PolitikSolok Raya

Empat Pasangan Calon Kepala Daerah di Kabupaten Solok Resmi Mendaftar ke KPU


SOLOK, JN- Empat pasangan bakal calon kepala daerah (bacakada) di Kabupaten Solok, resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok.
Keempat paslon tersebut adalah pasangan H. Epyardi Asda dan Jon Firman Pandu, mendaftar Sabtu 5 September dan diikuti pasangan H. Desra Ediwan dan DR. Adli.
Paslon Epyardi Asda dan Jon Firman Pandu diusung Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional dengan total 12 kursi di DPRD Kabupaten Solok.
Sedangkan paslin Desra Ediwan dan DR. Adli, diusung Partai Golkar dan PKS dengan total  8 kursi.

Kemudian Minggu 6 September 2020, yang mendaftar ke KPU adalah pasangan balon Bupati dan Wakil Bupati Solok, H. Nofi Candra dan H. Yulfadri serta pasangan Iriadi dan Agus Syahdeman, diusung Partai Demokrat, Hanura dan PDI P.Pasangan balon Bupati dan Wakil Bupati Solok, H. Nofi Candra dan H. Yulfadri, diusung oleh Partai NasDem dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 7 kursi. Terakhir adalah paslon Iriadi dan Agus Syahdeman, yang diusung Partai Demokrat, Hanura dan PDI P dengan total 10 kursi di DPRD Kabupaten Solok.

Keempat calon yang mendaftarpun berkasnyapun dinyatakan diterima oleh KPU Kabupaten Solok.
“Alhamdulillah empat pasangan sudah mendaftar semua dan kami nyatakan telah diterima. Tapi masih akan diverifikasi keabsahan berkas calon, seperti ijazah dan SKCK-nya,” ujar Ir. Gadis, Ketua KPU Kabupaten Solok, Senin (7/9).
Pihak KPU menyebut, dari empat bacakada yang sudah mendaftar itu, seluruh dukungan partai dan kursi di DPRD Kabupaten Solok telah terbagi, sehingga dipastikan pilkada di bumi markisah hanya akan diikuti oleh empat bacakada.
“Iya, dukungan partai sudah tidak ada lagi. Hanya ada empat pasangan. Selanjutnya, kita akan melakukan tahapan selanjutnya, yakni penetapan calon,” sebut Ir. Gadis, yang diamini Komisioner KPU, Jons Manedi dan Defil.

Saat melakukan pendaftaran, bakal calon Bupati Solok, H. Nofi Candra yang dimasukkannya telah diterima oleh KPU. Ia berharap semua kandidat yang telah mendaftar bisa berkontestasi di pilkada dengan sportif.
“Kami sangat lega hari ini sudah mendaftar. Kami berharap semua calon lain ke depannya bisa sama-sama berkontestasi dengan sportif. Kita bersama menjaga kondisi aman dan damai ke depan,” tutur Nofi Candra.
Sementara Pasangan Iriadi dan Agus Syahdeman yang diusung tiga partai politik dan sejumlah partai pendukung dengan total kursi di DPRD sebanyak 10, juga berharap Pilkada Kabupaten Solok berjalan aman dan lancar. “Marilah kita jaga persatuan dan kesatuan di Kabupaten Solok. Berbeda pilihan itu adalah hak biasa, tetapi jangan menghalalkan segala cara,” sebut Agus Syahdeman  (jn01/wandy)

Exit mobile version