Duta Wisata Kabupaten Solok Promosikan KBA Tabek Talang Babungo Menuju Pemilihan Uda Uni Sumbar

SOLOK, JN- Pemilihan Uda Uni Sumatera Barat tahun 2022 akan dilaksanakan pada awal bulan November mendatang, rangkaian kegiatan telah dimulai dari akhir September lalu. Perwakilan Kabupaten Solok saat pada tahun yaitu Muhammad Fadillah dari Nagari Alahan Panjang dan Utari Sri Rahmi dari Nagari Talang. Salah satu tugas yang diberikan oleh panitia yaitu membuat video promosi tentang desa wisata.

Terkait dengna tugas ini Ikatan Uda Uni Duta Wisata Kabupaten Solok berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten terkait lokasi yang akan dipilih, karena sangat banyak potensi dan keunggulan desa wisata yang ada di Kabupaten Solok. Setelah diskusi panjang akhirnya kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok Drs. M. Alfajri memutuskan untuk memilih desa wisata KBA Tabek yang berada di Nagari Talang Babungu, Kec. Hiliran Gumanti.

Akhirnya tim yang terdiri dari Uda Uni Kabupaten Solok beserta Bidang Pemasaran dari Dinas Pariwisata Kabupaten Solok melakukan survei lokasi hingga menggali potensi yang akan dipromosikan. Bekerjasama dengan tim photographer dari Nepicture.id tim langsung melakukan pengambilan video untuk bahan promosi. KBA Tabek Talang Babungo ini menjadi projek promosi yang akan dibawakan pada pemilihan Sumatera Barat pada tahun ini dikarenakan pernah mendapatkan bantuan dana CSR dari PT Astra Internasional tbk.

Baca Juga :
Duet Bupati Solok dan Putrinya Serius Mewujudkan Visinya Membangkik Batang Tarandam

Ketika tim sampai dilokasi langsung disambut oleh ketua POKDARWIS KBA Tabek Kasri Satra S.Pd, disini menjelaskan bahwa untuk kategori desa wisata tentunya harus memiliki homestay dan saat ini didesa wisata ini terdapat 40 homestay yang siap untuk menjamu tamu lokal dan mancanegara dengan berbagai tipe dan kelas. Selanjutnya di KBA Tabek ini berdekatan dengan objek wisata Pincuran Puti yang beberapa waktu juga diresmikan oleh Wakil GUbernur Sumatera Barat Audy Joinaldi.

Selain itu potensi ekonomi kreatif sangat berkembang disini mulai dari sirup aren, gula anau (gulau aren), gula semut, gula tebu, batik tulis serta ampiang (emping) dari beras ketan. Untuk pengolahan gula semut KBA Tabek sudah memiliki semi modern dengan alih teknologi pada produksi sehingga kualitasnya lebih seragam. Tidak hanya itu kilangan tebu juga menjadi magnet tersendiri untuk menarik wisatakan, karena selain menggunakan tenaga ternak atau motor penggerak, disini juga menggunakan tenaga manusia untuk penggerak putaran kilangan hal ini tentu dapat membuat kesan tersendiri bagi wisatawan.

Untuk atraksi tidak kalah menarik ketika kami sampai disini terdapat tari piring, silek tradisi serta pupuik tanduak yang masih kami lihat dan nikmati juga. Masih banyak potensi lainnya yang dimiliki oleh KBA Tabek ini terutama dalam pembagian wilayah jorong menjadi 11 zona dimana pembagian ini untuk memudahkan pemetaan dan administrasi juga. Juga terdapat tempat pertemuan Rumah Pintar yang menjadi icon seperti rumah panggung berisi pustaka nagari serta ruang pertemuan dan pelatihan bagi masyarakat sekitar.

Baca Juga :
Polres Solok Akan Gelar Operasi Patuh Hingga Tanggal 26 Juni Tahun 2022

Dengan adanya kolaborasi dari Pokdarwis KBA Tabek, Ikatan Uda Uni Duta Wisata Kabupaten Solok serta Pemerintah Kabupaten projek ini dapat terlaksana dengan maksimal serta mendapatkan nilai positif tidak hanya untuk pemilihan Uda Uni Sumatera Barat juga dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke KBA Tabek ini dan desa-desa wisata lainnya yang berada di Kabupaten Solok***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.