Politik

Sudah Saatnya Kaum Perempuan dan Generasi Muda Ikut Berperan Memimpin Negeri Ini

×

Sudah Saatnya Kaum Perempuan dan Generasi Muda Ikut Berperan Memimpin Negeri Ini

Sebarkan artikel ini

SOLOK, JN-

Sebagai generasi penerus bangsa, anak muda dan perempuan dituntut perannya untuk ikut ambil bagian dalam mengisi kemerdekaan dan ikut berjuang membangun bangsa yang kita cintai ini.



“Kaum perempuan, selama ini masih dianggap belum mampu untuk menjadi pemimpin. Anggapan itu seharusnya kita kesampingkan, sebab banyak kaum perempuan yang mampu, tetapi tidak diberi kesempatan,” jelas Leni Perwita, salah seorang Caleg Perempuan yang ikut mencaleg dari Partai NasDem, untuk Dapil Kabupaten Solok 1, Senin (4/9).

Leni maju di Dapil 1 Kabupaten Solok yang meliputi Kecamatan Gunung Talang dan Danau Kembar. 
Leni Perwita atau akrab dipanggil Undu tersebut, selama ini aktif di kegiatan sosial kemasyarakatan seperti Tagana, Bundo Kanduang Nagari Air Batumbuk dan kegiatan sosial lainnya.

Leni Perwita juga didaulat sebagai salah seorang Bakal Calon Anggota Dewan (BCAD) Muda dari Partai NasDem Kabupaten Solok, asal Nagari Air Batumbuk itu, juga menyebutkan bahwa bahwa kalau tidak sekarang kita belajar, ya kapan lagi.


“Kita harus berani dan saatnya memperlihatkan potensi diri kita dan kita harus ikut membangun negeri ini. Sebagai anak muda, kita tidak boleh menutup diri tentang kondisi bangsa dan saatnya kita bangkit,” jelas Leni Perwita.

Baca Juga :
Partai PAN, Golkar dan Nasdem  Akan Jadi Pimpinan DPRD Kabupaten Solok 2024-2029

Kepada media ini, Leni mengaku bahwa selama ini potensi yang ada pada diri generasi muda, belum dimanfaatkan secara optimial oleh bangsa ini. “Kami kaum wanita, bukannya tidak bisa menyumbang sumbangsih pemikiran buat bangsa ini, namun kami belum diberi kesempatan saja,” jelas Leni Perwita.

Pemuda dan pemudi selain sebagai generasi penerus, juga sebagai generasi pengganti generasi tua atau istilahnya Istibdaal Al-Ajyaal. Peran perempuan dan pemuda sangat penting bagi sebuah bangsa. Sehingga, pemuda harus memanfaatkan potensi dirinya untuk membangun bangsa dan harus menjahui diri dari hal-hal yang tidak bermanfaat. 
“Kalau kita ingin mengubah kemungkaran dengan tangan kita, setidaknya kita harus memiliki power dan saya ingin generasi muda dan wanita kita bangkit. Kalau tidak sekarang ya kapan lagi,” jelas Leni Perwita.

Hal yang sama juga disampaikan Toni Devisa, juga dari Partai NasDem, yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi Cabang, DPC Partai NasDem Kabupaten Bumi Penghasil Bareh tanamo itu.


Sebagai orang baru di politik, Toni juga tidak sungkam-sungkam belajar dan bertanya kepada para seniornya.
“Kita ingin generasi muda tampil di parlemen untuk merubah negeri ini kearah yang lebih baik. Tidak semua anak muda itu tidak sanggup, selama ini kami hanya belum diberi kesempatan saja,” ucap Toni.
Selain Toni, ada nama, anak muda dari Partai NasDen yang juga didaulat calon kuat menjadi anggota DPRD Kabupaten Solok, yakni Rinto Sinapa, asal Nagari Jawi-Jawi Guguak.

Baca Juga :
Disiarkan TVRI Padang: KPU Kabupaten Solok Akan Gelar Debat Paslon Tanggal 1 Desember 2020



Disebutkan Rinto, para pemuda dan pemudi adalah penerus tongkat estafet kepemimpinan sebuah bangsa, baik atau buruknya negara ini kedepannya, terletak pada generasi sekarang.



Saat ini, baik Leni, Toni dan Rinto, tampak sibuk mencari dukungan dan berbuat untuk nagari, khususnya di  Kecamatan Gunung Talang dan Danau Kembar

Semangat dan harapan pemuda dan pemudi itu, mendapat dukungan dari Ketua DPC NasDem Kabupaten Solok, H. Armen Pelani.


Menurut Armen Pelani, Kabupaten Solok dan Indonesia butuh generasi tangguh seperti Leni, Rinto dan Toni. “Saya sangat mendukung kegigihan dan semangat ketiganya. Saya juga malah yakin kalau mereka akan lolos dan bisa duduk di gedung dewan Kabupaten Solok priode 2024-2029 sebagai generasi muda dan harapan dari Dapil 1 Kabupaten Solok.,” sebutnya. (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *