Kisah

Pejuang Nagari Itu Kandidat Terkuat PAN Kabupaten Solok

×

Pejuang Nagari Itu Kandidat Terkuat PAN Kabupaten Solok

Sebarkan artikel ini

Pandangan sejumlah walinagari sosoknya layak disebut sebagai seorang pejuang nagari. Prediksi tokoh masyarakat dua kecamatan Gunung Talang dan Danau Kembar itu, nama cukup santer menjadi perbincangan politik saat ini. Bahkan teka teki politisi di daerah itu, ia termasuk kandidat terkuat dari enam calon lainnya partai PAN Dapil 1 Kabupaten Solok. Dialah Syamsul Azwar Ketum Forwana Kab Solok 2013-2023. Benarkah? Mari ikuti penelusuran tim jarbat news

Perjalanan karir Syamsul Azwar bukanlah didapatkannya secara instan, melainkan melalui proses yang berliku dengan titian karir yang cukup berjenjang. Mulai dari tangga terbawah hingga memimpin di nagari. Lebih dari dua dasa warsa (20 tahun) telah menanamkan investasi sosial di tengah masyarakat.

Ia mengawali karir organisasinya sebagai Ketua Karang Taruna Silasih Raya pada tahun 2000-an. Karirnya Nagari Batang Barus terus meningkat, dipercaya Kepala Jorong Lubuk Selasih, Anggota BMN, Ketua LPMN hinga dua periode sebagai Walinagari Batang Barus. Hebatnya, ia juga mencintai dunia jurnalistik, sebagai seorang jurnalis muda ia pernah dinobatkan sebagai penulis terbaik versi tabloid di Kabupaten Solok, diantaranya pada lomba karya tulis festival Singkarak Danau Kembar 2007 dan penulisan se-abad usia Kabupaten Solok 2013.

Ketekunannya melakoni dunia jurnalistik tak menghambatnya untuk kegiatan di nagari, ia juga telah berhasil mendapakan sertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dari Dewan Pers sebagai seorang wartawan muda tahun 2015. Ratusan, bahkan ribuan karyanya sejak tahun 2000-an telah menghiasi daerah dalam menyebarluaskan informasi dan mencerdaskan anak bangsa.

Ia terbilang sosok yang bisa membagi waktu antara menjalanlan profesi kewartawanan dan pegabdian di tanah kelahirannya. Investasi sosial yang telah ditanamkan selama kurun waktu lebih dua puluh tahun itu menjadi modal kuatnya di panggung politik. Sosoknya tak asing lagi bagi tokoh tokoh di dua kecamatan tersebut.

Titian karir berjenjang dari Ketua Karang Taruna, Kepala Jorong Lubuk Selasih, Anggota Badan Permusyawaratan Nagari (BPN), Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Nagari (LPMN), puncaknya menjadi salah satu bukti kepercayaan masyarakat di Nagari berpenduduk hampir sepuluh ribu, ia diberikan amanah dan kepercayaansebagai Walinagari Batang Barus dua periode. Tak hanya sampai disitu para walinagari se Kabupaten Solok juga memberukan penghormatan sebagai Ketum Forwana 2013-2023.

Sertijab walinagari Batang Barus dari Syamsul Azwar ke Syafrianton

Pasca diserahkan estafet kepemimpinan Forwana beberapa waktu yang lalu, para walinagari juga merasa kehilangan sosoknya, terutuma sekali walinagari yang telah menjabat dua dan tiga periode. Saat terjadinya transisi regulasi dari Pemerintah Nagari/Desa, kepemimpinan Syamsul Azwar di tubuh Forwana dinilai telah mampu menebarkan angin segar dan perobahan yang baik untuk pemerintah nagari.

Kiprahnya tak hanya di Kabupaten, bersama kawan kawan APDESI dan PAPDESI selalu berjuang berjuang bersama kepala desa dibrepublik ini, ia juga diberikan kepercayaan sebagai KETUA DPD APDESI 2014-2022 dan Sekjen PAPDES Sumbar 2022 hingga saat ini. Ia telah berjuang untuk nagari dari daerah hingga ke pemerinta pusat. Hal tersebut diungkapkan oleh Zofrawandi Walinagari Indudur yang telah menjabat selama tiga perode. Kini Zofrawandi penerima tanggungjawag sebagai penerus pimpinan Forwana Kab. Solok 2023-2026.

Baca Juga :
Muhammad Habib Alfathani Anak Yang Hilang Akhirnya Ditemukan di Sumani

“Kami juga sangat merasa kehilangan sosok Syamsul Azwar, selain ia pandai bergaul dan tergolong sosok yang bijak dalam memimpin. Banyak hal baik untuk nagari dan daerah ini yang telah dilakukan bersama para pengurus Forwana selama ini. Hasilnya sudah dinikmati walinagari dan perangkat di Kabupaten Solok, besarana penerimaan aparatur termasuk tertinggi di Sumatera Barat. Bagi kami Syamsul Azwar sangat layak dan sangat memantaskan bila kami sebut ia sebagai pejuang nagari dari bumi Kabupaten Solok ini, ” kata Zofrawandi yang terbilang sagabat dekat dan sama sama ikut berjuang untuk kepentingan nagari dan membesarkan Forwana.

Ungkapan senada juga terlontar dari mulut Laswir Malin Putiah Walinagari Jawi Jawi yang telah mengakhiri jabatan dua periodenya. Kepemimpinan Laswir juga banyak menoreh prestasi, seperti kampuang budaya, duta lomba lomba nagari di tingkat propinsi. Ia mengemukakan, dua belas tahun memimpin nagari, sepuluh tahun telah bersama Ketum Forwana Syamsul Azwar suka dan duka telah dilalui dalam memperjuangkan kepentingan Pemerintah Nagari di Kabupaten Solok. Bahkan selama memimpin, kami berdua telah mampu merobah Indeks Desa Membangun (IDM), merobah status dari sangat maju menjadi nagari mandiri di penghujung pengabdian tahun ini.

Lebih detail Laswir menjelaskan sebelum keluar UU Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa yang mulai diaplikasikan tahun 2015, kondisi keuangan nagari cukup memprihatinkan, betul betul dituntut pegabdian kita. Seiring pertumbuhan regulasi itu Forwana memiliki peran yang amat penting dalam memperjuangkan kepentingan dan kebutuhan nagari.

“Perjuangan itu tidak hanya semata di daerah, sampai ke pusat Ketum Syamsul Azwar termasuk sosok yang orator, mampu berkomunikasi dan beragumentasi yang baik dengan semua pihak. Sampai penyaluran alokasi dana nagari terus meningkat dari tahun ke tahun, ini sangat dirasakan oleh walinagari dan perangkat seluruh nagari, terutama sekali dalam mengankat harkat martabat nagari dan kesejahteraan aparatur yang terus membaik. termasuk pencaiaran dana cepat dan tepat waktu, bila sebelumnya tunjungan diterima sekali tiga sampai enam bulan, ” terang Laswir Malin Putiah.

Ditambahkannya, begitulah perjuangan Forwana dari tahun 2015, bisa kita saksikan dan lihat di media sosial daerah lain masih saja terjadi permasalahan penerimaan penghasilkan Kepala Desa yang masih belum teratur, beberapa bulan lalu teman teman perangkat di Pesisir Selatan menggelar orasi kerena belum menerima tunjangan beberapa bulan. Isya Allah di Kabupaten Solok perjalanan roda pemerintah nagari masih stabil dan penerimaan tunjungan terbilang baik dan teratur.

“Ini tak bisa dilepaskan dan kita lupakan saja buah perjuangan Ketum Forwana dan kawan kawan lainnya. Ia selalu ada waktu untuk mengurus forum. Bahkan tahun 2015 ia pun rela pakai dana pribadi untuk kepentingan bersama berjuang ke pusat. Tak bisa kita pungkiri, ini sebuah kenyataan, meski Syamsul Azwar terbilang muda usianya dari saya, namun sangat layak kami para walinagari dan perangkat menyebutbya sebagai pejuang nagari di Kabupaten Solok, ” ujar Laswir didampingi Walinagari Gaung Rizal Idzeko dan Saok Laweh Irwin Saputra dan walinagari lainnya di Kantin Komplek Kantor bupati Solok pekan kemarin.

Baca Juga :
Bupati Gusmal Kagum Dengan Elmiza Guru SMA Kubung Yang Jual Rumah Untuk Membangun Masjid

Barangkalai bila diuraikan catatan prestasi Syamsul Azwar amatlah panjang, dimana organisasi dipimpin, disitu ada prestasi yang diraih, perjalanan tim jarbat news telah manapaki sepuluh nagari di wilayah Kecamatan Gunung Talang dan Danau Kembar, rata rata para tokoh yang ditemui dikenal dan mengenal sosok satu ini. Banyak pihak memprediksikan untuk Dapil 1 dari Parta PAN Syamsul Azwar dinilai yang paling kuat. Meski terkesan sebuah seloroh, salah seorang tokoh danau kembar memberikan pesan agar Syamsul Azwar untuk menyiapkan jas.

“Untuk Walinagari Batang Barus yang maju dari partai PAN, suruh aja dia untuk menjahit jas, rata rata percakapan politik para tokoh ia terkuat dan memiliki pergaulan dan hubungan emosional yang baik di dua kecamatan ini, ” ujar salah seorang tokoh politik Danau Kembar yang enggan untuk dituliskan nama dan identitasnya.

Selain ia telah dikenal dan mengenal masyarakat, berbekal Investasi sosial yang telah ditanamkan telah menjadi indaktor atau modal yang besar baginya mendaptkan simpati dan dukungan yang tinggi dari masyarakat. Terutama sekali Nagari Batang Barus. Ditambah lagi sosoknya yang selalu tersenyum dan terbilang sangat pandai dalam bergaul dengan semua kalangan. Ini akan sulit di kalahkan oleh rival rival politiknya. Ia sudah teruji dalam memimpi dan melahirkan karya karya nyatanya di nagari yang dipimpinnya.

Pantauan jarbat news dikalangan pemilih cerdas di lingkup Pemerintahan Kabupaten Solok, selain diprediksikan kandidat kuat, Syamsul Azwar juga telah dikenal dan dinilai mampu membangun komikasi dan bergaul baik dengan para Aparatur Sipil Negara (ASN). ia bergaul tak pandang bulu. Mulai dari staf biasa hingga pejabat tingginya mengenal sosoknya, terutama di Dapil 1 Kab. Solok.

Pendapat dari kelompok kelompok pemilih cerdas, sosok Syamsul Azwar dinilai dan diyakini akan mampu membawa aspirasi rakyat diparlemen Kabupaten Solok nantinya. Selain itu, perannya akan mampu membangun kemitraan yang padu antara pemerintah daerah dan legislatif dalam mewujudkan visi misi daerah. Sebab ia telah memiliki segudang ilmu dan kematangan pengalaman, baik di tubuh pemerintah, maupun di tengah masyarakat dengan kesabaran yang telah teruji.

Tak salah rasanya penilaian banyak orang, selain memiliki karakter dan pergaulan yang bagus, ia pun termasuk tokoh muda, berpengalaman serta telah teruji dengan karya karya. Sehingga harkat dan martabat nagari yang dipimpinnya selama ini tak bisa dipandang sebelah mata. Tak salah bila banyak pendapat politisi di Kabupaten Solok, selain memberikan doa doanya juga diprediksikan Syamsul Azwar sebagai salah satu sosok yang akan duduk di kursi parlemen yang sedang dalam perebutan saat ini. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *