kegiatan goro memperbaiki jalan yang berlobang dan saluran kali, adalah hasil swadaya masyarakat Ujuang Ladang. Bahkan mereka menyewa alat berat untuk memperbaiki badan jalan dan tebing yang sering longsor. 
“Kalau menunggu diperbaiki penerintah entah kapan akan terlaksana. Sementara setiap musim hujan jalan sering longsor menimbun badan jalan karena menuju kawasan kami memang berada di dataran tinggi dan rentan longsor, ” terang Trio Karno Vivo. 

Baca Juga :
Terapkan Sistem Aquaponik, Pabrik AQUA Solok Mengembangkan Kelompok Binaannya Mendapatkan Hasil Panen Lebih

 Dijelaskannya,  kegiatan tersebut merupakan program swadaya masyarakat Ujung Ladang sekaligus upaya membangkitkan gotong-royong masyarakat.

Tokoh muda Ujung Ladang Trio Karno Vivo

“Sumber dana diperoleh secara swadaya dari masyarakat berupa iyuran dan bantuan perantau, ” cetus Trio Karno Vivo. 

Baca Juga :
Drs. Syahrial Dilantik Sebagai Askor Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Solok

Pihaknya berharap agar kegiatan tersebut menggugah semangat gotong-royong masyarakat sekaligus menarik perhatian Pemerintah agar dapat turut membangun akses jalan di wilayah Ujuang Ladang agar lebih baik.
Menurut tokoh masyarakat Koto Sani,  Ay Mangguluang Alam,  ide memperbaiki jalan datang dari tokoh muda asal Ujuang Ladang yakni Trio Karno Vivo,  perlu dicontoh oleh warga lain. “Saya lihat senangat anak muda itu sangat baik,  bahkan sering membantu warga kurang mampu, ” cetus Ay Mangguluang Alam (wandy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.