Sosial

Masyarakat Jaro Batu Bergoro Membantu Korban Kebakaran Yang Menghanguskan Dua Unit Rumah

×

Masyarakat Jaro Batu Bergoro Membantu Korban Kebakaran Yang Menghanguskan Dua Unit Rumah

Sebarkan artikel ini

SOLOK, JN- Masyarakat di Dusun Jaro Batu, Jorong Pakan Jumat, Nagari Jawi-Jawi Guguak, Kec. Gunung Talang, Kabupaten Solok,hari Selasa (18/7), bergoro membantu korban yang rumahnya ludes dilalap sijago merah, pada Minggu sore (16/7) lalu.


Goro tersebut diikuti tua muda, laki dan perempuan guna membersihkan sisa kebakaran dan membangun sementara rumah darurat untuk kedua Kepala Keluarga.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, musibah kebakaran tersebut menimpa Dua unit rumah milik Yuang Itam/Ngah Anih (80) dan Topik/ Iyel  (40) warga Jalan Mata Air, Jaro Batu, Jorong Pakan Jumat, Nagari Jawi-Jawi Guguak.
Seain menghanguskan dua unit rumah, musibah kebakaran juga menghanguskan dua unit sepeda motor dan semua surat-surat berharharga milik dua Kepala Keluarga. Beruntung, musibah kebakaran tersebut tidak sampai menelam korban jiwa. Peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 15.30 Wib.

Baca Juga :
Sat Lantas Polres Solok Kembali Bagi Sembako Kepada Sopir Angkot dan Masyarakat

Saat kejadian, warga sekitar berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Sementara itu, dua unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemkab Solok, baru datang sekitar pukul 16.30 Wib, dan dua unit rumah sudah rata dengan tanah.

Seorang warga setempat, Yun Jarbat menceritakan bagaimana warga berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya begitu melihat kobaran api melalap rumah milik Yuang Itam dan Topik.


“Dugaan sementara api berasal dari api unggul yang berada di belakang rumah Mak Yuang Itam,” terang Yun Jarbat.
Saat kejadian, pemilik rumah Yuang Itam sedang berada di depan rumah dan isterinya Anih sedang menggiling cabe. Sementara cucunya sedang pergi mandi.Sedangkan penghuni lain sedang sibuk bekerja di ladang dan di sawah.
Petugas dari Polsek dan Kepala Jorong Pakan Jumat, Armitos dan perangkat Nagari turut hadir di lokasi kebakaran, membantu memadamkan api, mengevakuasi penghuni rumah.

Baca Juga :
Jarwo Dengan Berat 850 Kg Akan Dikurbankan Oleh Bupati Solok Pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah


“Kita bergoro agar rumah saudara kita bisa dibangun kembali,” sebut Anti (38), warga setempat, yang diamini warga lainnya.
Selain hari Selasa, pada Senin sebelumnya masyarakat juga sudah melakukan goro dan ada juga yang memberi sumbangan pakaian dan uang.


Dinas Sosial Kabupaten Solok, melalui Kadis Syaufitri juga sudah mendatangi lokasi dan memberi bantuan sembako dan selimut, dengan didampingi perangkat nagari setempat  (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *