Salingka Nagari

Upacara HUT RI Ke-78 di Kecamatan Lembah Gumanti Berlangsung Meriah Dan Penuh Suasana Khidmat

×

Upacara HUT RI Ke-78 di Kecamatan Lembah Gumanti Berlangsung Meriah Dan Penuh Suasana Khidmat

Sebarkan artikel ini


SOLOK, JN-
Upacara peringaan HUT Kemerdeaan  RI yang ke-78 di Kecamatan Lembah Gumanti, Kab. Solok, berlangsung Meriah dan Penuh Suasana Khidmat
Kamis, (17/8).


Udara dingin dan berkabut sejak pagi di Bumi Ranah Alam Gumanti, terasa menusuk dingin hingga ke tulang. Namun tidak membuat semangat para peserta upacara HUTRI ke- 78 tahun 2023 tingkat Kecamatan Lembah Gumanti, memjadi lemah.
Dengan semangat yang luar biasa, dan mengingatkan akan jasa para Pahlawan yang teleh berkorban dengan jiwa dan raga.

Pelaksanaan upacara HUT-RI ke-78 ini yang juga  dilaksanakan diberbagai penjuru Nusantara dan luar negeri yang ada warga negara RI.untuk  memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78   ini terasa berbeda dari tahun yang lalu. Suka cita dan kekhidmatan masyarakat dalam merayakannya.

Rangkaian Upacara kegiatan peringatan HUT ke-78 RI di Wilayah Lembah Gumanti, dimulai dengan pelaksanaan Upacara Penaikan Bendera.

Dengan semangat dan rasa cinta NKRI, Kegiatan HUTRI ke 78 tahun 2023 untuk tingkat Kecamatan sendiri dilaksanakan dihalaman Kantor Camat Lembah Gumanti, Alahan Panjang. Sedangkan untuk tingkat nagari Sungai Nanam diadakan dilapangan Aie Baluluak, yang telah berlangsung sejak tahun 2005.

Dilokasi Kantor Kecamatan Lembah Gumanti, bertindak selaku Inspektur Upacara  Camat Lembah Gumanti, Zulbakti,S.Pd, Upacara mulai  diselenggarakan dengan kegiatan gladi bersih sejak  pukul 07.300 WIB.Bertindak selaku Komandan Upacara dari Polsek Lembah Gumanti.dan dari Koramil Lembah Gumanti.

Pembaca doa ,Zulhelmi,Sag.MH Kepala KUA kec.Lembah Gumanti.Pembaca Teks Proklamasi anggota DPRD kab Solok.Arlon Sutan SatiPetugas pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Tim Putih yang bertugas untuk menyelenggarakan penaikan dan penururan bendera, terdiri dari siswa/siswi SLTP/MTs/SMA/SMK/MA se Kecamatan Lembah Gumanti dan untuk iringan musik dari SMKN 1 Lembah Gumanti.

Baca Juga :
Puluhan Kilometer Jalan Penyanggah di Nagari Sungai Nanam Rusak Berat

Peserta upacara terdiri dari unsur FORKOPINCAM Kec.Lembah Gumanti,ASN,PPPK Guru-guru Tingkat PAUD,TK,SD/MI,SLTP/MTs/SLTA/MA.Kacabjari Lembah Gumanti.

Usai kegiatan upacara,selaku Inspektur Upacara Zulbakti mengatakan harapan kita semoga Indonesia terus melaju di berbagai sector dan semakin terdepan dalam hal apapun,teruta,ilmu pengetahun,ekonomi, tehknologi kehidupan beragama yang semakin baik,serta terus menjaga persatuan dan kesatuan NKRI, Apalagi dengan motto HUTRI ke 78 tahun 2023.

Sementara itu upacara yang berlangsung di lapangan hijau Aie Baluluak Sungai Nanam, dengan Inspektur Upacara Wali nagari Sungai Nanam, Delfi,S.Sos.

Apalagi dengan motto HUTRI ke 78 tahun 2023,“ Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.
‘“Semoga masyarakat Nagari Sungai Nanam tetap selalu menjaga persatuan dan kesatuan , dan jalin kekompakan selalu,” ujar Delfi.


Adapun usai upacara HUT RI ke-78 di Lembah Gumanti ini, semarak kemerdekaan akan dilanjutkan dengan Pawai karnaval,Jum,at 18 Agustus 2023  dimana diikuti ribuan Siswa-siswi dari berbagai Nagari, yakni Alahan Panjang, Aie Dingin, Salimpek dengan melibatkan berbagai sekolah dan madrasah tingkat SD/MI-SLTA yang ada di wilayah tersebut, termasuk para Guru dan tenaga pendidik, ASN,PPPK, PTT, GTT dari berbagai Instansi dengan rute dari terminal Alahan Panjang hingga Kantor Camat Lembah Gumanti yang dilepas oleh Camat Lembah Gumanti Zulbakti,S.Pd.

Adapun peserta yang ikut dari mahasiswa KKN terpadu tahun 2023 yang terdiri dari mahasiswa UNAND,UIN,UNP,UNES,UNITAS,STIKES dan beberapa Perguruan Tinggi lainya diSumatera Barat.

Baca Juga :
Warga Sungai Nanam Terus Berharap Pemerintah Perhatikan Jalan Aie Muro Menuju Kutianyie

Sementara itu di LAPAS kelas II Alahan Panjang,Juga diberikan remisi untuk 37 orang tahanan ,dalam rangka HUTRI ke 78.yang disaksikan oleh Forkopincam kecamatn Lembah Gumanti.Dalam kesempatan tersebut Pengurus Yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam disela-sela kegiatan dan menyaksikan acara, diantaranya Masriwal,Syaufil efendi, Alimuddin,menyampaikan rasa haru dan bangga atas kegiatan yang berlangsung di diSungai Nanam dan ditingkat Kecamatan Lembah Gumanti. Dimana seakan terobati   beberapa  sebelumnya tanpa ada kegiatan pada HUT RI, lantaran pandemi Covid 19.“Kita lihat semangat dan senyum ceria, yang luar biasa terpancar dari seluruh peserta.


 .Merayakan HUT-RI dengan semangat  Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’,” kata Alimuddin yang juga sebagai kepala Jorong Parak Tabu, Sungai Nanam..
Salah seorang Tokoh asal Lembah Gumanti yang juga ketua  Umum M.A.G (Masyarakat Alam Gumanti ),Yang saat ini bertugas di satuan TNI AD Korp Baret Merah KOPASSUS,Irwan Sutan Rajo Endah ,Via telepon celuler mengatakan “mari kita syukuri nikmat Allah SWT ini, dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta terus ikut berkontribusi bagi nusa,bangsa dan negara,kita berdoa semoga harga sayuran terutama bawang merah yang sudah hamper 2 bulan ini pad harga yang cukup memprihantikan,sementara harga pupuk dan pestisida mahal,Berharap kembali keharga yang membaik”,Ujar Irwan

Pada sore pukul 16.00 WIB, juga berlangsung upacara penurunan Bendera di Kantor Camat Lembah Gumanti dan dilapangan hijau Aie Baluluak Nagari Sungai Nanam.Alahan Panjang,17 Agustus 2023 (masriwal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.