KisahTanpa Kategori

Tim Sosial Jum’at Berkah KJB Jannah Kunjungi Rumah Si bocah Syahidah Rasyid Yang Miliki Kelainan Kelamin

×

Tim Sosial Jum’at Berkah KJB Jannah Kunjungi Rumah Si bocah Syahidah Rasyid Yang Miliki Kelainan Kelamin

Sebarkan artikel ini

SOLOK, JN- Tim Sosial Jum’at Berkah KJB Jannah dibawah pimpinan Haris Wandi, pada 
Jumat ke-48 tanggal 12 Desember 2020, mengunjungi rumah  Si bocah malang, Syahidah Rasyid (3), anak dari pasangan si Dedi Wahyudi dan  Ayu Rahmadbanis, warga Jorong Pasa Usang, Nagari Koto Gadang Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, yang memiliki kelainan kelamin.
Menurut ibu atau orang tua sibocah malang, Syahidah Rasyid, yakni Ayu Rahmadbanis, anaknya sudah dioperasi selama tiga kali di RSUP M. Djamil Padang dan membutuhkan biaya yang sangat besar.

Rumah mereka berada dibawah persis disamping  kantor Pengadilan Negeri Koto Baru di Koto Gadang Guguak, atau hanya berjarak 150 meter arah Selatan rumah kediaman Bupati Solok.
Bocah Syahidah Rasyid, mengalami kelainan jenis kelamin bawaan dari lahir.
Bocah ini harus menjalani operasi untuk menentukan jenis kelaminnya. “Dia harus dioperasi untuk menentukan jenis kelaminnya dan lebih cenderung ke perempuan,” sebut Ayu Rahmadbanis.

 Menurut dokter, Syahidah Rasyid, mengalami kelainan pada jenis kelamin atau disebut Estrhopy buli bledder.  Penyakit ini termasuk penyakit langka  dan bisa di atasi dengan melakukan operasi besar( join kompre). Operasinya harus dilakukan oleh  dr,Tulang Orthopedi yang bekerjasama dengan dr. Bedah Urologi.
Awalnya Jenis kelamin anak ini tidak jelas. Namun setelah dilakukan operasi tahap pertama,  berkemukinan besar perempuan dan saat ini dalam operasi untuk pembentukan kelamin.

Baca Juga :
Kabupaten Solok Berduka, Ketua Kadin dan FKSS H. Syafrizal Ben Pergi Untuk Selamanya

“Seharusnya  Syahidah Rasyid, dirujuk ke RSCM  di Jakarta. Di Sumbar hanya satu-satunya dokter yang bisa membantu operasi ini adalah dosen kedokteran Unand. Apabila kerja sama ini bisa terwujud, maka kasus ini bisa ditangani di RSP. Dr. M Djamil di Padang,” sebut Ayu Rahmadbanis kepada tim Jum’at berkah.
Namun masalahnya, orang tua malang ini terkendala biaya. Meski ada BPJS, namun untuk biaya sehari-hari dan pembelian alat kedokteran keluarga ini juga masih kesulitan. Apalagi mereka saat ini sibuk menunggu dan menjaga anak mereka di RSUP M.DJamil Padang, karena baru siap operasi pertama, otomatis tidak ada penghasilan.
Berbagai cara dilakukan bibik bacah malang ini, termasuk akan mendatangi kantor Walinagari. Bahkan pihaknya berharap ada bantuan dari Dinas Sosial atau juga dari Baznas ataupun dari pihak lain.


Keluarga ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim Sosial Jum’at Berkah KJB Jannah, yang sudah dengan rendah hati membantu keluarganya.”Semiga tim Jum’at berkah dilimpahkan pahala oleh Allah,” sebut Ayu Rahmadbanis.
Dalam kunjungan Tim Sosial Jum’at Berkah KJB Jannah, juga memberi bantuan sosial kepada keluarga kurang mampu ini.
“Kami setiap Jum’at turun ke rumah-rumah warga untuk membantu sedikit beban mereka yang tidak tersentuh oleh pemerintah,” sebut Haris Wandi.
Pihaknya setiap Jum’at turun ke nagari-nagari dan untuk membantu orang kurang mampu.
Jum’at Minggu lalu, keluarga ini mengunjungi rumah Risa Fiona Khiara (6), korban luka bakar di Jorong Bansa, Nagari Gauang, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok.

Baca Juga :
Dinas Kominfo Solok Hadiri Mukernas dan Penganugerahan Persada.id Award III Tahun 2022 di Semarang

Risa Fiona Khiara, merupakan anak ketiga dari pasangan Buyanir (51),  yang sehari-hari bekerja sebagai Buruh dan pemetik madu lebah dan isterinya Jar Niarti (46), memiliki pekerjaan tukang cuci, kehidupannya sangat memilukan.
Anak keduanya bernama Refaldo (13) juga mengalami tunanetra dan adiknya  Risa Fiona Khiara, juga menderita luka bakar di bagian kaki, dimana kondisi keuangan keluarga mereka yang membuat tidak punya biaya berobat.

Bagi pembanca dan dermawan yang ingin membantu pengobatan sibocah malang Syahidah Rasyid (3), bisa menghubungi rumah korban atau melalui rekening BRI atas nama Arwitamarni di Nomor Rek 
555201017749534 (wandy)