Tanpa Kategori

TK dan SD Sarbainah Sukarami Gelar Ujian Munaqhasah dan Juga Buka Pendaftaran Murid Baru

×

TK dan SD Sarbainah Sukarami Gelar Ujian Munaqhasah dan Juga Buka Pendaftaran Murid Baru

Sebarkan artikel ini

SUKARAMI, KP – Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar Islam Sarbainah melaksanakan Munaqhasah hafalan perdana bagi 61 siswa/siswi yang lulus seleksi tahap awal mengikuti ujian munaghasah perdana, Minggu (21/5/2023) di Komplek SD Islam Sarbainah Sukarami, Nagari Koto Gaek Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.

Para peserta didampingi langsung oleh orang tua anak. Adapun kegiatan ini di ikuti oleh 61 peserta, yakni 54 siswa/i dari SD Islam Sarbainah & 7 siswa/i dari TK Islam Sarbainah.

Ketua Yayasan Pendidikan Sarbainah, Nelyizzati, ST. S.Pd, mengatakan bahwa kegiatan munaqhasah hafalan ini dilaksanakan merupakan salah satu upaya agar para siswa/i mencintai dan berjuang untuk terus mencintai Al-Qur’an hingga akhir hayat.

“Diharapkan mereka kelak tumbuh menjadi generasi yang lebih baik. Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang berisi firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantaran malaikat Jibril untuk dibaca, dipahami dan diamalkan sebagai petunjuk atau pedoman hidup bagi umat manusia,” katanya.

Selanjutnya guna menguji kualitas hafalan Al-Qur’an para siswa/siswi TK & SD Islam Sarbainah ini, juga diadakan ujian Munaqhashah Al-Qur’an metode Muraja`ah (pengulangan hafalan) yang merupakan ujian tahfiz dengan menghadirkan penguji, atau munaqisy.

Adapun tema yang ditampilkan adalah “Berjuang mencintai Al-Qur’an hingga akhir hayat”.

Metode Murajaah selain menguji kompetensi siswa juga menjadi bukti bahwa satuan Pendidikan mampu melaksanakan Metode Murajaah dalam pembelajaran al-Qur’an.

“Setelah sukses pada gelombang 1 yang insya Allah akan dilaksanakan kembali pada 17 Juni 2023 mendatang
Dalam proses munaqosah tahfidz Al-Qur’an metode Muraja`ah (pengulangan hafalan) part 1 yang diselenggaran di semester genap ini,” ungkapnya.

Sebelum munaqasyah dilaksanakan, seluruh peserta mengikuti pembinaan setiap hari selama 6 bulan, dimana setiap hari dilakukan drill hafalan al-Qur’an oleh dewan guru yang ditugaskan selama 45 menit.

Baca Juga :
Sosialiasi Netralitas ASN Dalam Pelaksanaan Pilkada di Lingkup Pemkab Solok

“Setelah itu, peserta melakukan munaqosyah internal sebagai upaya menjaring dan menseleksi siapa peserta yang sangat pantas mengikuti nantinya. Usaha ini sebagai upaya maksimal, agar saat diuji oleh penguji dari pengurus daerah, anak-anak sudah semakin siap dan lancar,” jelas Nelyizzati.

Saat kegiatan munaqasyah anak-anak digabungkan antara TK & SD lalu dipanggilkan satu persatu, dan kelompok untuk diujikan hafalannya.

“Dan alhamdulillah, apa yang diharapkan tercapai juga. Peserta dari TK & SD Islam Sarbainah lulus 100%,” tuturnya lagi.

Menurur salah seorang Guru, Nike Suhelfa, S.Pd.I mengatakan, bila anak-anak yang paling cepat melaksanakan munaqosyah dan lulus secara baik mereka diharapkan kelak menjadi generasi Al-Qur,an, mencintai dan terus berjuang menyebarkan syiar A-Qur,an.

Ustad Mayunir, S.Ag. S.IQ, selaku penguji tahfidz Al-Qur’an Metode Murajaah juz 30 dan juz 29 mengatakan, Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar. Katanya Munaqosah tahfidz Al-Qur’an Metode Murajaah merupakan evaluasi hasil akhir yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam tahap pembelajaran Al-Qur’an.

“ini merupakan indikator keberhasilan suatu lembaga yang menerapkan metode Murajaah dalam proses pembelajaran Al-Qur’annya di sekolah. Kami pengurus Murajaah (pengulangan hafalan) Bekasi Raya mengucapkan selamat dan sukses kepada TK & SD Islam Sarbainah yang telah mengantarkan siswa/siswinya sampai ke jenjang munaqosah Al-Qur’an kategori tahfidz juz 30 dan juz 29,” tuturnya.

“Semoga kedepan para siswa/siswi TK & SD Islam Sarbainah bisa terus berpacu untuk meraih prestasi yang baik dan semoga para calon pemimpin dunia ini dijadikan oleh Allah SWT sebagai para pemimpin yang benar-benar hafal teksnya, paham artinya dan mampu mengamalkan isinya,” harapnya.

Baca Juga :
Bupati Gusmal Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Sekolah Tatap Muka di Kab. Solok

Terakhir Dewan Pembina Yayasan pendidikan sarbainah Masriwal,M.BG, S.AP disela-sela acara mengatakan bahwa Yayasan Pendidikan saat sekarang sedang menyelesaikan pembangunan mushalla Darul Mubaraqah Sarbainah.

“Seperti yang kita lihat, saat sekarang pembangunan mushalla Darul Mubaraqah Sarbainah belum
di plester dan dicat dan kita juga tengah berupaya membebaskan tanah disamping mushalla yang direncanakan untuk pembangunan tambahan gedung belajar. Namun karena keterbatasan dana, pengurus berupaya untuk terus mencari donatur maupun bantuan dari berbagai pihak baik swasta mapupun dari pemerintah,” sebutnya.

Untuk pembangunan gedung, Pengurus berupaya melakukan pemimjaman ke Bank guna untuk pembiayaan pembangunan. Pengurus pun mengajak para dermawan untuk ikut berinfak, sadaqah, wakaf maupun bantuan lainnya guna melanjutkan pembangunan mushalla yang sedang terbengkalai.

Dan untuk tahun pelajaran 2023/2024 ,TK dan SD Islam Sarbainah menerima kuota peserat didik baru sebanyak 110 orang, terdiri dari 50 orang TK dan SD sebanyak 60 orang.

“Saat ini kita telah membuka pendaftaran itu hingga akhir Juni 2023 nanti,“ ujar Masriwal.

Adapaun fasilitas yang dimiliki, berupa tanah dan gedung milik sendiri dengan lokasi dekat pusat ibukota Kabupaten Solok, memiliki mobil antar jemput. Dan untuk guru dan tenaga pengajar rata-rata mereka adalah sarjana.

“Untuk biaya pendidikan terjangkau,dan mengutamakan kualitas,” ucapnya.

TK Islam Sarbainah, dengan alamat di Komplek Perumnas NGA Tahap II /Depan RSUD Arosuka, Jorong Sukarami, Nagari Koto Gaek Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Dan SD Islam Sarbainah beralamat di Dusun Melati, Jorong Sukarami, Nagari Koto Gaek Guguak, Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, Sumatera Barat.(nof)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *