Turnamen Sepakbola Bupati Solok Cup 2022 Diyakini Akan Berjalan Meriah


KOTO BARU, JNTurnamen Bupati Solok Cup Tahun  2022, diyakini akan berjalan meriah dan menjadi hiburan bagi masyarakat Kabupaten Solok.

“Saya sangat optimis turnamen Bupati Solok Cup tahun 2022 ini akan berjalan meriah dan menjadi ajang adu gengsi bagi pelaku sepak bola antar Kecamatan di Kabupaten Solok,” terang Ketua panitia pelaksana acara, Sofriwandy NR,” saat diwawancarai media ini, Jum’at (21/10/2022).

Disebutkan Sofriwandy, pelaksanaan Bupati Solok Cup 2022 akan digulirksn mulai Jum’at tanggal  4 November 2022 mendatang, di Gelanggang Olahraga (GOR) Tuangku Tabiang di Koto Baru.
Turnamen ini juga akan melibatkan semua SKPD dan Camat hingga Walinagari untuk ikut mensukseskan acara tersebut.
Bahkan kabarnya, saat ini hampir setiap kecamatan di Kabupaten Solok sudah mempersiapkan tim terbaiknya untuk berlaga di Piala Bupati Solok Cup 2022 itu.
Menurutnya, untuk suksesnya pelaksanaan turnamen tersebut, panitia bersama Dinas PUPR, DLH, Satpol PP serta Bagian Umum sudah mulai bekerja membenahi GOR  semenjak awal bulan September 2022 lalu.

“Sebagaimana kita ketahui, GOR batu Batu Batpang ini sudah lama tidak difungsikan. Sehingga terjadi kerusakan hampir disetiap lini. Jadi ketika Bapak Bupati berencana menggelar piala Bupati Solok Cup, saya setuju asal digelar di GOR. Dan ternyata beliau sangat mendukung penuh turnamen ini digelar di GOR, sekaligus untuk menghidupkan GOR  yang selama ini terkesan mati suri,” sebut Wandy yang juga seorang jurnalis pada sebuah Harian ternama di Sumbar itu.
Bak gayung bersambut,  Bupati langsung memerintahkan Bagian Umum sebagai pengeloka GOR untuk segera membenahi GOR dan berkoordinasi dengan dinas terkait, seperti PUPR, DLH dan Dinas Satpol PP dan Damkar.
Bahkan terang Wandy, hampir setiap hari Bagian Umum dibawah komando, Kabag Umum, Indra Mukhsis, bekerja membenahi GOR Batu Batupang.

Meski diakuinya, untuk membenahi lokasi GOR, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bahkan kalau ingin yang lebih resfresentatif, tentu akan menelam dana Miliaran Rupiah. Tetapi menurutnya, saat ini Pemkab Solok melalui Bagian Umum, akan fokus membenahi bagian yang bisa dimanfaatkan untuk menggelar pertandingan resmi saja. Baru kedepannya dibahas yang lain.
“Intinya, sesuai pesan dari Bapak Bupati, kita ingin menghidupkan komplek GOR Batu Batupang untuk menjadi pusat olahraga di Kabupaten Solok, selain sepakbola tentunya,” terang Sofriwandy NR.
Ditambahkan Sofriwandy, yang didampingi Wakil Ketua panitia  Mawardi, Sekretaris Panitia Pelaksana, Miler Krisdoni dan Bendahara, Zulfa Zetya, Pertandingan ini akan memperebutkan piala Bupati yang pesertanya seluruh  kecamatan yang ada di Kabupaten Solok.
“Sesuai arahan Bupati, para pemain yang akan ikut harus asli dari kecamatan setempat dan merupakan hasil seleksi dari pemain dari Nagari serta kelahiran maksimal 1 Januari 2003 atau U19 serta ditambah 3 orang pemain senior,” terang Wandy.

Baca Juga :
Calon Ketua KONI Kota Solok: "Kalau Ada Yang Orie, Kenapa Harus Pilih Yang Palsu"
Sofriwandy NR

Sofriwandy yang tak lain adalah Ketua Harian Askab PSSI dan Sekum Askab Solok itu, juga menjelaskan, bahwa untuk sistemnya kata Sofriwandy dibagi dalam 4 grup denganformat setengah kompetisi.l
“Tim yang berlaga akan dibagi pada 4 grup dengan sistem setengah kompetisi dan juara serta Runner Up Grup akan maju ke putaran perempat final,” sebutnya.
Artinya, Piala Bupati Cup ini akan diikuti oleh seluruh Kecamatan. Jadi para pemainnya bisa ambil pemain-pemain bagus dari beberapa desa atau Nagari untuk mewakili kecamatan. Yang jelas berdomisili di kecamatan itu.

Pihaknya juga mengemukakan, teknis pelaksanaan tingkat kabupaten nantinya akan difinalisasi melalui rapat pemantapan. Namun kemungkinannya, tetap membagi grup dengan sistem setengah kompetisi.

“Fokusnya sekarang peserta di tingkat kecamatan dulu. Alhamdulillah laporan dari koordinator kecamatan masing-masing, sudah akan dijadwalkan tecnical meeting, pada akhir bulan Oktober ini,” terang Wandy.
Rencananya pada pembukaan akan menhadirkan seluruh Tim Kecamatan dan diramaikan dengan hiburan musik dari Dinas Pariwisata, drumd band, tari gelombang dan pelepasan balon ke udara.


“Saya optimis pada saat pembukaan saja akan berjalan meriah, apalagi pelaksanaannya,” tambah Miller Krisdoni, Sekretaris Panitia pelaksana.


Disebutkan Miller, panitia juga sudah membuka Kantor Sekretariat atau berkantor di GOR batu Batupang untuk kelancaran pelaksanaan.
“Karena turnamen ini dibiayai APBD, maka panitia juga merupakan gabungan dari Disdikpora dan umum,” sebut Miller.
“Semua SKPD dan Kecamatan serta Nagari uga sudah siap untuk mensukseskan turnamen Bupati Solok Cup ini,” cetus Miller.
Sebelumnya, Bupati Solok, H. Epyardi Asda, sudah meminta agar GOR bisa ditata dan dirawat, karena selama ini keberadaannya terabaikan. Bahkan di luar dan di dalam GOR sudah sering dijadikan untuk lokasi msksiat dan kriminal.
Banyaknya sorotan masyarakat kepada Gelanggang Olahraga Tuangku Tabiang, Batu Batupang, ini, baik di medsos atau media cetak dan online, yang membuat hati Bupati Solok terenyuh untuk membenahinya.
Untuk penjagaan dan keamanan, GOR, akan ditempatkan anggota Satpol PP di lokasi GOR
Bahkan Bagian umum juga akan memperbaiki saluran listrik, air PDAM, bangku Tribun dan lainnya.
Bupati Solok, H. Epyardi Asda, 
merencana  akan menjadikan GOR untuk titik kumpul penggiat olahraga, baik sepakbola, Bulutangkis, lari, senam dan lainnya.

Baca Juga :
Madra Indriawan:Tidak Akan Ada Lobi Antara Pihak Yang Menolak Musorkab KONI Dengan Kubu Rudi Horizon

“Saat ini kita sudah mulai membenahi dan membersihkan GOR batu Batupang. Kita sudah suruh cek sama bagian terkait, seperti bagian umum dan Dinas PU untuk membenahinya. Tugas wartawanlah nantinya untuk mengawasinya,” sebut H. Eotardi Asda, saat berbincang dengan awak media, dikediaman Bupati Solok di Singkarak belum lama ini (Kominfo/marsil/jn01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.