PendidikanSolok Raya

Kakanwil Kemenag Sumbar Resmikan KUA Lembah Gumanti

×

Kakanwil Kemenag Sumbar Resmikan KUA Lembah Gumanti

Sebarkan artikel ini


ALAHAN PANJANG, JN- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, DR .H. Helmi, MA, hari Kamis (20/1), meresmikan Pemakaian Gedung Balai Nikah Dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA), Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.

Tampak hadir pada acara peresmian tersebut selain Kakanwil Kemenag Sumbar DR.H ,Helmi,MA yakni Kepala  Kemenag Kabupaten Solok, H.Zulkifli,S.Ag.MM, beserta jajaran Kasi dan pengawas pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok beserta para pengawas madrasah, Kepala KUA sekababupaten Solok, para Kepala MI, MTs, MA, Camat dan Wali Cagari se Kecamatan Lembah Gumantidan para tamu undangan lainnya.

Acara peresmian diawali dengan pembacaan ayat suci Al-quran  oleh salah seorang penyuluh agama Islam pada KUA kecamatan Lembah Gumanti dan dilanjutkan dengan sambutan Kepala KUA Kecamatan Lembah Gumanti, Zulnamus Alizah,S.Ag.


Pada kesempatan itu, Zulnamus Alizah,S.Ag,  menyampaikan ucapkan terima kasih atas perjuangan dan perhatian yang luar biasa terhadap upaya hingga terwujud nya Balai Nikah , Manasik haji serta Kantor Urusan Agama yang megah tersebut.  Acara yang digelar dalam ruangan Kantor Urusan Agama (KUA) yang baru, dengan duduk lesehan.

Kepala kantor Kemenag Kabupaten Solok, H.Zulkifli, S.Ag.MM, dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan laporan bahwa upaya untuk memiliki gedung KUA yang cukup megah ini adalah perjuangan yang cukup panjang oleh Kepala Kemenag terdahulu, KUA serta Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat.


“Semoga perjuangan untuk mewujudkan cita-cita memiliki kantor layanan keagamaan di Alam Gumanti ini, membawa berkah bagi masyarakat Lembah Gumanti khususnya dan kabupaten Solok Serta Sumatera Barat. Maka tolong jaga aset ini, bagi semua ASN, Penghulu, penyuluh serta karyawan/i, dengan terus meningkatkan semangat moderasi beragama, menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan,” harap  H.Zulkifli.
Menurut Buya Zulkifli, nikah terbanyak di Kecamatan  di Kabupaten Solok juga berada di Lembah Gumanti ini, termasuk juga yang berangkat haji maupun umrah setiap tahun.
Sementara Kakanwil Kemenag Sumatera Barat, DR, H.Helmi, MA, dalam arahannya juga berpesan kepada seluruh  jajaran yang ada di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Solok, agar terus menjaga dan memelihara semangat moderasi beraga.
“Semua aset-aset Kementerian Agama Republik Indonesia dan kantor KUA yang telah ada ini untuk diupayakan mewujudkan lingkungan Kantor yang nyaman, rindang, sejuk dan ramah lingkungan. Mari kita jaga terus semangat moderasi beragama,” tutur DR, H.Helmi.

Baca Juga :
Bupati Epyardi Asda Menjadi Pembina  Apel Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 di Kabupaten Solok

Menurut DR, H.Helmi, acara Peresmian pemanfaatan gedung KUA baru ini juga mengadakan acara dengan tema Moderasi Beragama.

Menurut DR, H.Helmi, MA, biaya pembangunan gedung KUA ini di biayai dengan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Ini salah satu terobosan yang sangat signifikan dari pemerintah dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat untuk pembangunan gedung balai nikah dan manasik haji yang representatif.
 “Keberadaan fasilitas KUA yang baru ini diharapkan dapat meningkatkan semangat kerja dalam melayani masyarakat terutama pada layanan nikah dan manasik haji”, ujar DR. H.Helmi,MA. 
Disebutkan Kakanwil, Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan sentral layanan keagamaan masyarakat di tingkat kecamatan. Beragam jenis layanan keagamaan seperti pernikahan, pembinaan keluarga sakinah , pembinaan Haji maupun pembinaan masyarakat lainnya terpusat di bawah pengelolaan KUA. 
“Untuk itu, kepala-kepala  KUA harus  terus berbenah untuk meningkatkan mutu layanan,” sebut DR, H.Helmi, MA.

Baca Juga :
Disambut Meriah Mahasiswa:
Bupati Epyardi Asda Beri Orasi Ilmiah Pada Wisuda Ke-132 Universitas Negeri Padang


Kakanwil juga mengingatkan kepada Kepala-kepala KUA agar KUA berperan dalam menekan angka pernikahan usia muda dan mengurangi angka perceraian yang tinggi. Terjadinya pernikahan usia muda disebabkan adanya faktor pendorong, seperti orang tua, ekonomi, pendidikan, dan budaya. 
Selanjutnya orang nomor satu di Kanwil Kemenag Sumatera Barat tersebut mengatakan gedung KUA sebagai pusat layanan haji di Kecamatan, tujuan utamanya adalah untuk memberikan pemahaman tentang manasik haji sejak awal kepada calon jamaah  haji. 
Kakanwil mengucapkan selamat atas pemakaian dan pemanfaatan gedung KUA di Kecamatan Lembah Gumanti.
 “Semoga gedung ini membawa keberkahan dan bermanfaat bagi masyarakat terutama bagi pengguna layanan pernikahan dan bimbingan Manasik Haji,dan kita berdoa,semoga Covid 19 ini, segera berakhir di permukaan bumi ini, sehingga aktivitas kehidupan sehari-hari kita berjalan seperti biasa,” harap DR, H.Helmi, MA.
Pada kesempatan itu, Kakanwil Kemenag Sumbar DR, H.Helmi
Pada kesempatan itu juga mengukuhkan Kelompok Kerja  Penguatan Program moderasi beragama (jn01/Masriwal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.