NasionalPolitikTanpa Kategori

Warga Suku Sunda Dukung NC- Yulfadri di Pilkada Kabupaten Solok

×

Warga Suku Sunda Dukung NC- Yulfadri di Pilkada Kabupaten Solok

Sebarkan artikel ini

SOLOK, JN– Warga   suku   Sunda (Jawa Barat)   yang   tinggal   di   Kabupaten   Solok,  menyatakan siap mendukung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Solok Nomor urut 1, Nofi Candra-Yulfadri Nurdin, pada Pemilukada serentak yang akan digelar tanggal 9 Desember tahun 2020 ini.
“Insyaallah kami para perantau Sunda asal Jawa Barat, siap mendukung pasangan Baoak Nofi Candra dan Yulfadri pada Pilkada tanggal 9 Desember nanti,” sebut Asep Maulana (45), salah seorang warga Sunda di Sungai Nanam, Senin (9/11).
Warga Sunda di Kabupaten Solok berjumlah hampir 600 Kepala Keluarga dan tergabung dalam Paguyuban Warga Sunda (PWS).

Menurut Ketua   DPD   Paguyuban   Warga   Sunda  Kabupaten   Solok,   Kang   Nurdin,  bahwa   mayoritas   warga  suku   Sunda,   Provinsi   Jawa   Barat   yang   tinggal   di Kabupaten Solok, bekerja di sektor pertanian dan tukang.
“Rata-rata kami datang dari Jawa Barat ke Solok adalah untuk mencari pekerjaan disektor pertanian. Mulanya kami datang ada yang dibawa warga Solok untuk bekerja di ladang bawang,   markisa,   kentang   dan   tanaman   holtikultura   lainnya,”   jelas   Kang   Nurdin. 

Baca Juga :
Ramadhani Kirana Putra Hadiri Pelantikan Pengurus Cabang IMM kota Solok


Ditambahkannya, warga Sunda atau Jawa Barat yang tinggal di Kabupaten Solok sekitar 600 Kepala   Kelauraga  (KK)   dan  sekitar   500  KK  diantaranya  tinggal  di  Alahan  Panjang  dan Sungai Nanam, kecamatan Lembah Gumanti. 
Bahkan mereka sudah menjadi warga Solok karena ada yang sudah tinggal di Solok sekitar 30 tahun ada juga yang baru. 
“Setiap tahun jumlah orang Sunda yang tinggal di Solok meningkat sekitar 5 hingga 10 persen. “Karen Alahan   pertanian   di   Sunda   sudah   sempit,   maka   kami   datang   ke   Solok   mencari   lapangan pekerjaan dan saat ini yang sudah sukses sebagai petani dan ada juga yang menjadi PNS, bahkan sudah banyak yang menikah dengan orang pribumi sini” jelas  Kang   Nurdin.

Baca Juga :
Bupati Lantik Pejabat Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator di Lingkup Pemerintah Kabupaten Solok


Pihaknya juga menjelaskan bahwa dirinya sudah menganggap Solok sebagai kampung  halamannya sendiri   karena   tinggal   dan   mencari   nafkah   di   Kabupaten   Solok. 
  “Kami   juga   akan   ikutmensukseskan program Pemerintah Kabupaten Solok dengan Empat Pilarnya.” Terang Kang Nurdin. 
Dijelaskannya, Warga Sunda yang berada di Kabupaten Solok adalah tempat dimanakita mencari nafkah dan dimana tempat kita tinggal sekarang. 
“Semua kita bersaudara dan bagi   warga   sunda   yang   berada   di   daerah   Kabupaten   Solok   mari   kita   dukung   program pemerintah Kabupaten Solok untuk kedepannya,” tutur Kang Nurdin. 
Terkait Pilkada yang akan digelar dalam waktu dekat, warga Sunda juga siap mendukung suksesnya Pilkada Solok tahun 2020 ini (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.