Riak Danau

Bupati Dharmasraya dan Kapolres Solok Kunjungi Rumah Walinagari Batang Barus

SOLOK, JN- Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerjaan dan Kapolres Solok, AKBP Apri Wibowo, S. Ik,  beserta jajaran serta Walinagari di Kabupaten Solok, hari Jumat (18/11), menyempatkan diri untuk singgah di rumah Wali Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Syamsul Azwar yang tertimpa musibah longsor.

Syamsul Azwar merupakan Ketua Forum Wali Nagari (Forwana) Kabupaten Solok, dimana rumah miliknya tertimpa material longsor, pada hari Rabu lalu.
Longsir menimpa disebabkan hujan deras yang turun mengguyur bumi bareh Solok.
Pada kesempatan itu, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska, menyampaikan ikut sedih dan berharap Walinagari dan warga Kabupaten Solok yang ditimpa musibah tetap dalam kesabaran.

“Ini adalah ujian untuk kita, semoga hal ini bisa menjadi pelajaran bahwa Tuhan tidak akan menguji hambaNya diluar batas kemampuan umatnya,” sebut Sutan Riska.
Bupati tetangga Solok itu mendapat kabar bahwa rumah milik salah seorang Wali Nagari yang juga Ketua Forwana Kabupaten Solok mendapat musibah tanah longsor. 


“Untuk itu pada hari ini, saya menyempatkan diri untuk singgah sebagai bentuk empati atas musibah yang dialami keluarga Bapak Wali Nagari Batang Barus,” sambung Sutan Riska.
Selan itu, kehadiran Sutan Riska ke rumah Ketia Forwana Solok itu juga merasa terpanggil disebabkan orang tuanya dulu semasa hidup  juga seorang Wali Nagari di Dhamasraya.


Bahkan juga orang tuanya yakni H. Rasul Hamidi Dt Saridano juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Wali Nagari (Aswana) Kabupaten Dharmasraya.

Disebutkan Ketua Umum APKASI itu.
bahwa semasa hidup, orang tuanya lama memimpin Pemerintahan Nagari, tentu musibah yang dialami pak Wali saat ini, adalah duka juga bagi dirinya.

Dalam kesempatan itu, Sutan Riska berkenan melihat secara lebih dekat tempat kejadian tanah longsor yang menghantam rumah Wali Nagari Batang Barus itu.


Pada kesemoatan itu, Sutan Riska juga menyampaikan rasa duka kepada keluarga Syamsul Azwar, atas apa yang menimpa keluarga Wali Nagari ini.

Pada hari yang sama, Kapolres Solok, AKBP Apri Wibowo, S. Ik,  beserta jajaran, termasuk Wakapolres, Kompol Irwan Zani, SH, juga mengunjungi ruma Walinagari Syamsul Azwar, termasuk beberapa orang Walinagari di Kabupaten Solok.Bahkan Bupati Solok, H. Epyardi Asda yang diwakili Asisten I Pemkab Solok, Drs. Syahrial, MM berserta OPD dan Camat Gunung Taoang, serta  Wali Nagari se- Gunung Talang, juga sudah datang ke rumah Syamsul Azwar.

“Ini adalah ujian, meski hanya sebagian rumah tertimbun longsor dan tidak ada korban jiwa. Namun Tuhan masih sayang dan mengizinkan Bapak wali untuk memimpin Nagari ini. Semoga kita tetap harus waspada,” sebut AKBP Apri Wibowo.

Disebutkan AKBP Apri Wibowo, yang namanya mudbah kita tidak akan tahu akan terjadi.  Untuk itu, atas nama Kapolres Solok, puhaknya juga mengucapkan rasa duka yang sedalam dalamnya, dan keluarga walibagari tetap dalam kesabaran menerima ujian ini.

Sedangkan  Wali Nagari Batang Barus Syamsul Azwar atas nama pribadi dan keluarga, pada kesempatan itu juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati Sutan Riska dan rombongan serta Bapak Kapolres Solok dan jajaran, termasuk koleganya para walinagari atau Forwana se Kabupaten Solok yang sudah menyempatkan diri untuk datang berkunjung kerumahnya yang tertimoa longsor.


“Atas nama pribadi dan keluarga, saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati Dhamasraya dan Bapak Kapolres serta sahabat Walinagari, untuk memberikan suport dan semangat pada kami. Hal ini akan menjadi motivasi dan do’a penghibur bagi kami,” ucap Syamsul Azwar (jn01/tim)

Exit mobile version