KisahSolok Raya

Tangis Bahagia Buk Titin Sumarni Warga Gauang Pecah Dihadapan Wagub Sumbar

×

Tangis Bahagia Buk Titin Sumarni Warga Gauang Pecah Dihadapan Wagub Sumbar

Sebarkan artikel ini


SOLOK, JN– Seorang ibu Rumah Tangga Warga Nagari Gauang,  Kabupaten Solok, Titin Sumarni (37),  tampak terkejut menyambut kunjungan mendadak Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, pada Senin sore (4/4).


 Di halaman rumah sederhana yang terbuat dari kayu miliknya Tutin yang tak layak huni,  mata Titin tampak berkaca-kaca setelah mendengar kehadiran Wagub untuk membawa bantuan bedah rumah miliknya.
Kedatangan Wagub ini masih dalam rangkaian Safari Ramadan Pemprov Sumbar, menjemput aspirasi masyarakat, sekaligus menyerahkan bantuan bedah rumah bagi hunian warga yang tak layak huni. Salah satunya diserahkan pada Titin Sumarni senilai Rp25 juta.
“Bantuan ini bukan dari saya ya Bu, ini dari pemerintah dan warga Sumatera Barat melalui Baznaz Sumbar,” ujar Audy  menyerahkan bantuan secara simbolis.
Titin Ibu enam anak itu tampak terharu. Tangannya gemetar menerima bantuan tersebut. “Terimakasih banyak, Pak,” katanya tak kuasa menahan tangis.


Pada kesempatan itu, Wagub juga menanyakan kondisi pendidikan bagi keenam putra-putri Titin yang ternyata telah putus sekolah. Anak tertuanya kini bekerja sebagai buruh kasar, membantu sang ayah.
“Anak yang paling besar sekarang bertukang ikut ayahnya, sekolah hanya sampai kelas empat SD. Yang paling kecil baru usia lima tahun Pak,” ujar Titin.
Mendengar pernyataan Titin, Wagub memberikan arahan pada Kepala Dinas Sosial Sumbar, Arry Yuswandi agar menyalurkan bantuan pendidikan bagi anak-anak Titin.

Arry pun segera menyatakan kesediaan Dinsos dengan memberikan syarat khusus.
“Kita akan berikan bantuan supaya Anak-anak ibu kembali ke sekolah. Tapi ada syaratnya, kalau sudah diberi bantuan, nanti harus sekolah sampai selesai, tidak boleh berhenti di tengah jalan,” tutur Arry disambut anggukan dari Titin diikuti putra-putrinya.
Selepasnya menyerahkan bantuan bedah rumah dan bingkisan, Wagub Audy Joinaldy, didampingi Wakil Bupati Solok, Jon Firman Pandu, beserta rombongan Kepala OPD dan unsur Forkompimda lainnya, berbuka puasa dan shalat tarawih bersama warga di Sungai Jambua, IX Koto Sungai Lasi, Kab. Solok.

Baca Juga :
Dalius dan Joharizon Dilantik Menjadi Pj. Walinagari Batu Bajanjang dan Simanau Tigo Lurah

Wagub Manfaatkan Momen Tarawih Dorong Partisipasi Aktif Masyarakat Bangun Nagari

Usai berbuka puasa dan shalat tarawih, Wagub bersama warga setempat memberikan sambutan di Masjid Al Makmur, Jorong Guguak Manyambah, Nagari Sungai Jambua, Kec. IX Koto Sungailasi, Kab. Solok.
Pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy ajak masyarakat setempat berpartisipasi aktif membangkitkan potensi nagari.

Sebelumnya Wali Nagari Sungai Jambua, Marlius dihadapan Wagub Sumbar memaparkan potensi nagari yang dipimpinnya itu dalam kesempatan ramah tamah warga setempat dengan Wakil Gubernur.
Menurut Walinagari, bahwa Sungai Jambua, adalah nagari pertanian, dan pengrajin tenun, di bidang pariwisata juga kita sudah membentuk Pokdarwis untuk mendorong pertumbuhan wisata. Oleh karena itu kami sangat berharap perhatian dari Pemerintah Provinsi dalam merintis upaya ini.


Menanggapi itu, Wakil Gubernur memberikan apresiasi atas tindakan proaktif warga dan wali nagari yang sudah membentuk kelompok-kelompok usaha, baik di bidang pertanian maupun pariwisata. Wagub mengatakan potensi pertanian dan pariwisata masyarakat juga dapat dipadukan untuk menghidupkan Desa Wisata Agro di Sungai Jambua.
“Saya yakin Solok juga punya potensi yang besar, kita bisa arahkan bantuan sesuai potensi lokal dan kelompok-kelompok usaha yang ada disini. Terutama di sektor pertanian, peternakan, kehutanan dan pariwisata,” kata Wagub.
Ia menjelaskan model-model bantuan yang dapat diberikan, mulai dari ternak, pembibitan, hingga budidaya berbagai komoditi peternakan dan pertanian. Selain itu kehadiran Wagub juga sekaligus menyerahkan bantuan uang senilai 50 juta rupiah dan 100 helai sarung untuk Masjid Al Makmur.
“Mudah-mudahan bantuan ini dapat bermanfaat bagi pembangunan masjid, juga berbagai aktivitas dan kegiatan yang rutin diselenggarakan pengurus dan juga warga,” ucap Audy.
Sementara itu, mendampingi Wakil Gubernur, Wakil Bupati Solok, Jon Firman Pandu  berterimakasih atas kedatangan dan bantuan yang diserahkan Wagub. Tak lupa ia menyampaikan salam hormat dan hangat dari Bupati Solok, Epiyardi Asda yang berhalangan hadir pada Wakil Gubernur beserta rombongan Safari Ramadan dan juga masyarakat Sungai Jambua.

Baca Juga :
Wandy Wartawan Koran Padang Juara Lomba Menembak Antar Wartawan Yang Digelar Polres Solok

“Pemerintah Daerah selalu berusaha memberikan yang terbaik dalam situasi apapun. Meski saat ini situasi cukup berat, tapi mudah-mudahan tidak mengurangi niat dan ibadah kita di bulan Ramadan yang suci ini,” Kata Wakil Bupati itu.
Selain bantuan dari Pemprov Sumbar yang diserahkan Wakil Gubernur, Masjid Al Makmur Jorong Guguak Manyambah juga memperoleh bantuan lainnya dari Kemenkumham Kanwil Sumbar.
Menerima berbagai bantuan, Ketua Pengurus Masjid, Syaiful Anwar menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya pada pemerintah.

“Sungguh kami disini rindu dan berharap dikunjungi Tim Safari Ramadan. Alhamdulillah terobati dengan telah hadirnya Wakil Gubernur dan rombongan di Rumah Allah di Nagari kami, mudah-mudahan dapat menjadi ladang pahala dan juga berkah bagi kita semua,” papar Syaiful (wandy/humas sumbar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.