PolitikSolok Raya

Bupati Solok, H. Epyardi Asda Terima Kunjungan Komisi V DPR RI dan Kementrian PUPR

SOLOK, JN-

Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda Dt. Sutan Majo Lelo, M.Mar, hari Kamis (22/6), menyambut kedatangan Rombongan Komisi V DPR RI dan Direktur Sungai & Pantai Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementrian PUPR, Bob Arthur Lombogia di Kabupaten Solok.

Tampak Hadir mendampingi Bupati Solok  yakni Sekretaris Daerah Medison, S.Sos, M.Si, Asisten II Deni Prihatni, ST, MT, Kepala Dinas PUPR Evia Vivi Fortuna, ST, MT, Kepala OPD Terkait, Camat Se-Kabupaten Solok dan Walinagari Se-Kabupaten Solok


Sementara dari Pusat tampak hadir  Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V Muhammad Dian Al Makru,  Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumatera Barat Thabrani.

Kedatangan 14 Orang Rombongan Komisi V DPR RI disambut langsung oleh Bupati Solok di Kawasan Normalisasi Sungai Batang Lembang yang bertempat di Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung.

Normalisasi Batang Lembang Merupakan Program Pemerintah Pusat Melalui Komisi V DPR RI dalam rangka Pengendalian Banjir Batang Lembang yang mengaliri Tiga Kabupaten/Kota di Sumatera Barat yakni Kab. Solok, Kab. Solok Selatan, dan Kota Solok. Program ini telah berjalan semenjak tahun 2018 dan telah berhasil menormalisasi 5 Titik dimana 4 Titik berada di Kota Solok dan 1 Titik Berada di Kab. Solok yang bertempat di Nagari Koto Baru Kec. Kubung.

Pembangunan Bendungan Normalisasi di Nagari Koto Baru ini dapat terlaksana pada tahun 2022, Melalui Usaha Bupati Solok bersama Walinagari dan Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan dukungan Anggota DPR RI Komisi V Athari Gauthi Ardi memberikan usulan ke Pemerintah Pusat.
“Setelah 2021 saya menjadi Bupati, lalu saya usulkan proposal dan didukung oleh kawan-kawan Komisi V, Alhamdulillah saat ini semua dapat terlaksana” ujar H. Epyardi Asda .

Anggota DPR RI Komisi V Athari Gauthi Ardi Mennyampaikan bahwa Normalisasi Batang Lembang ini dilaksanakan pada dua titik yakni di Nagari Koto Baru dan Nagari Selayo dengan total anggaran 19.5 milyar dan telah diusulkan pada tahun 2021 namun baru dapat berjalan pada tahun 2022. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa masih ada beberapa titik yang perlu dinormalisasi karena aliran Batang Lembang ini cukup panjang yakni melalui tiga Kabupaten/Kota, untuk itu tentu ditahun 2024 akan diusulkan kembali.

Selanjutnya Terkait Fly Over Sitinjau Lauik Athari Gauthi Ardi menyampaikan bahwa pembangunan ini telah diusulkan pada tahun 2019, dan setelah ditinjau bersama Menteri PUPR maka Fly Over ini akan dapat terlaksana, namun perlu beberapa proses yang perlu di lalui.

Kepal BPJN Sumbar Thabrani turut menambahkan bahwa Terkait Fly Over ini telah melalui tahap evaluasi dan kajian teknis serta evaluasi pembiayaan, dalam perencanaannya pembangunan ini akan dapat berjalan pada tahun 2024 mendatang.
Selanjutnya Bupati Solok mengajak Rombongan Komisi V DPR RI berkunjung di Kawasan Wisata Bukit Chambai, Nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti.

 Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda,
atas nama kepala daerah kami mengucapkan selamat datang di Kabupaten Solok.

Komisi V merupakan Komisi yang di dambakan oleh Kepala Daerah maupun Rakyat, karena sesuai pemikiran Presiden kita bahwa infrastruktur merupakan kebutuhan dasar sebuah negara untuk menuju kejayaan yang lebih baik, maka dari itu atas nama kepala daerah saya mengucpkan terimakasih atas kunjungan Komisi V DPR RI.

“Harapan kami dengan adanya kunjungan ini Bapak/Ibu Anggota Komisi V DPR RI dapat melihat sendiri apa yang dibutuhkan oleh Rakyat,” sebut H. Epyardi Asda.

Pemerintah Kabupaten Solok menganut Prinsip Anggaran Berbasis Kebutuhan Rakyat yang kita dengarkan melalui Musrenbang maupun dalam Kunjungan ke Daerah.

Usulan Persatuan Walinagari se-Kabupaten Solok Kepada Kementrian PUPR bahwa Pembenahan Saluran Irigasi Bandar Lawas menjadi Irigasi Skala Nasional, dimana ini akan berpengaruh pada sektor Pertanian, Perikanan dan Peternakan di Kabupaten Solok.

 Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebelumnya kami sudah melihat Normalisasi Sungai Batang Lembang, dan kita lihat Progresnya cukup baik serta telah diselesaikan.

“Semoga Program seperti ini bisa terus kita lanjutkan tidak hanya di Kabupaten Solok namun juga di seluruh Kabupaten di Sumatera Barat,” terang Muhammad Iqbal.

Sambutan Anggota Komisi V DPR RI Athari Gauthi Ardi bahwa kami mengucapkan terimakasih dan Apresiasi untuk teman-teman di Komisi V telah berkenan hadir mengunjungi Kampung Halaman Saya di Kabupaten Solok.

“Program di Komisi V ini juga dilakukan secara bersama-sama, tentu usulan-usulan yang saya berikan didukung dan dibantu oleh teman-teman di Komisi V,” terang Athari Gauthi Ardi.

 Sebelumnya kita telah mengunjungi kawasan Normalisasi Batang Lembang, Alhamdulillah saya senang sekali karena telah didukung oleh seluruh stakeholder nya, baik itu dari pemerintah daerah maupun pemerintah desa

Acara dilanjutkan dengan Pertukaran Cederamata oleh Pemerintah Kabupaten Solok dan Komisi V DPR RI


Selanjutnya Bupati Solok mengajak Komisi V DPR RI bersama Kementrian PUPR meninjau Lokasi Sitinjau Lauik (wandy)

Exit mobile version