Tim Pengabdian Masyarakat Fisip Unand Bentuk Program Pembangunan Kampung Tematik Nelayan Elo Pukek di Purus


PADANG, JN- Tim Pengabdian masyarakat Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas, Padang, melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unand bekerja sama dengan Pemerintah Kota Padang, membentuk program membangun Kampung Tematik Nelayan Elo Pukek di Kecamatan Purus, Kota Padang. 

Kegiatan Ini merupakan salah satu bentuk implementasi tri dharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian masyarakat.

Tri Dharma dalam perguruan tinggi meliputi kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai darma perguruan tinggi menjadi bagian dari tugas dosen.
Ketua Tim Pengabdian masyarakat Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik,  Rinaldi Eka Putra, M.Si, dengan anggota Dr. Syahrizal, Dr. Indraddin, dan Revi Marta, M.I.Kom. Serta penanggung jawab Wakil Dekan I FISIP Unand, Dr. Lucky Zamzami, M.Soc.Sc.
 Rinaldi Eka Putra menyebutkan jika tim sudah melakukan pertemuan awal pada  Jumat (17/12), untuk membicarakan terkait tahapan kegiatan yang akan dilakukan.
Pihaknya akan melakukan audiensi dengan camat, melihat kekurangan dan potensi yang ada di daerah tersebut.

Baca Juga :
Pemerintah Kabupaten Solok BahasĀ  KUA dan PPAS Tahun Anggan 2022 Bersama DPRD


“Intinya, kegiatan tahun pertama ini kami akan melakukan perencanaan program kampung wisata elo pukek. Kemudian menjadikan kampung tersebut sebagai salah satu ikon wisata tepi pantai yang ada di Kota Padang,” jelas Rinaldi Eka Putra.
Pihaknya juga menyebutkan daerah Purus memiliki potensi wisata yang sangat besar jika dikelola dengan baik. 


Bukan hanya peranan pemerintah, tetapi peran kita sebagai akademisi tentunya sangat diperlukan oleh mereka. “Tidak hanya itu, daerah purus juga memiliki banyak permasalahan sosial yang harus segera diselesaikan. Kami akan menggandeng instansi lain untuk bisa berkontribusi dalam kegiatan ini,” ucap Rinaldi Eka Putra yang juga dosen Sosiologi itu.
Wadek I sekaligus penanggung jawab program pengabdian ini, Lucky Zamzami berharap kegiatan ini bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan Kota Padang, khususnya masyarakat di sekitar kawasan Purus.

Baca Juga :
TSR bupati Solok Kunjungi Masjid Nurul Yaqin Nagari Paninggahan


“Kegiatan ini akan kami lakukan selama 3 tahun. Di tahun awal kami merencanakan kegiatan-kegiatan yang akan kita lakukan dan memetakan potensi-potensi tersebut.

Harapannya Purus nantinya bisa menjadi satu ikon wisata di Kota Padang,” harap Wadek I itu. (jn017/hmsunand)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.