KesehatanSalingka NagariTanpa Kategori

Yakesma Sumbar dan Beberapa Donatur Ikut Bantu Liswarni Warga Sungai Nanam Penderita Kanker Payudara

×

Yakesma Sumbar dan Beberapa Donatur Ikut Bantu Liswarni Warga Sungai Nanam Penderita Kanker Payudara

Sebarkan artikel ini

SOLOK, JN-
Lembaga Amil Zakat Yayasan Kesejahteraan Madani (Laznas Yakesma), Sumatera Barat membantu keluarga, Liswarni, warga Sungai Nanam yang sudah tiga  tahun, diserang kanker payudara.


Liswarni, warga Jorong Lekok Batu Gadang Nagari Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumbar, menderita kanker dan  kondisi perekonomiannya yang lemah membuatnya tidak sanggup untuk mencari pengobatan terbaik bagi dirinya.
Yakesma Sumatera Barat, Memberikan uang tunai kepada Liswarni. Selain itu,  Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Solok, Tengku Dewan, juga ikut memberikan bantuan sembako dan uang kepada Liswarni serta beberapa dermawan lainnya, di rumah Liswarni, Selasa (8/2).

Pmpinan Yakesma Sumbar .H, Syafri A.Pt, MM,  menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan oleh Yakesma Sumatera Barat,  diharapkan dapat meringankan beban Liswarni.


“Syukur-syukur dengan sedikit bantuan Yakesma Sumatera barat ini, akan dapat memberikan semangat untuk kesembuhan sakit yang diderita, ibu Liswarni,” tutur H.Syafri.
Pihaknya juga mengajak kepada lembaga sosial dan dermawan lainnya untuk bersama-sama membantu Liswarni atau menjadi warga penerima manfaat bantuan. Sebelumnya Yakesma Sumatera Barat, sejak tahun 2019 telah melakukan kerjasama dengan Yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam berupa pelatihan pengelolaan ZIZWAF, serta bantuan bedah rumah maupun biaya berobat bagi masyarakat Sungai Nanam maupun lembah Gumanti yang  tidak mampun serta sangat membutuhkan.


Yakesma merupakan salah satu  lembaga zakat nasional yang terdaftar di Kementerian Agama RI, serta tersebar dihampir semua ibukota Provinsi di Indonesia.

Baca Juga :
Polres Solok Kembali Gelar Kegiatan Rutin Jum'at Curhat di Nagari Cupak

Sementara itu, Wali Nagari Sungai Nanam, Delfi,S.So.I, yang didampingi Kepala Jorong Lekok Batu Gadang Nagari  Sungai Nanam, Bayu Putra Gumala, SP,  menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Yakesma, ACT,  Yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam, maupun dermawan serta donatur yang telah ikut meringankan bebankan beban salah satu warganya. Pihaknya juga berterimakasih kepada warga lainya yang terdampak. “Semoga Allah SWT memberikan kebekahan dan limpahan reski serta pahala yang berlipat ganda kepada para donatur,” ujar Delfi.

Kepala Jorong Lekok Batu Gadang Nagari  Sungai Nanam, Bayu Putra Gumala, SP, saat dihubungi media ini juga berharap dan berdo’a, semoga ada yang peduli untuk meringankan bebannya.

Menurutnya, sudah tiga  tahun, Liswarni, warganya menderita kanker payudara. Kondisi perekonomiannya yang lemah membuatnya tidak sanggup untuk mencari pengobatan terbaik bagi dirinya.
Tak hanya itu, Liswarni bersama suami dan kedua orang anaknya pun hanya tinggal dirumah sederhana dari papan yang telah mulai lapuk.Warga asli Jorong Lekok Batu Gadang nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti  itu pun harus berjuang kesana-sini mencari bantuan biaya berobat dan biaya hidup, tinggal dirumah papan yang sudah mulai lapuk. Karena tinggal dengan ekonomi sulit.
Keadaan  Liswarni, benar-benar memprihatinkan.  Keluarga dan suaminya juga ekonomi lemah. Untuk menyambung hidup menafkahi istri, dan dua orang anaknya yang masih duduk di Sekolah, dia bekerja sebagai buruh tani atau keladang orang. Liswarni lebih banyak didampingi oleh adiknya Dasril, karena suami harus mencari nafkah dan biaya untuk pergi berobat.

Baca Juga :
Siswa-Siswi di SMP Negeri 3 Gunung Talang Ikuti Vaksinasi Tahap Pertama

Liswarni dan keluarganya  termasuk dalam data warga yang tidak mampu dan sangat butuh bantuan.Kondisi keluarga kecil yang memprihatinkan tersebut memantik kepedulian Yayasan Generasi Peduli kenagarian Sungai Nanam dengan izin pihak keluarga untuk mengimfromasikan kepada media massa, serta  mengggalang donasi.Beberapa lembaga sosial langsung melihat ke lokasi di Jorong Lekok Batu gadang Nagari Sungai Nanam.



Ketua Yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam, Masriwal,M.BG.S.A.P,  yang didampingi beberapa orang pengurus Yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam, seperti Melati Anggraini,SE.sebagai Sekretaris, Jon Rahman,S.Pd, Wakil Ketua, Joni Febri Hidayat sebagai Humas, serta  kelompok mahasiswa KKN UNP yang sedang melaksanakan KKN di Nagari Sungai Nanam dengan ketua Afdhalil Zikri, juga ikut membantu mengumpulkan donasi untuk Liswarni.

“Kegiatan ini merupakan tanggung jawab kita bersama dalam upaya meringankan beban saudara kita. Apalagi kondisi ekonominya yang sulit dan lemah,”, ujar Masriwal.
Masriwal juga menambahkan bahwa pengumpulan donasi bantuan tersebut adalah bentuk kepedulian masyarakat, pemuda,tokoh-tokoh masyarakat bersama Yayasan Generasi Peduli Kenagarian  Sungai Nanam ,Bekerjasama (IKKSN) Ikatan keluarga Kenagarian Sungai Nanam, Masyarakat Alam Gumanti, maupun para perantau dimanapun. 
Kepada masyarakat yang membutuhkan.

Selain itu, pihaknya menjadikan program bakti sosial itu untuk menumbuhkan semangat gotong royong dan kepedulian dengan sesame, walau saat ini masih ruang lingkup kecil,dinagari Sungai Nanam maupun dikecamatan Lembah Gumanti,Namun jangka panjang,tidak tertutup kemungkinan bisa dikembangkan,Ujar Masriwal (jn01/masriwal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *