Salingka NagariTanpa Kategori

Yusri: Butuh Kebersamaan Dalam Membangun  Nagari Surian

×

Yusri: Butuh Kebersamaan Dalam Membangun  Nagari Surian

Sebarkan artikel ini

SOLOK,  JN- Walinagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok, Yusri menyebutkan bahwa butuh kebersamaan untuk membangun nagari, baik dari masyarakat,  BNM,  pemerintah  daerah dan lainnya. 
“Tanpa dukungan masyarakat dan pemerintah daerah,  mustahil nagari bisa maju, ” papar Yusri,  saat berbincang dengan Koran Padang,  Jum’at (6/8).


Sosok lelaki tenang 41 tahun ini,  pada Pilwana Nagari Surian lalu,  berhasil unggul dengan perokehan suara 1.863 atas 4 calon lain yakni  atas nama Kandidat kedua Febrian Toni yang memperolehan suara 1.590. Urutan ketiga Rusliadi dengan meraih suara,  1.570, posisi ke empat atas nama Sudirman dengan meraih suara 797 dan posisi ke 5 diraih oleh calon atad nama Ilham Khalid, dengan jumlah suara sebanyak 116. 


“Dipercaya menjadi walinagari, merupakan amanah dan tugas berat kedepannya bagi saya. Mohon seluruh masyarakat Nagari Surian untuk mendukung dan membimbing saya, ” tutur Yusri.
Pria kelahiran 20 Mai 1977 ini,  selama ini merantau ke Jakarta dan tergerak hatinya untuk membangun kampung halamannya yakni Nagari Surian. 
“Saya ingin nagari saya maju dan masyarakatnya damai. Saya juga berharap agar kandidat yang kalah pada Pilwana kemaren,  tetap secara bersama-sama membangun Nagari. Saya butuh kritikan dan saran dari semua masyarakat agar saya tidak salah dalam bertindak di nagari, ” sebut Yusri. 
Sebagaimana kita ketahui,  bahwa Nagari Surian secara Georafis terletak di Selatan Kabupaten Solok dan berbatas langsung dengan Kabupaten Solok Selatan dan Nagari Kambang,  Pesisir Selatan. 

Baca Juga :
HUT Bhayangkara ke 76, Polres Solok Gelar Fun Bike, Aerobik dan Lomba Memasak


Nagari Surian dengan luas 17.388 Ha secara Geografis terletak pada 0109’29.45’-0109 34’09’ Lintang Selatan dan 10048’39,27’’ sampai 10101,21,8’’ Bujur Timur.

Baca Juga :
Babak Final Turnamen Bupati Slok Cup Putaran Kedua Digelar  23 Desember 2023
Yusri


Nagari Surian beriklim sedang dengan temperatur  antara 18^-32^C, dengan ketinggian rata-rata 1.028 m dari permukaan laut. Nagari ini terdiri dari  14  Jorong, yakni Jorong Ulu Sungai Indarauang Surian, Jorong Koto Tinggi, Jorong Tambang, Jorong Kayu Manang,  Jorong Pasa, Jorong Belakang Pasa, Jorong Ladang Padi, Jorong Dalam Koto, Jorong Kulemban, Jorong Gaduang, Jorong Tampat, Jorong Suliti, Jorong Jalan Balantai danJorong Lubuak Rasam
Penduduk Nagari Surian saat ini diperkirakan berjumlah sebantaj 18.000 ribu jiwa. 
Namun kalau melihat sensus 2010, maka penduduk Surian berjumlah sebanyak 14.788, yang terdiri dari 7.046 laki-laki dan 7.742 jiwa perempuan dengan jumlah Kepala Keluarga  sebanyak 3.833.


Rata-rata mata pencaharian warganya adalah bertani sawah dan ladang (wandy) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.