Seputar Ranah Minang

Bupati Solok Hadiri Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa ke-118

×

Bupati Solok Hadiri Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa ke-118

Sebarkan artikel ini

Bupati Solok Hadiri Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa ke-118 
SOLOK, JN–
Bupati Solok diwakili oleh Sekretaris Daerah, Medison, S.Sos, M.Si, hari Kamis (19/10), menghadiri acara Penutupan Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ke-118 Tahun 2023, bertempat di Lapangan Nagari Tanjung Alai, Kec. X Koto Singkarak.

Selain itu acara tampak dihadiri oleh Danrem 032 Wirabraja, Brigjen. TNI Rayen Obersyl, Dandim 0309 Solok,  Letkol Inf Aji Satrio, Forkopimda, Ketua Organisasi Wanita Se-Kabupaten SolokAsisten I, Drs. Syahrial, MM, Kepala BUMN dan BUMD di Kabupaten SolokPara Kepala OPD, Ketua BAZNAS Prov. Sumatera Barat, Ketua BAZNAS Kab. Solok, Camat X Koto Singkarak, Forkopimcam, Walinagari Tanjung Alai,  Yurdam, SE, Tokoh-tokoh Agama dan Adat serta Masyarakat Nagari Tanjung Alai.
Kedatangan Danrem 032 Wirabraja beserta rombongan disambut meriah diiringi tari pasambahan.
Laporan Hasil Program TMMD oleh Dansatgas/Dandim 0309 Solok, dimana beliau menyebutkan bahwa tujuan kegiatan TMMD adalah untuk membantu kegiatan Pemerintah Kabupaten Solok dalam mempercepat pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan fisik maupun nonfisik.

Sasaran fisik yang dilaksanakan yakni Pembukaan Jalan Usaha Tani dan Bantuan Rehab Rumah tidak layak Huni, kegiatan telah terlaksana 100%.

Sasaran Nonfisik yakni berupa Bantuan Alsintan melalui Dinas Pertanian, Pelayanan Dokumen Kependudukan melalui Sistem Kejar Bola oleh Disdukcapil, Simulasi APAR oleh Satpol PP dan Damkar, Pelayanan KB melalui DPPKBP3A, Advokasi Perencanaan berbasis Data oleh Disdikpora, Pelatihan Olahan Makanan dan Bantuan Peralatan UMKM oleh DKUKMPP, Penyerahan Bantuan Sosial sebanyak 50 paket oleh Dinsos, Pelayanan Perpustakaan keliling oleh Dispersip, Sosialisasi Cerdas Bermedia Sosial oleh Diskominfo, Pelayanan Pengurusan Perijinan melalui DPMPTSP dan Naker, Bantuan Zakat kepada Guru dan Siswa Nagari Tanjung Alai oleh BAZNAS Kab. Solok, Bantuan Tempat Sampah oleh DLH, semua kegiatan telah terlaksana 100%

Baca Juga :
Relawan PT Tirta Investama Pabrik Solok Bantu Korban Gempa Pasaman

Pelaksanaan Kegiatan telah dimulai pada tanggal 20 September 2023 s.d 19 Oktober 2023 bertempat di Nagari Tanjung Alai.  
Kegiatan dilanjutkan dengan Penandatanganan Laporan Hasil Program TMMD dan Prasasti TMMD Ke-118 Tahun 2023 Oleh Danrem 032 Wirabraja, Dandim 0309 Solok dan Bupati Solok yang dalam hal ini diwakili oleh Sekertaris Daerah Kab. Solok.

Selanjutnya dilakukan Prosesi Penanggalan Pita tanda berakhirnya Program TMMD ke 118 Tahun 2023


Arahan Pangdam 01 Bukit Barisan dibacakan oleh Inspektur Upacara/Danrem 032 Wirabraja, Brigjen. TNI Rayen Obersyl, dimana Kegiatan TMMD merupakan bagian dari Operasi Bakti TNI yang diwujudkan dengan membantu Pemerintah Daerah dalam menyiapkan dan memperbaiki Infrastruktur serta mengakselerasi program Pemerintah Daerah yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
“TMMD tidak hanya domain dari TNI semata melainkan Program bersama Pemerintah Daerah dan Kota yang bersatu padu semua komponen bangsa dan dilaksanakan secara bahi membahu bergotong royong,” sebut Brigjen. TNI Rayen Obersyl.


Ini merupakan upaya kita bersama dalam melestarikan warisan budaya kepada penghulu kita sejalan dengan tema kali ini “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat” 


Selanjutnya Danrem 032 Wirabraja menutup secara langsung Program TMMD ke-118 di Kabupaten Solok ditandai dengan pemukulan gong
Dilanjutkan dengan acara tambahan berupa penampilan Tari Kreasi dengan Judul Tari Payuang Badarai oleh Sanggar Lubuak Limpapeh
Walinagari Tanjung Alai, Yurdam dalam sambutannya menyampaikan bahwaPihaknya selaku Walinagari mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih banyak dengan semangat gotong royong telah sukses melaksanakan program TMMD Ke-18 Tahun 2023 di Kabupaten Solok khususnya Nagari Tanjung Alai ini.

Baca Juga :
Bupati Eka Putra Panen Perdana Bawang Merah Milik Kasatlantas Polres Tanah Datar Iptu Hidayanda Rizki

Sementara Sekertaris Daerah, Medison dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan TMMD ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat kita di Nagari Tanjung Alai yang mana ini merupakan Percepatan Pembangunan dalam rangka membuka keterisolasian maupun percepatan-percepatan untuk masyarakat dapat mengakses sentra sentra pertanian, mempermudah arus transportasi barang termasuk juga kegiatan-kegiatan bedah rumah yang tentu ini bermanfaat bagi masyarakat kita.

“TMMD ini tidak hanya orientasinya fisik akan tetapi sebagai arahan Danrem bahwa bagaimana semangat gotong royong dan kebersamaan mulai hilang melalui kegiatan TMMD ini kita bisa kita laksanakan,” sebut Medison.


Melalui kegiatan TMMD dapat menumbuhkan rasa kebersamaan antara TNI, Unsur Pemerintah dan Masyarakat serta memberikan hasil yang nilai fisiknya jauh lebih baik dibandingkan dengan kegiatan melalui sisi proyek, baik dari sisi capaian volume maupun kualitas.

“Kepada Walinagari dan seluruh masyarakat kita berpesan agar bisa memanfaatkan dan menjaga seluruh Pembangunan yang kita laksanakan dengan sebaik-baiknya,” harap Medison

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan Bedah Rumah secara Simbolis kepada masyarakat Penerima Bantuan.


Selanjutnya Danrem bersama rombongan lakukan peninjauan Stan Mobil Pelayanan yang disediakan Pemerintah Kabupaten Solok selama pelaksanaan Program TMMD  serta Peninjauan Lokasi Pembukaan Jalan sekaligus giat penanaman pohon dan diakhiri dengan Peresmian Bantuan Bedah Rumah oleh Danrem 032 Wirabraja (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *