Riak Danau

Bupati Epyardi Asda Ajak Perantau Asal Nagari Kacang Ikut Membangun Nagari

×

Bupati Epyardi Asda Ajak Perantau Asal Nagari Kacang Ikut Membangun Nagari

Sebarkan artikel ini

SOLOK, JN- Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda, M. Mar, Dt. Sutan Majo Lelo, hari Senin (24/4), menghadiri acara silaturrahmi Perantau Nagari Nagari Kacang Pulang Basamo Rang Kacang Badunsanak, bertempat di Lapangan Kantor Walinagari Kacang, Kec. X Koto Singkarak.

Selain Bupati Solok, tampak juga hadir pada acara tersebut Anggota DPR RI Komisi V, Athari Gauthi Ardi, Asisten I ( Drs. Syahrial, MM, Asiten II, Deni Prihatni, ST, MT, para Kepala OPDCamat X Koto Singkarak, Chrismon Darma, unsur Forkopimcam, Walinagari Kacang, Andrian Dt. Rajo Batuah, Ketua Umum Ikatan Keluarga Nagari Kacang (IKKA) Pusat, Fauzi Ella Sliano, Jajaran Pengurus IKKA dan Tokoh Masyarakat Nagari Kacang.

Ketua panitia pelaksana acara, Dr. Irwan Bardan, SpB, dalam laporannya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati Solok karena telah bisa menghadiri Alek Nagari Pulang Basamo 2023 di Nagari Kacang ini.


Hal yang sama juga kepada para perantau yang telah berusaha menyiapkan dan mensukseskan acara ini sehingga dapat berjalan dengan lancar. 

“Dengan adanya acara ini kami harapkan kepada masyarakat yang ada di kacang maupun dirantau untuk menyumbangkan materil maupun pikiran untuk membangun Nagari Kacang ini,” sebut Dr. Irwan Bardan.
Walinagari Kacang, Andrian Dt. Rajo Batuah, menyebutkan bahwa maksud dan tujuan acara ini adalah untuk bisa menjalin kembali silaturahmi yang erat karena dengan ini pembangunan di segala sisi di nagari kacang ini akan terlaksana dengan baik.

“Mari kita bersama sama membangun Nagari Kacang tercinta ini. Dan kami berharap kepada Bapak Bupati serta dengan Ibu Athari untuk membantu membangun Nagari Kacang ini,” sebut Andrian.

Dapat kami laporkan bahwa Pada tahun 2022, kita telah mengusulkan program perpanjangan tiang listrik dari jorong pisang ke nagari bukit kanduang kepada Bapak Bupati dan alhamdulillah pada tahun ini kita telah menekan kontrak dengan PLN kabupaten Solok dan akan segera di bangun dan Insya allah ada 6 kegiatan lagi yang akan kita laksanakan di nagari kacang ini.
Pihaknya juga memohon kepada Bapak Bupati untuk melakukan pengerasan jalan yang dibuka oleh excavator sepanjang 6 km dari simpang Kayu Pangkat menuju Rimbo Taji.

Baca Juga :
Bupati Epyardi Asda Buka Singkarak Fun Camp & Launching Calendar Of Even 2023

Sementara Ketua IKKA Pusat, Fauzi Ella Silano dalam sambutannya pertama Kami selalu pimpinan IKKA pusat menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 h, mohon maaf lahir dan batin- kami juga mengucapkan selamat datang kepada Bupati Solok dan kepada seluruh kelurga IKKA yang tersebar di suruh indonesia di Nagari Kacang yang kita cintai ini. 
“Kegiatan Pulang Basamo ini merupakan program kerja IKKA yang dilaksanakan 3 tahun sekali- semoga pulang basamo tahun ini menjadi tonggak sejarah bagi kemajuan antara rantau dan nagari kacang ini” terang Fauzi Ella.


Sambutan Anggota DPR RI Komisi V, Athari Gauthi Ardi, juga mengucapkan Alhamdulillah pada hari ini kita dapat berkumpul di nagari kacang ini dalam rangka menghadiri acara Alek Nagari Pulang Basamo 2023 di Nagari Kacang.
“Kami mengucapkam selamat datang kepada para perantau, keluarga besar IKKA seluruh Indonesia di Nagari Kacang ini,” tutur Athari.


Diharapkan para perantau di Nagari Kacang ini bisa peduli terhadap perkembangan dan  pembangunan di Nagari ini.
“Untuk pembangunan di kabupaten solok ini, saya dari Komisi V setiap tahun memberikan anggaran Ratusan Milyar untuk pembangunan fisik di kabupaten Solok,” ucap Athari.

Baca Juga :
Masih Banyak Nagari Di Kabupaten Solok Yang Masih Tertinggal

Pihaknya bersama dengan Bapak Bupati akan terus memperjuangakan Kabupaten Solok agar pembangunan di kabupaten solok ini makin banyak
“Dapat saya sampaikan  juga bahwa kami di Komisi V DPR RI telah merivisi Undang Undang nomer 38 Tahun 2004 menjadi Undang Undang Baru nomor 2 tahun 2022, tentang Pembangunan Jalan Daerah, sehingga APBN Pusat bisa digunakan untuk pembanguna jalan untuk Kabupaten atau Kota,” papar Athari.

Sementara Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda, Dt. Sutan Majo Lelo, M. Mar dalam arahannya juga mengucapkan Alhamdulillah pada hari ini kita bisa berkumpul disini bertemu dengan dunsanak dunsanak kita dari rantau di Nagari Kacang ini.

Menurut Bupati, acara pulang basamo ini merupakan hal yang lumrah dilaksanakan di kabupaten Solok ini, karena hampir setiap tahun para perantau pulang ke kampungnya.
Acara pulang basamo ini juga bertujuan untuk saling menukar pikiran guna pembangunan dinagari kita masing masing.


“Atas nama Bupati Solok saya meminta bantuan kepada para perantau kabupaten Solok untuk membantu membangun nagari kita di kabupaten Solok, karena pembangunan di kabupaten Solok ini tidak cukup hanya dengan mengandalkan APBD Kabupaten Solok saja,” jelas  H. Epyardi Asda.

Insya Allah usulan dari setiap nagari itu akan diperjuangkan dengan sungguh sungguh, karna saya menganut prinsip anggaran berbasis kebutuhan rakyat, setiap sen duit rakyat akan saya berikan kembali kepada rakyat guna melakukan pembangunan.


Usulan-usulan dari masyarakat akan menjadi acuan bagi saya untuk memberikan APBD guna pembangunan di Nagari Nagari ini (wandy/vivo/marsil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *