KriminalSolok Raya

Jumlah Kasus Kriminal dan Laka lantas di Polres Solok Selama Tahun 2020 Menurun

×

Jumlah Kasus Kriminal dan Laka lantas di Polres Solok Selama Tahun 2020 Menurun

Sebarkan artikel ini

SOLOK, JN– Jumlah kasus kriminal dan laka lantas serta Narkoba di Polres Solok pada Tahun 2020, menurun jika dibanding dengan tahun 2019 silam.


“Menurunnya tingkat kriminal dan kasus lain di Kabupaten Solok selama tahun 2020 ini, mungkin disebabkan kurangnya aktivitas masyarakat di luar rumah selama masa pandemi. Jadi mungkin kesempatan atau peluanh untuk berbuat kriminal sedikit karena pemilik rumah bisa menjaga asetnya sendiri,” terang Kapolres Solok, AKBP Azhar Nugroho, SH, S.I.K, M.Si, pada saat menggelar jumpa pers akhir tahun dengan awak media, Rabu sore (30/12), bertempat di Pendopo Endra Dharmalaksana Polres Solok di Lubuk Selasih.


Kegiatan Press Release kasus periode tahun 2020 di Wilkum Polres Solok atau kaleideskop tahun 2020, juga dihadiri oleh Kabag Ops Polres Solok AKP Joko Hendro L, SH, S.I.K, Kasat Reskrim Polres Solok AKP Deny Akhmad H, S.Kom, S.I.K, Kasat Res Narkoba Polres Solok, IPTU Amin Nurasyid, SH, Kasat Lantas Polres Solok, Iptu Hidayanda Rizki,SH, Kasat Sabhara Polres Solok IPTU Awaluddin, SH dan perwakilan Media cetak dan elektronik di Wilayah hukum Polres Solok.

Baca Juga :
Kejari Solok Terima Penghargaan Dari Walikota Zul Elfian


Dijelaskan Kapolres AKBP Azhar Nugroho, SH, bahwa sesuai Data Kasus Sat Reskrim Polres Solok tahun 2020, jumlah Kasus yang terjadi sebanyak 217 Kasus. Sementara yang terselesaikan (P21)  adalah sebanyak 154 Kasus.


“Adapun Persentasi Perbandingan Jumlah Tindak Pidana 2019 dan 2020 menurun sebanyak 35 persen,” terang AKBP Azhar Nugroho, SH.

 Data Kasus Sat Res Narkoba Polres Solok tahun 2020 yakni jumlah Kasus sebanyak 44 Kasus, terselesaikan (P21) sebanyak 40 Kasus dengan Barang Bukti Sitaan Ganja sebanyak 1.535 Kg, Sabu sebanyak 168,6 gram dan Ekstasi 4 butir. Persentasi Penyelesaikan Kasus tahun 2020 adalah 90%.

Sementara Data Kasus Sat Lantas Polres Solok tahun 2020 (Laka Lantas) berjumlah sebanyak 81 Kasus, terselesaikan sebanyak 71 Kasus. Jumlah Langgar sebanyak 3087 Tilang. Persentase Perbandingan Jumlah Laka Lantas tahun 2019 dan 2020 dan turun 22 % jika dibanding tahun 2019 silam.

Baca Juga :
Dinas PUPRĀ  dan Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Solok Survey Persiapan BSC di GOR Batu Batupang

Adapun Jenis Tindak Pidana Ungkap Kasus tahun 2020 di Wilkum Polres Solok yakni kasus TP Pencurian (Curanmor), TP Uang Palsu, TP Kejahatan terhadap Kesopanan (Perjudian jenis Ceki/Koa), TP Pencurian dengan Pemberatan, TP Pencabulan dan TP Narkotika.


Pada kesempatan itu, Kapolres juga menghimbau agar masyarakat selalu mematuhi 3 M dan mengurangi aktivitas di luar rumah jika tidak diperlukan.
Personil Polres Solok juga akan diturunkan pada pusat-pusat keramaian dan tempat strategis lainnya dalam rangka pengamanan tahun baru 2021 dan menekan tingkat penularan Covid-19 di Kabupaten Solok.
Usai dilaksanakan Press Release Kasus selama tahun 2020 oleh Kapolres Solok, kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dengan Wartawan media cetak dan elektronik di wilkum Polres Solok (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.