SOLOK,  JN– Program CSR PT Tirta Investama pabrik AQUA kembali menerima pengahargaan kategori GOLD dalam penganugerahan Indonesia Sustainable Development Goalds Award (ISDA) 2021 yang digelar oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD) pada Jumat 17 September 2021 di Jakarta.

 Pengahargaan yang diterima langsung oleh senior plant manager PT Tirta Investama Solok, Endro Wibowo atas kontribusi perusahaan penjalan program CSR dibidang Peningkatan Sanitasi Lingkungan Bagi Masyarakat di dusun Rawang dan Jariang nagari Batang Barus tahun 2018 yang lalu.

Penghargaan ISDA serupa ini sudah sekian kalinya diterima oleh PT Tirta Investama pabrik Solok atas program Corporate Social Responsibility (CSR) yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2011 yang lalu. 
Adapun kategori penghargaan yang telah diterima, pada tahun 2015 PT Tirta Investama pabrik Solok menerima kategori GOLD, tahun 2016 kategori SILVER, tahun 2017 kategori SILVER, tahun 2018 kategori SILVER dan tahun 2019 kategori GOLD. Kategori GOLD yang diterima pada tahun 2021 ini adalah bentuk kontribusi perusahaan dalam pelaksanaan program Sanitasi Total Berbasisi Masyarakat (STBM) di dusun Jariang jorong Kayu Jao dan di dusun Rawang jorong Lubuk Selasih nagari Batang Barus. 


Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah pembangunan jamban sehat, pengelolaan sampah, dan pelatihan-pelatihan yang bekerjasama dengan dinas Kesehatan, dinas Lingkungan Hidup kabupaten Solok untuk menambah kapasitas masyarakat agar memahami pola hidup bersih dan sehat.
Menurut Kepala CSR PT. tirta Investama Jon Betrit,  yang didampungi Stakeholder Relation PT. Tirta Investama Pabrik Solok, Azra`i, adapun jumlah penerima manfaat dari program ini sebanyak 135 KK yang terdiri dari 90 KK di dusun Rawang dan 45 KK di dusun Jariang. Dengan telah dilaksanakannya program STBM ini terjadi peningkatan masyarakat nagari Batang Barus yang bisa mengakses jamban. 
Data ini bisa dilihat pada STBM Smart dimana sebelum kegiatan dilakukan tahun 2017 tertanggal 18 Juli presentase akses jamban masyarakat nagari Batang Barus adalah 44.10% dan tahun 13 Desember 2018 meningkat menjadi 62,79%. 


“Kedepan kita dari PT Tirta Investama pabrik Solok akan tetap melaksanakan program CSR seperti program water access sanitation and health (WASH), pertanian ramah lingkungan, pengembangan ekonomi masyarakat, konservasi melalui pengembangan budidaya tanaman kopi, pembuatan sumur resapan, lubang biopori dan rorak serta pengembangan program kehati,” terang Jon Betric (wandy) 

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version