Tanpa Kategori

Sekda Medison Buka Pelatihan dan Ujian Kompetensi Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah


SOLOK, JN–
Pemerintah Kabupaten Solok melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), hari Selasa (27/2), menggelar kegiatan Pendidikan Pelatihan dan Ujian Kompetensi Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Level 1, bertempat di the ZHM Premiere Hotel Padang.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Solok yang diwakili oleh Sekda Medison, S. Sos, M. Si
Dalam laporannya, Kepala BKPSDM Kabupaten Solok Afrialdi, SE. MM menyatakan bahwa Diklat dan Ujian Kompetensi Sertifikasi Pengadaan Barang /Jasa Pemerintah Level 1 ini  dilaksanakan secara Blended Learning. Kegiatan ini diikuti sebanyak 30 orang peserta yang berasal dari PA dan KPA OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok yang tahapan pembelajaran dimulai dengan e-Learning dari tanggal 5  s/d  21 Februari 2024, Tatap muka tanggal  26 s/d 28 Februari 2024 dan Ujian Sertifikasi pada tanggal 29 Februari 2024 di Padang. Pelatihan dan ujian sertifikasi tersebut bekerja sama dengan Lembaga Pusat Pendidikan Nasional.
Kegiatan Diklat ini juga diharapkan dapat menambah jumlah ASN yang memiliki sertifikat pengadaan barang dan jasa Pemerintah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok.


Sekda Kabupaten Solok Medison, S. Sos, M.SI pada kesempatan itu mengatakan bahwa pengadaan barang dan jasa Pemerintah yang baik merupakan awal yang baik dari pembangunan di negara ini. “Keberhasilan pengadaan barang/jasa dapat meningkatkan efisiensi penggunaan uang Negara untuk menekan kebocoran anggaran, serta mewujudkan pemerintahan yang bersih, bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme,”
“Oleh karena itu, praktek pengadaan barang dan jasa pemerintahharus mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius dari pemerintah termasuk Pemerintah Kabupaten Solok,” sebut Medison
Ditambahkan Sekda, Pemkab Solok mendukung penuh agar proses pengadaan barang dan jasa pemerintah dapat berlangsung lebih efektif dan efisien serta mengutamakan penerapan prinsip-prinsip persaingan usaha yang sehat, transparan, terbuka, dan adil bagi semua pihak dantentunya dapat dipertanggungjawabkan.
“Ada banyak faktor yang memiliki peranan penting dalam pengadaan barang/jasa ini, salah satunya adalah SDM pengelola pengadaan barang/jasa yang berkompeten dan profesional,” papar Medison.
Dalam rangka peningkatan kompetensi dan profesionalisme SDM pengelola barang/jasa, Pemerintah Kabupaten Solok melalui BKPSDM Kabupaten Solok dan bekerja sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan Pusat Diklat Nasional (Pusdiknas), memfasilitasi ASN Kabupaten Solok dengan menyelenggarakan Diklat dan ujian pengadaan barang / jasa ini.
Kegiatan Diklat dan ujian ini diharapkan dapat membekali para Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya di Kabupaten Solok untuk dapat melakukan proses pengadaan barang dan jasa pemerintah yang benar dan sesuai dengan aturan yang berlaku.


“Kami mengharapkan peserta bisa mengikuti giat ini dengan baik dan materi yang disampaikan dapat terserap dengan baik,” sebut Medison (wandy/resty)

Exit mobile version