Riak Danau

Epyardi Asda: Event Sumarak Salingka Danau Diharapkan Bisa Pancing Wisatawan Datang ke Kabupaten Solok


SOLOK, JN-
Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar Dt Sutan Majo Lelo, hari Sabtu, 28 Oktober 2023, membuka secara resmi Sumarak Salingka Danau Tahun 2023, bertempat di Dermaga Danau Singkarak.


Selain Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, tampak hadir Adiyatama Direktorat Event Daerah Kementrian Parekraf RI, Joko SuhartonoUnsur Forkopimda, Pimpinan DPRD Kab. Solok, Sekretaris Daerah, Medison, S.Sos, M.Si, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten dan Kepala OPD, Kepala BUMN dan BUMD se-Kabupaten Solok, Tokoh-Tokoh Masyarakat Kabupaten Solok, Ketua Organisasi Wanita se-Kabupaten Solok, Camat se-Kabupaten Solok,  Walinagari se-Kabupaten Solok, Ketua Penggiat Wisata se- Kabupaten Solok.

Sebelumnya Pada Tanggal 26 s.d 27 Oktober 202,  Event Sumarak Salingka Danau telah diisi dengan beberapa rangkaian Kegiatan dan Perlombaan seperti  Lomba Hymne Bundo Kanduang,  Lomba Mencari Pensi, Silahturahmi dan Camp Seni, dan Penampilan Paket Seni dan Tradisi dari Kabupaten/Kota di Luar Kab. Solok.

 Selan itu juga digelar beberapa kegiatan diantaranya,- Pameran UMKM, Ekraf, dan Pokdarwis- Pameran Lukisan Lapiak Pandan- Festival Lauak dan Jajanan Tempo Dulu- Grand Final Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Solok- Launching Bujang Jo Gadih Kabupaten Solok.

Mengawali Pembukaan, Bupati Solok bersama seluruh tamu undangan Disambut dengan Penampilan Tari Pasambahan yang dibawakan oleh Sanggar Suluah Galanggang Nagari Koto Baru.

Ketua Panitia oleh Kepala Disparbud Kab. Solok, Armen, dalam laporannya menyebutkan bahwa Event Sudah diselenggarakan mulai tanggal 26 Oktober 2023 dan berakhir pada 29 Oktober 2023.

Tujuan dariEvent ini sebagai ajang Promosi Wisata dan Budaya Tradisional Kabupaten Solok yang Indah serta Kuliner Kabupaten Solok.
Untuk selanjutnya Event ini akan disebut dengan Festival Lima Danau yang mana Kegiatan ini telah masuk 10 besar di Provinsi serta telah lulus seleksi administrasi di tingkat Nasional
– Untuk itu mohon Doa dan Dukungan kita bersama agar Event ini dapat ditetapkan sebagai Event Nasional.

Sambutan Adiyatama Direktorat Event Daerah Kementrian Parekraf RI, Joko Suhartono, bahwa pihaknya memberi Apresiasi dan ucapan selamat kami sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Solok, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, serta seluruh pihak yang telah berkolaborasi dalam mensukseskan acara Sumarak Salingka Danau Tahun 2023.

“Kabupaten Solok yang dikenal dengan banyak potensi tidak hanya dari segi Pertanian dan Holtikultura namun juga dengan keindahan Destinasi Wisata yang mempesona serta ragan seni dan budaya,” sebut Joko Suhartono.
Pengembangan potensi ini selanjutnya perlu didorong dengan Promosi salah satunya ialah dengan penyelenggaran Event yang berkualitas.

“Kemenparekraf sangat mendukung penyelenggaraan Event Sumarak Salingka Danau dengan menyajikan beragam aktivitas yang mengangkat potensi Alam, Potensi Budaya, Potensi Kreatif sampai dengan Produk Unggulan UMKM nya,” terang Joko Suhartono.

Pihaknya berharap Event Sumarak Salingka Danau  Tahun 2023 dapat berjalan Lancar, Sukses, dan Semakin mengembangkan Citra Promosi Wisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Solok sebagai Destinasi Wisata Alam dan Budaya.

Bupati Solok, H. Epyardi Asda, dalam arahannya menyebutkan bahwa Sumarak Salingka Danau ini kita laksanakan dalam rangka Promosi Wisata di Kabupaten Solok.

Sebagaimana kita ketahui bahwa selain dari Pertanian yaitu penghasil beras dan holtikultura ada sesuatu yang kita banggakan di Kabupaten Solok yaitu Alam Wisatanya dengan memiliki 5 Danau dan Alamnya yang indah dan tidak dimiliki daerah lainnya di Indonesia.
“Saya yakin dengan Kerjasama kita semua dan dukungan dari segala pihak maka kita dapat memajukan sektor pariwisata sehingga memberikan dampak yang baik bagi peningkatan ekonomi masyarakat. Untuk itu sebagai Bupati Solok saya mendukung semua program promosi untuk wisata,” sebutH. Epyardi Asda.

Terimakasih kita ucapkan kepada Kementrian Parekraf RI karena telah banyak memberikan Bantuan Infrastruktur Pariwista untuk Kabupaten Solok diantaranya Panggung Kesenian dan Menara Pandang yang ada di Dermaga Danau Singkarak Ini.

Usai Sambutannya, Bupati Solok Membuka secara  langsung Event Sumarak Salingka Danau Tahun 2023 yang ditandai dengan Pemukulan Gendang serta didampingi oleh seluruh tamu Undangan.
Acara dilanjutkan dengan Penampilan Kesenian Tradisional Talempong Pacik secara Kolosal oleh Tiga Kecamatan Salingka Danau Singkarak yakni Kec. X Koto Singkarak, Kec. Junjung Sirih dan Kec. X Koto Diatas dengan jumlah Pemain sebanyak 100 Orang dan Talempong Pacik sebanyak 200 buah.

Pada kesempatan ini Bupati Solok turut ikut serta memainkan Talempong Pacik bersama seluruh Tamu Undangan.
Selanjutnya Bupati Solok beserta seluruh tamu undangan lakukan Peninjauan Lokasi Pameran dan Jajanan Tradisional pada Event Sumarak Salingka Danau Tahun 2023.(wandy)

Exit mobile version