Berita Ranah Minang Terkini
Indeks BeritaIndeks

Kodim 0309 dan PSSI Solok Raya Akan Gelar Liga Santri Tahun 2022 Mulai Tanggal 20 Juni

 
SOLOK,  JN. Komando Distrik Militer (KODIM) 0309 Solok,  siap menggelar Liga Santri Tahun 2022 yang akan memperebutkan Piala KASAD.

Kepastian itu disampaikan pada rapat panitia dengan Komandan Kodim (Dandim) 0309 Solok,  Letkol. Arm. Hendrik Setiawan, SE, yang diwakili oleh  Pasi Ter Dim 0309/Solok, Kapten Inf P Simanjorang dan Bati Ter Kodim 0309 Solok,  Serma Riki Pratama, dengan Ketua Askot Solok, Riano Oskar, ST dan Sekum Askab Solok,  Sofriwandi NR serta anggota panitia,  bertempat di Makodim Solok,  Rabu (15/6).

Menurut Kapten Inf P Simanjorang dan Bati Ter Kodim 0309 Solok,  Serma Riki Pratama, Liga Santri untuk wilayah Kodim Solok,  akan digulirkan Senin 20 Juni 2022, di Lapangan Merdeka Kota Solok. Piala Santri 2022 ini, panitia bekerjasama antara Kodim  Solok dengan Asosiasi Kabupaten (Askab) Kabupaten Solok, Asosiasi Kota (Askot) Kota Solok dan Askab Solok Selatan. 

“Untuk wilayah kita Solok Raya,  peserta Liga Sabtri akan diikuti 10 Pondok Pesantren.  Rinciannya,  6 Pondok Pesantren dari Kabupaten Solok,  3 Pompes dari Kota Solok dan 1 Pompes dari Solok Selatan, ” papar Serma Riki Pratama.
Disebutkan Serma Riki Pratama, awalnya peserta hanya ada 8 Ponpes yang akan ikut serta,  namun kemudian bertambah 2 Pompes dari Kota Solok. 
Diantara Ponpes yang akan ikut yakni Pnpes Darussalam Sumani, Darul Tauhid, Selayo, Syech Abdul Azis koto Hilalang, Jabal Rahmah Anau Kadok Gunung Talang, Darus Salam Koto Anau, MTI Paninggahan.

Sedangkan Bati Ter Kodim 0309 Solok, 
Kapten Inf P Simanjorang, sebelumnya menjelaskan bahwa pembukan Liga Santri akan dimulai pukul 13.20 Wib, dan akan dihadiri oleh Walikota Solok, H.   Zul Elvian,  Bupati Solok,  H. Epyardi Adda,  M. Mar,  Bupati Solok Selatan,  H. Khairunas,  Kemenag Solok dan unsur Forkopimda di Solok Raya.
“Kita berharap bahwa dari turnamen liga santri ini,akan lahir pemain sepakbola berbakat untuk Sumbar dan bahkan nasional, ” papar Kapten Inf P Simanjorang.
Pola kompetisi Liga Santri ini,  akan diawali dengan penyisihan dari tingkat kabupaten atau kota mulai 20 Juni hingga 30 Juli mendatang. Rencananya, Liga Santri akan memakan waktu empat sampai enam bulan, dan diharapkan selesai tahun ini.
Selanjutnya para klub santri dari setiap kabupaten/kota akan bersaing untuk tingkat provinsi. Nantinya kelanjutan liga tersebut akan digelar pada Agustus hingga September sebelum ke tingkat nasional yang berakhir pada Oktober nanti.

 Pada kesempatan itu Askot PSSI KotaSolok, melalui Ketua Askot,  Riano Oskar, ST, menyatakan siap mendukung dan mensukseskan Liga Santri zona Solok Raya. 
“Saya optimis,  banyak pemain berbakat yang akan lahir dari turnamen ini, ” sebut Riano Oskar.


Sedangkan Sekretaris PSSI Kabupaten Solok, Sofriwandy NR,  yang mewakili Adkab Solok,  menyatakan juga siap mendukung dan mensukseskan Liga Santri PSSI 2022. 
Saat ini Askab PSSI Solok sedang mengambil langkah-langkah yang dilakukan akan untuk menyukseskan Liga Santri mulai dari persiapan perangkat pertandingan dan instrumen pertandingan. Tinggal lagi menunggu hasil verifikasi tim peserta yang akan mengikuti Liga Santri 2022 tersebut.

“intinya kita dari Askab PSSI Solok, Askot Solok dan PSSI Solsel sangat mendukung Liga Santri ini sekaligus ikut menyukseskannya bersama-sama dengan jajaran Kodim 0309 Solok dan elemen masyarakat lainnya,” sebut Sofriwandy NR


Liga Santri ini diadakan dalam rangka mencari bibit-bibit handal dan kelak menjadi pesepakbola ternama yang mengharumkan nama daerah dan negara. (wandy/vivo)

Exit mobile version