PendidikanSalingka Nagari

Masyarakat Peduli Lingkungan Nagari Salayo Gelar Buka Bersama Dengan Wakil Ketua DPRD Kab Solok

×

Masyarakat Peduli Lingkungan Nagari Salayo Gelar Buka Bersama Dengan Wakil Ketua DPRD Kab Solok

Sebarkan artikel ini

SOLOK, JN- Masyarakat Peduli Lingkungan (MPL) Nagari Salayo, hari Rabu (27/4), menggelar Buka Bersama Dengan Wakil Ketua DPRD Kab Solok.

Buka bersama Masyarakat Peduli Lingkungan ini digelar di Jorong Sawah Sudut, Nagari Salayo, Kecamatan Kubung dengan dihadiri oleh Wakil Ketua  DPRD Kabupaten Solok, Ivoni Munir Panduko Sati, Anggota DPRD Kabupaten Solok, Sutan M.Bahri, Kepala jorong sawah sudut Joni Andri
H.elidar MAWATI / undu dan
Lunanti FC beserta keluarga besar MP

Menurut Ketua MPL Salayo, Iptu Oon Kurnia Ilahi, buka bersama ini digelar dalam rangka untuk menjalin tali silaturrahmi antar sesama anggota serta juga untuk bertukar pikiran dengan Wakil rakyat di Kabupaten Solok.

“Kita sengaja mengundang Wakil Ketua DPRD Kabupatwn Solok Bapak Ivoni Munir dan anggota DPRD asal Nagari Salayo, Bapak Sutan Bahri untuk bertukar pikkiran dengan beliau,” terang Iptu Oon Kurnia Ilahi, yang juga Kasat Narkoba Polres Solok.

Disebutkan Iptu Oon Kurnia Ilahi, bahwa setiap individu atau kelompok harus memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup, termasuk masyarakat  MPL Salayo.
 “Kita tentu berharap, agar pertemuan ini bisa menggugah hati masyarakat untuk semakin sadar dengan kebersihan lingkungan. Sebab kita di Nagari Salayo belum memiliki TPA dan juga bak sampah,” terang Iptu  Oon Kurnia Ilahi.

Baca Juga :
Wisuda Tahfiz Pompes Tahfizh Qur'an Anzalat Berlangsung Meriah


Sementara tujuan dari berdirinya Gerakan Sosial Masyarakat Peduli Lingkungan untuk peduli dengan lingkungan sekitar.
Selain itu selama ini MPL juga sudah mengamati bahwa sesuai Penelitian Sosial Budaya (PSB) dengan tipe deskriptif kualitatif, yaitu tujuan memberikan gambaran tentang Perubahan sosial ekonomi terhadap masyarakat. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi
Dalam pertemuan tersebut, MPL Salayo dibawah pimpinan Iptu Oon Kurnua Ilahi, juga berharap kepada anggota dewan yang hadir untuk bisa memperbaiki atau menggarkan dana APBF Jalan Kabupaten dari Simpang Salayo menuju Sawah Sudut, yang kondisinya sudah sangat memprihatinkan.

Oon Kurnia Ilahi juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Solok, H. Epyardi Asda, yang telah memfasilitasi peminjaman alat berat dalam membuka Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang 2 km lebar 3 meter
dan permohonan perbaikan pemeliharaan jalan dengan cara tambal sulam demi kenyamanan pengguna Jalan yang mana saat ini Jalan tersebut sangat membahayakan kepada pengguna jalan.


Sedangkan Wakil Ketua  DPRD Kabupaten Solok, Ivoni Munir Panduko Sati, pada kesempatan itu sangat memberi apresiasi kepada MPL Nagari Salayo yang sudah membuat terobosan peduli lingkungan.
“Dengan adanya Gerakan Sosial Peduli lingkungan adalah salah satu cara masyarakat untuk menjaga kelestarian alam serta, menyelamatkan ekosistem alam. Selain itu dengan terjaganya lingkungan masyarakat secara otomatis akan mempengaruhi kesehatan masyarakat untuk hidup sehat di Salayo,” papar Ivoni Munir, yang diamini Sutan Bahri, anggota DPRD Kabupaten Solok.

Baca Juga :
Bupati Solok Hadiri Pengukuhan Gala Angku Usnadiar Syarif Rajo Panghulu

Disebutkan Ivoni Munir,  saat ini masih ada masyarakat yang bersikap bodoh amat dan tidak peduli dengan lingkungannya.
Selain itu, rasa cuek dan tidak perduli terhadap sampah makanan juga membahayakan lingkungan karena dapat menghasilkan karbondioksida (CO2) dan zat metana yang dapat merusak lapisan ozon.
Disebutkan Ivoni Munir, permasalahan sampah tidak bisa diatasi secara sendiri, partisipasi banyak pihak menjadi kunci dalam mengurangi sampah pangan dengan barbagai cara, di antaranya bijak dalam mengonsumsi makanan, menyimpanan makanan secara tepat serta kreatif dalam mengolah sisa makanan.


“Semoga MPL Salayo ini bisa menjadi pelopor penerapan hidup sehat dan lingkungan bersih untuk masa yang akan datang,” sebut Ivoni Munir(wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.