Kadis Kesehatan Kabupaten Solok Dinyatakan Positif Covid-19

0
960

SOLOK, JN– Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok, dr. Maryeti Marwazi, M. Mars, dinyatakan positif Covid-19.


Pernyataan itu dibenarkan Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Solok, Syofiar  ‘Ade’ Syam, di ruang kerjanya, Kamis (5/11).
“Benar buk Kadis Kesehatan juga dinyatakan positif Covid-19 dan saat ini dirawat di Rumah Sakit Unand Padang,” sebut Syofiar Syam.

Pihaknya menyebutkan yang bersangkutan diduga kontak erat dengan pasien  komfirmasi, meki sebelumnya suami Kadis ini juga dinyatakan positif covid-19, namun setelah dilakukan tes Swab terhadap buk Kadis, yang bersangkutan dinyatakan negatif.
Selain Kadis Kesehatan, satu orang mahasiswi asal  Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang juga positif Covid -19 yang diduga kontak erat dengan pasien comfirmasi.
“Dengan bertambahnya kasus positif Covid-19, maka hingga hari ini jumlah pasien positif di Kabupaten Solok berjumlah 298 orang,” terang Syofiar Syam.
Pihaknya  juga menjelaskan bahwa dengan terkaparnya Kadis Kesehatan, maka hingga hari Kamis ini jumlah pasien positif kasus untuk Kabupaten Solok berjumlah sebanyak 298 orang.

Jumlah pasien yang sembuh dari Corona Virus Disaese (COVID-19) juga bertambah empat orang hingga saat ini total pasien sembuh menjadi 196 orang untuk Kabupaten Solok.

“Pasien dinyatakan sembuh COVID-19 setelah dua kali melakukan tes usap dengan hasil negatif,” terangJuru Bicara Coid-19 Kabupaten Solok, Syofiar  ‘Ade’ Syam di Solok. Menurutnya, berdasarkan informasi Dinas Kesehatan Kabupaten Solok, hari ini ada penambahan pasien sembuh dari Covid-19 sebanyak empat orang.

“Keempat pasien yang dinyatakan sembuh tersebut yakni dua orang dari Kecamatan Gunung Talang yang bekerja sebagai THL di RSUD Arosuka, satu orang dari Kecamatan X Koto Singkarak, dan satu orang lainnya dari Kecamatan Kubung,” sebut Syofiar Syam.

Dijelaskannya, dari keempat pasien yang telah sembuh tersebut dua orang sempat dirawat di RSUD Arosuka dan dua orang lainnya dikarantina mandiri.
Selain pasien  yang sebuh, saat ini juga terdapat penambahan satu kasus baru positif Covid-19 yakni seorang perempuan (57) yang berasal dari Nagari Koto Gadang Guguak, Kecamatan Gunung Talang.
Saat ini yang bersangkutan tengah dirawat di RSUD Arosuka, karena mengalami kasus suspek yang memiliki gejala demam, menceret, dan badan lemas.

Total warga Kabupaten Solok terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 298 orang terdiri atas  80 orang menjalani karantina mandiri, 12 orang dirawat di rumah sakit, tujuh orang meninggal dunia, dan 19 orang dinyatakan sembuh.
Selain itu, total pemeriksaan spesimen yang sudah dilakukan sampai saat ini sebanyak 4.809 orang dan sebanyak 1.684 berasal dari kegiatan tes massal di Kabupaten Solok.

“Kita mengimbau masyarakat Kabupaten Solok agar mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yaitu tetap memakai masker saat berinteraksi di luar rumah, mencuci tangan, menjaga jarak, dan tetap menjaga imunitas tubuh,” terang Syofiar Syam.


Disebutkabnya, dengan membolehkan beraktifitas bukan berarti wabah telah berakhir, untuk itu mari kita lakukan protokol COVID-19 dalam melaksanakan kegiatan dan aktivitas sehari-hari (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here