Solok Raya

Bupati Gusmal Buka Pelatihan Khatib dan Imam Masjid se Kabupaten Solok

×

Bupati Gusmal Buka Pelatihan Khatib dan Imam Masjid se Kabupaten Solok

Sebarkan artikel ini

SOLOK, JN- Bupati Solok, H. Gusmal, hari Sabtu (19/9), membuka secara resmi  Pelatihan Khatib dan Imam Masjid se Kabupaten Solok, bertempat di Ruang Pertemuan Islamic Centre Koto Baru, Kabupaten Solok.

 Selain Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM, tampak hadir pada acara tersebut antara lain Ketua Baznas kab Solok,  H.Sukardi, Ketua Dewan masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Solok, H. Syamsir,  Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok yang diwakili Kasi Bimas, Zulkifli N, MM, Kabag Kesra, Ahpi Gusta Tusri, Kabag Humas, Syofiar Syam dan peserta pelatihan yang hadir.
Ketua pelaksana acara, Zulkifli N, MM, dalam laporannya menyampaikan bahwa pada hari ini kita melaksanakan Pelatihan bagi imam masjid dan khatib, yang bertujuan untuk mengoptimalnya fungsi manajemen masjid dalam memakmurkan umat khususnya yang berada di sekitar masjid tersebut.

Baca Juga :
Teta Midra: Peran Media Dalam Mengimformasikan Hasil Pembangunan Sangatlah Penting


Jumlah peserta pelatihan sebanyak 74 orang yang merupakan perwakilan dari tiap-tiap nagari di Kabupaten Solok.

“Pelaksanaan kegiatan direncanakan satu hari penuh yang bertempat di ruangan pertemuan Islamic Center Koto Baru,” sebut Zulkifli N, MM.

 Sementara Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM, dalam sambutannya menghimbau nantinya dalam pelatihan ini kita dapat saling berdiskusi dan saling mengisi antara narasumber dan peserta.
“Saya juga berharap nantinya sebelum memulai materi oleh narasumber, kita laksanakan dulu pre test untuk melihat dan mengukur sejauh mana pemahaman peserta terhadap materi yang akan diberikan nantinya,” sebut Gusmal.

Baca Juga :
Kapolres Solok Bersama Unsur Forkopimda Ikuti Upacara Virtual Dalam Rangka HUT Bhayangkara ke-75

Menurut Bupati, Dewan masjid tugasnya adalah memakmurkan masjid dengan berbagai kegiatan. “Program pemerintah subuh berjemaah dan magrib Al-Qur’an tidak akan berjalan maksimal tanpa dukungan dari para khatib dan imam mesjid,” terang Gusmal.
Menurut Gusmal, bahwa pada hari ini kita tengah berada dalam masa pandemi covid-19, banyak masyarakat kita yang terpapar oleh virus tersebut, oleh karena itu pemerintah mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dan kepada para imam Mesjid dan khatib untuk turut mensosialisasikan di tengah masyarakat di nagarinya masing-masing (wandy)