Tanpa Kategori

Usai Dapat Laporan Longsor, Bupati Langsung Kirim Excavator ke Aia Dingin

×

Usai Dapat Laporan Longsor, Bupati Langsung Kirim Excavator ke Aia Dingin

Sebarkan artikel ini

SOLOK, JN-
Usai mendapat laporan musibah  Longsor di Nagari Aia Dingin, Bupati Solok, H. Epyardi Asda, M. Mar, Langsung menerintahkan Dibas PUPR untuk nengirim mesin Excavator ke Jorong Aia Abu, Nagari Aia Dingin di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Minggu pagi (10/12).

Musibah longsor yang terjadi Sabtu kemaren, menutup akses jalan ke Aia Abu sepanjang 25 meter dengan tinghi 2 hingga meter, terjadi, Sabtu kemaren sekira pukul 11 siang. Musibah itu langsung memutus akses jalan yang menghubungkan Jorong Aia Abu dengan Nagari Aia Dingin di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.

Musibah longsor diduga dipicu oleh hujan deras yang terus menerus melanda daerah tersebut dalam beberapa hari terakhir.
Sementara bekas tambang pasir dan kerikir di sekitar lokasi telah mengalami longsor berulang kali sebelumnya.

Usai mendapat laporan musibah longsorWalinagari Aia Dingan Herilwandi dan Camat Lembah Gumanti, Zul Bhakti, langsung meninjau lokasi longsor.
Kemudian langsung membuat laporan dan video ke Pemkab Solok.

Baca Juga :
Gubernur Sumbar Lakukan Kunjungan Kerja ke Keltan Bukit Gompong Sejahtera Solok

“Kami meminta kepada Bapak Bupati Solok untuk segera membantu masyarakat kami yang terisolasi akibat musibah longsor ini. Setidaknya sekitar 1.200 jiwa di Jorong Aia Abu terisolasi karena akses utama mereka putus,” terang Herilwandi.

Tidak lama kemudian, Bupati Solok langsung memerintahkan Dinas PUPR kabupaten Solok untuk turun ke lokasi dan mengirim alat berat ke TKP.

“Kita berharap jangan sampai ada warga yang terlantar dan terisolasi dan kita segera kirim mesin excavator untuk membersihkan material longsor di Aia Dingin,” sebut H. Epyatdi Asda, Minggu (10/12).

Usai dibersihkan, walinagari Aia Dingin, Herilwandi, atas nama masyarakat Aia Abu, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Bupati Solok, H. Epyardi Asda yang cepat tanggap.

Baca Juga :
Kisah Penjaga Sekolah MIN 2 Solok di Balai Pinang Yang Terbakar, Baju Hanya Tinggal di Badan


‘Kami atas nama masyarakat dan mewakili 12.000 warga Aia Dingin,  menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Bupati Solok, H. Epyardi Asda, semoga Bapak sehat selalu, dan cita-cita Bapak untuk menjadikan Kabupaten Solok terbaik di Sumbar bisa terwujud. Makasih Bapak Bupati,” sebut Herilwandi, melalui video yang dikirim keberbagai media.

Disebutkan Herilwandi, Jalan yang longsor itu bukan hanya jalur vital bagi kehidupan sehari-hari masyarakat, namun juga menjadi akses utama bagi anak-anak sekolah dan petani yang membawa hasil ladang ke Pasar Alahan Panjang.
Untuk itu, dengan cepat tanggap dan dikerjakannya longsor tersebut, masyarakat sudah bisa beraktivitas lagi

Kalau jalan terputus, ekonomi warga Aia Abu juga akan putus. Sebab hanya itu jalan satu-satunya menuju ke Pasar Alahan Panjang.(wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *