Seputar Ranah MinangTanpa Kategori

IAIN Batusangkar Dinyatakan Lulus Menjadi Universitas Islam Negeri

×

IAIN Batusangkar Dinyatakan Lulus Menjadi Universitas Islam Negeri

Sebarkan artikel ini

BATUSANGKAR, JN- Berdasarkan hasil penilaian Tim Penguji Proposal dan Kelengkapan administrasi alih status, akhirnya IAIN Batusangkar dinyatakan lulus dan memenuhi syarat untuk menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Batusangkar.

Hal ini dikemukakan dalam Focus Group Discussion (FGD) Kementerian Agama (Kemenag) RI di Jakarta, Kamis 11 Februari 2021 kemarin, melalui Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, ST., MT

“IAIN Batusangkar bersama 2 IAIN lainnya telah memenuhi seluruh persyaratan alih status menjadi UIN berdasarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 20 tahun 2020, dan selanjutnya akan dilakukan visitasi lapangan oleh tim asessor,” sampainya.

Sementara itu Rektor IAIN Batusangkar Marjoni Immamora mengungkapkan, Perguruan Tinggi yang dipimpinnya menjadi peringkat pertama dari tiga perguruan tinggi yang dinyatakan lulus untuk peningkatan status.

Baca Juga :
Klub Jantung Sehat Bersilaturrahmi Dengan Ketua TP-PKK Kabupaten Solok

“Alhamdulillah, kita bersyukur atas keputusan Asessor Perubahan Bentuk IAIN menjadi UIN oleh Dirjend Pendis Kemenag RI, bahkan IAIN Batusangkar sebagai urutan no 1 dari 3 IAIN yang dinyatakan lolos,” katanya.

Atas keberhasilan ini, tambah Marjoni, IAIN Batusangkar akan menerima kunjungan tim asessor. dan mohon dukungan semua pihak, terutama keluarga besar IAIN Batusangkar.

“Proses selanjutnya adalah visitasi lapangan oleh tim Asessor dengan mengunjungi IAIN Batusangkar Dan 9 PTKI yang lain pada akhir Feb 2021 ini atau selambatnya awal maret 2021, Insya Allah kita siap,” tutur ujarnya.

Walaupun masih dalam proses ali status, tambah Rektor lagi, pimpinan serta seluruh warga kampus tetap komit selalu meningkatkan kapasitas seperti mempersiapkan Akreditasi Jurusan/Prodi serta APT, peningkatan Publikasi di scopus dan prestasi mahasiswa.

Baca Juga :
PS Manchudum Juarai Turnamen Sepakbola Kayu Jao FC

“Kita selalu melakukan upaya-upaya dalam melestarikan jurusan-jurusan dengan background keagamaan Islam yang sudah mulai kurang diminati melalui beberapa kebijakan, seperti pemberian UKT yang paling rendah, bahkan gratis melalui mekanisme beasiswa KIP Kuliah dan Beasiswa Tahfizd,” ujarnya.

“Semua kebijakan dilakukan itu muaranya adalah UIN Batusangkar akan menjadi kampus bereputasi global, namun kearifan lokal seperti menghasilkan cendekiawan Muslim atau ulama masih tetap nomor wahid yang akan terus dilestarikan,” pungkas Marjoni (david Jimak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.