PolitikSolok Raya

Ir Bachtul Dirindukan Masyarakat Solok Untuk Kembali Duduk di DPRD Sumbar

×

Ir Bachtul Dirindukan Masyarakat Solok Untuk Kembali Duduk di DPRD Sumbar

Sebarkan artikel ini

SOLOK, JN-
Masyarakat Solok Raya yang terdiri dari Kabupaten Solok, Kota Solok dan Kabupaten Solok Selatan, sangat berharap mantan anggota DPRD Sumbar,  Ir Bachtul kembali bisa duduk di DPRD Sumbar, priode 2024-2029 mendatang.

“Kita sangat berharap Bapak Ir. Bachtul bisa duduk kembali di DPRD Sumbar priode mendatang. Sebab selama beliau duduk di dewan priode lalu, beliau benar-benar mewakili masyarakat. Tidak sedikit aspirasi warga Solok raya yang sufah beliau perjuangkan,” sebut Nova Indra (49), tokoh masyarakat Solok, Kamis (31/8).
Merindukan Bachtul untuk duduk di DPRD Propinsi, mungkin tidak berlebihan dari warga Solok. Sepak terjang warga asal Pasa Usang Guguak Gunung Talang, Solok tersebut sudah teruji.
“Beliau sudah memberikan bukti, bukan hanya sekedar janji,” tambah Nova.
Jadi idak berlebihan jika ada memuji dan menganggap bahwa pencalonan Bachtul oleh Partai Gerindra merupakan langkah yang tepat dan tidak rugi.

Menurut Nova, beruntung DPD Partai Gerindra Sumbar telah resmi mendaftarkan Ir. Bachtul bersama 65 orang kader terbaik di KPU Propinsi Sumatra Barat.

 Ir Bachtul dicalonkan pada daerah pemilihan (Dapil) Sumbar 7 yang meliputi Kabupaten Solok, Kota Solok dan kabupaten Solok Selatan.

Publik pemilih Solok Raya begitu familiar dengan Ir Bachtul Caleg Partai Gerindra untuk DPRD Provinsi Sumbar menyambut positif, karena rekam jejak Ir Bachtul masih ingat di memori pemilih di Dapil Sumbar 7.

“Pak Bachtul itu terkenal agresif memperjuangkan pembangunan untuk warganya saat menjadi wakil rakyat dulu dan kesejahteraan rakyat di Solok Raya,” tambah Rinto, warga Solok lainnya.

Baca Juga :
Tim Pemenang Yutris Can-Irman Yefri Adang di Kukuhkan

Khusus untuk Tiga Nagari di Guguak, yakni Jawi-Jawi, Koto Gadang dan Koto Gaek, tentu akan susah melupakan Bachtul, karena caleg tersebut berasal dari Guguak.
Behitu juga dengan masyarakat Gunung Talang, Lembah Gumanti, Kubung dan Solok Selatan serta kota Solok, jejak tangan Bachtul waktu menjabat tidak bisa dilupakan warga.

Termasuk warga Pesisir Selatan, serpak terjang Bachtul untuk masyarakat setempat juga banyak.Contoh dekat yakni perjuangan Bachtul yang paling fenomenal untuk Pessel adalah pembangunan Embung Ampiang Parak kecamatan Sutera yg menelan biaya hampir Rp 18 Milyar dari APBD Propinsi, di luar anggaran saluran irigasi yg kabarnya juga menelan biaya puluhan milyar rupiah.
Embung Ampiang Parak mempunyai genangan hampir 22 Ha. Yang menjadikannya termasuk sebagai Embung terbesar di Sumatra Barat.

Masyarakat punya rekam jejak manis atas lekat tangan Bachtul ketika duduk sebagai anggota DPRD Propinsi selama 10 tahun, Ir Bachtul itu sudah terbukti dan dirasakan manfaatnya oleh Solok Raya.


“Mungkin sudah ratusan miliar dana APBD Sumbar yang sudah dibawa waktu Bachtul jadi anggota DPRD Sumbar dulu mengucur ke Solok raya, termasuk gigih memperjuangkan jalan tembus Bayang menuju Alahan Panjang yang saat ini tinggal finising,” sebut Martius.

Di antara bukti nyata lainnya yang sudah diperjuangkan Ir. Bachtul yakni anggaran pembangunan Kantor Walinagari,perbaikan Irigasi, Sarana Air bersih, Jalan lingkungan, balai adat, pembangunan Jalan pintu angin, beasiswa, bantuan masjid dan mushalla, bantuan kendaraan operasional buat walinagari, perkuatan tebing sungai Batang Lembang di daerah Sumani kab Solok yg menelan biaya hampir 30 Milyar, Perkuatan Tebing Batang Lembang Kota Solok disamping lapangan Merdeka sebagai bagian program Penataan Kawasan RTH pusat kota sebesar Rp 7 Milyar. Perkuatan Tebing Batang Lembang di Galanggang Batuang Kota Solok Rp 750 juta,pendirian 3 buah SMA baru di kabupaten Solok di antaranya SBI yang sekarang berubah nama menjadi SMA 2 Sumatra Barat. Kemudian SMA 2 Lembang Jaya dan SMA Sariak Alahan Tigo di kecamatan Hliiran Gumanti.

Baca Juga :
Bupati Epyardi Asda Merasa Bangga Dengan Kehadiran Ribuan Umat Islam Pada Tabligh Akbar Bersama UAS


Irigasi Banda Laweh Sirukam senilai Rp 30 Milyar melalui skema tahun jamak
serta banyak legi lainnya diretas Bachtul di Solok raya itu.

“Pokoknya Bapak Bachtul saat duduk sebagai anggota DPRD Propinsi Sumbar 2 priode dulu, memang dikenal wakil rakyat yang gigih memperjuangkan daerah pemilihannya, baik untuk Solok Raya maupun daerah Pesisir Selatan yang ketika dulu masih tergabung dalam satu Dapil tempat beliau dicalonkan dulu,” tambah tokoh masyarakat asal Batang Barus, Ujang Jenggo.


Menurutnya, mungkin sudah ratusan milyar rupiah dana APBD Propinsi berhasil digaet Bachtul untuk Daerah Pemilihannya Solok Raya dan Kab Pesisir Selatan waktu itu, baik yang dia lakukan sendiri maupun juga atas bantuan teman temannya sesama anggota DPRD Sumbar.

Khusus untuk Solok Selatan Bachtul tercatat memperjuangkan pembangunan Jembatan Talaok sekitar Rp 3,5 Milyar dan perkuatan beberapa tebing Sungai yg anggaran milyaran tupiah.

Jika menyimak apa yang dilakukan dan diperjuangkan Bachtul ketika duduk di DPRD Propinsi, wajar saja masyarakat Solok raya menyambut gembira pencalonan Bachtul untuk menuju gefung bagonjong Khatb Sulaiman Padang (jn01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *