Seputar Ranah Minang

Bupati Eka Putra Panen Perdana Bawang Merah Milik Kasatlantas Polres Tanah Datar Iptu Hidayanda Rizki

TANAH DATAR, JN-

-Panen Perdana komoditas Bawang Merah milik Kepala Satuan Lalulintas Polres Tanah Datar Iptu Hidayanda Rizki dilakukan oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, Kamis (21/9/2023), bertempat di Jorong Tigo Batur Nagari Parambahan, Kecamatan Lima Kaum.
Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya memberikan apresiasi atas panen komoditas Bawang Merah jenis Birma milik Kasat Lantas Polres Tanah Datar, Iptu Hidayanda Rizki.

“Yang mana, panen Bawang Merah oleh Kasat Lantas Polres Tanah Datar ini tentunya sangat kita apresiasi, karena turut serta membantu ketersediaan Bawang Merah di Tanah Datar,” ujar Eka Putra.

Selanjutnya Bupati Eka Putra mengungkapkan, komoditi Bawang Merah menjadi salah satu unsur untuk mengendalikan inflasi daerah di Tanah Datar, karena Tanah Datar memiliki ketersediaan Bawang Merah yang cukup bahkan surplus, selain ketersediaan cabai, tomat dan beberapa komoditas lainnya sangat mendukung pengendalian inflasi di Tanah Datar.


Eka Putra mengungkapkan, keberhasilan Tanah Datar dalam pengendalian inflasi di apresiasi oleh Pemerintah Pusat dengan menjadi Terbaik 1 di Wilayah Sumatera dalam TPID Award beberapa waktu lalu.


“Bercocok tanam komoditas Bawang Merah ini, disamping turut meningkatkan perekonomian petani juga mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitarnya, seperti di lahan Kasat Lantas Polres Tanah Datar, Iptu Hidayanda Rizki.SH ini mampu menampung sebanyak 51 tenaga kerja setiap harinya,” ungkap Eka Putra
Eka Putra menambahkan, sebagai pemerintah Daerah, kita sangat apresiasi atas sinergitas yang dilakukan oleh Polres Tanah Datar terkait kegiatan ini. Dan kita berharap, sinergitas ini terus berlanjut, karena 60% masyarakat Kab. Tanah Datar hidup dari hasil pertanian.


Pada kesempatan tersebut Kasat Lantas Polres Tanah Datar Iptu Hidayanda Rizki, SH menyampaikan terima kasih atas kesediaan Bupati Tanah Datar untuk melaksanakan panen perdana di lahan pertaniannya.


Dikatakan Rizki, kegiatan ini tak lepas dari dukungan Kapolres Tanah Datar, AKBP Derry Indra yang mensuport penuh peningkatan di sektor pertanian dan menekan angka pengangguran, khususnya produsen penghasil Bawang Merah di Kab. Tanah Datar.
“Kegiatan ini tak lepas dari dukungan Kapolres Tanah Datar, AKBP Derry Indra yang mensuport penuh peningkatan di sektor pertanian. Dengan ikut sertanya Pak Bupati Eka Putra memanen Bawang Merah milik saya ini, akan memberikan motivasi bagi kami untuk bekerja lebih baik kedepan,” ujar Iptu Hidayanda Rizki.

Selanjutnya Hidayanda Rizki mengatakan, lahan pertanian seluas 2 hektare ini ditanam Bawang Merah varietas Birma yang berasal dari Kabupaten Solok.

Kita memilih varietas Birma ini karena mampu berkembang di lahan dataran rendah dan suhu panas, bahkan masa tanam sampai panen di daerah asalnya 3 bulan 14 hari, di Tanah Datar bisa cepat menjadi 2 bulan 5 hari,” diselala kesibukan salalu menyempatkan diri bertemu dgn team tanamnya , sambil mengajak untuk tertib Berlalintas ungkap Hidayanda Rizki (jn01/rnk)

Exit mobile version