Solok Raya

Sepuluh Tahun Produksi, Aqua Solok Terus Hasilkan AMDK dan Terus Melestarikan Lingkungan

×

Sepuluh Tahun Produksi, Aqua Solok Terus Hasilkan AMDK dan Terus Melestarikan Lingkungan

Sebarkan artikel ini

SOLOK, JN- Sepuluh Tahun Produksi, yakni sejak Juni 2013, Pabrik AQUA Solok Terus Menghasilkan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) berkualitas tinggi sambil terus melestarikan Lingkungan

Hal itu disampaikan pihak management Aqua Solok dan perwakilan Kantor pusat, saat menggelar jumpa pers dengan awak media, di sebuah cafe ternama di Kota Solok, Selasa malam (11/4).

Tampak hadir pada jumpa pers tersebut bersama puluhan awak media yakni Michael Limena, Corporate Communication Pusat, Senior Eksternal Relations Danone-AQUA Wilayah Sumatera Wirnos, Pimpinan PT. Tirta Investama Pabrik Solok (TIV Solok ) Pabrik Solok, Endro Wibowo,  Kepala CSR PT. Tirta Investama, Jon Betric, Humas PT Tirta Investama Pabrik Solok atau Stakeholder Relation PT.TIV Solok Azra`i, K dan Hengky.

Menurut Pimpinan PT. Tirta Investama Pabrik Solok (TIV Solok ) Pabrik Solok, Endro Wibowo,  Pabrik AQUA Solok telah menjalankan kegiatan operasional sejak 2013 di Jorong Kayu Aro, Nagari Batang Barus, Kabupaten Solok dan selama satu dekade terus menghasilkan air minum dalam kemasan berkualitas tinggi guna memenuhi kebutuhan hidrasi sehat konsumen di Sumatera Barat dan sekitarnya. 
“Produk AQUA hasil Pabrik AQUA Solok adalah produk air minum dalam kemasan yang sehat dan berkualitas. Kualitas AQUA itu dimulai dari pemilihan sumber air terbaik yang terletak di kaki Gunung Talang yang tak jauh dari Pabrik AQUA Solok. Untuk mendapatkan sumber air yang sesuai dengan kriteria Danone-AQUA tidaklah mudah. Danone-AQUA melakukan penelitian yang terintegrasi oleh tim ahli yang bekerja minimal satu tahun, untuk mempelajari karakteristik sumber air baik dari sisi geologi, hidrologi, hidrogeologi, hidrogeokimia dan mikrobiobiologi, serta analisa keseimbangan neraca air untuk menjamin produksi dan kelestarian lingkungan yang berkelanjutan,” ungkap Kepala Pabrik AQUA Solok Endro Wibowo. 

Baca Juga :
Wakapolres Solok dan Kapolsek Kubung Disertijabkan

Endro menambahkan, bahwa Air yang dimanfaatkan AQUA berasal dari lapisan tanah dalam yang terlindungi lapisan kedap (confined aquifer) sehingga tidak berhubungan dengan air permukaan yang biasanya digunakan masyarakat untuk irigasi atau untuk pemenuhan kebutuhan seharihari, seperti mandi, mencuci, dan sebagainya. Dalam perjalanannya air dari tanah dalam itu mengalir melewati berbagai batuan yang memperkaya air tersebut dengan mineral-mineral alami. Itu sebabnya AQUA selalu mengandung mineral seimbang yang dibutuhkan tubuh manusia.

“Hingga saat ini Pabrik AQUA Solok telah melakukan penanaman sebanyak 31.664 pohon, pembuatan 711 unit biopori, pembuatan 78 sumur resapan, dan berbagai kegiatan konservasi lainnya guna memastikan peresepan air Kembali ke dalam tanah, menjaga ketersediaan air, dan sekaligus melestarika lingkungan,” papar Stakeholder Relations Pabrik AQUA Solok Azrai yang diamini Jon Betric.

Sementara itu Senior Eksternal Relations Danone-AQUA Wilayah Sumatera Wirnos menjelaskan, “Air yang dimanfaatkan AQUA selalu diuji dan dipantau, baik dari kualitas maupun volumenya, sehingga kualitas air dan keseimbangan alam tetap terjaga. Air adalah sumber daya yang terbarukan. Oleh karena itu kami perlu menjaga keseimbangan di dalam siklus air, yaitu antara proses pengambilan dan pengisian air Kembali.” 


Itu sebabnya mengapa Pabrik AQUA Solok gencar menjalankan berbagai program pelestarian lingkungan untuk menjaga kualitas dan keseimbangan kuantitas air, bekerjasama dengan berbagai pihak dan berbasis masyarakat. “Perlindungan sumber daya air yang dijalankan Danone-AQUA bertujuan untuk menjamin ketersediaan air, kemurnian dan kualitas sumber air, serta menjaga kelestarian sumber daya air,“ tambah Wirnos. 

Baca Juga :
Medison: Pemilu di Kabupaten Solok Berlangsung Dengan Aman dan Tertib


Berbagai upaya telah dilakukan Pabrik AQUA Solok untuk menjaga keberlanjutan alam dan lingkungan yang mendorong terciptanya bisnis yang berkelanjutan, termasuk melakukan perlindungan sumber daya air.


Pabrik AQUA Solok bertekad terus meningkatkan kinerja produksi dan prestasi dalam menghadirkan berbagai produk berkualitas, sekaligus bersama berbagai pihak terkait terus menjaga keberlanjutan lingkungan melalui pelaksanaan program-program tanggung jawab sosial lingkungan. 
Tentu saja dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak menjadikan upaya pelestarian sumber daya air akan semakin berkembang dan memberi manfaat untuk masyarakat luas. “Kami yakin melalui kolaborasi multipihak, kita akan mampu melestarikan sumber daya air yang berlimpah di Sumatera Barat pada umumnya dan secara khusus di Kabupaten Solok,” kata Wirnos.

Sedangkan Michael Limena, dari Corporate Communication Aqua Pusat, pada kesempatan itu menyebutkan bahwa Pabrik AQUA Solok dalam menjalankan kegiatan produksi menerapkan program Blue Operations, yaitu penerapan produksi yang ramah lingkungan dari hulu sampai ke hilir pada setiap aspek produksi.
“Proses produksi yang kami jalankan dilakukan secara efektif dan efisien dengan senantiasa memperhatikan faktor sosial lingkungan secara terintegrasi,” tambah Michael Limena, penuh senyum.
Sedangkan proses produksi yang ramah lingkungan itu didasari pada visi One Planet One Health yang dijalakan Pabrik AQUA Solok sebagai bagian dari Danone-AQUA.
Visi tersebut menegaskan bahwa kesehatan bumi dan kesehatan masyarakat memiliki hubungan yang yang tidak bisa dipisahkan.

“Dalam menjalakan kegiatan operasional Pabrik AQUA Solok pun giat melakukan berbagai kegiatan sosial lingkungan,” tutur Michael Limena (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *