Salingka NagariSolok RayaTanpa Kategori

Terus Meronta Minta Keadilan: Angkutan ke Garabak Data Masih Menggunakan Kuda Beban

×

Terus Meronta Minta Keadilan: Angkutan ke Garabak Data Masih Menggunakan Kuda Beban

Sebarkan artikel ini

SOLOK, JN- Walinagari Garabak Data, Kecamatan Tigo Lurah, Pardinal, menyebutkan bahwa jika dibanding dengan Nagari-nagari lain yang ada di Kabupaten Solok, mungkin Nagari yang dipimpinnyalah yang paling tertinggal.

Bahkan dari 74 Nagari yang ada di Kabupaten Solok, Garabak Data juga paling terkebelakang dari nagari lainnya. Selain letaknya yang jauh dari Ibukota Kabupaten dan Provinsi, akses jalan ke Nagari ini juga belum ada yang tersentuh aspal.

“Habis mau ngomong apa lagi, segala upaya sudah kami lakukan agar hati Pemkab Solok dan Pemda Sumbar terenyuh ingin membangun jalan ke nagari kami. Tetapi sampai saat ini belum juga terealisasi. Kalau dulu okelah hutan lindung yang menjadi alasan, tetapi sekarang hal itu tidak lagi karena proses izinnya sudah dilalui,” tutur Pardinal, Sabtu (14/11).

Disebutkan Pardinal, meski sudah hampir 75 tahun Republik ini merdeka, namun sebahagian warganya banyak yang belum menikmati apa itu arti ‘merdeka’. Merdeka disini jelas bukan masih terjajah oleh bangsa lain, namun masih belum bisa menikmati makna dari kemerdekaan itu sendiri.

Nagari Garabak Data, sampai saat ini belum pernah disentuh listrik, jalan beraspal, sarana dan tenaga kesehatan atau menikmati siaran televisi. Bahkan satu-satunya alat transportasi adalah dengan menggunakan kuda beban, yang tarifnya dibayar Rp. 4000 per kilo meter atau satu kilo barang dengan ongkos Rp 1500 sampai 2000.

Penduduk nagari Garabak Data berjumlah 2800 jiwa, dan mengaku masih belum menikmati apa itu kemerdekaan. Wali nagari Garbak Data, Pardinal, kepada Koran Padang menyebutkan bahwa pemerintah Kabupaten Solok dan Sumatera Barat tidak serius memperhatikan nagari Garabak Data.

“Kami benar-benar merasa dianaktirikan oleh pemerintah. Lihat saja, zaman sekarang masih banyak warga kami yang tidak mengerti apa itu kendaraan, listrik atau televisi. Padahal negara ini sudah 74 tahun merdeka,” tutur Pardinal.

Ditambahkannya, warga Garabak Data benar-benar buta tentang kemajuan technogy dan sampai sekarang warganya masih terisolasi dan miskin. Sehari-hari menurut Pardinal, warganya hidup dari bertani coklat, kopi, manggis, pisang, padi, karet dan lain sebagainya. Namun hasil pertanian dijual sangat murah kepada tengkulak, karena mereka jauh dari pusat kota dan kecamatan.

“Bayangkan saja, untuk keluar dari Garabak Data saja mau menuju kantor kecamatan, setiap warga harus mengeluarkan ongkos ojek Rp 150 ribu untuk satu kali jalan. Bagaimana kalau mau sampai ke Arosuka ibukota Kabupaten Solok atau ke Padang, mungkin ongkosnya sampai 500 ribu, belum termasuk biaya lain-lain. Makanya masyarakat Garabak lebih memilih diam di kampung dan jarang berpergian ke luar,” jelas Pardinal.

Nada memilukan dan gambaran potret kemiskinan yang disampaikan walinagari Pardinal, hendaknya menjadi perhatian khusus bagi pemerintah daerah.

Pardinal juga menjelaskan bahwa sampai saat ini semua sarana jalan ke Garabak Data masih jalan tanah dan seadanya, sehingga akses transportasi ke daerah penghasil pertanian ini masih menggunakan kuda beban.

Walinagari juga menyayangkan janji Gubernur dan Bupati pada April 2014 lalu, sampai sekarang belum terelaisasi bahkan sampai mau habis lagi abatannya. Garabak Data adalah penghasil pertanian yang baik, karena masyarakatnya rajin bekerja dan sekolah setingkat SMA juga belum ada. Setiap petani di Garabak Data, minimal mempunyai 1500 batang kopi.

“Karena susahnya akses jalan yang seharusnya menjadi urat nadi perekonomian, untuk mengangkut dan memasarkan hasil bumi, membuat masyarakat tidak bisa menjual hasil panen dengan harga tinggi,” jelasnya.


Tokoh masyarakat Tigo Lurah, Mak Zal (78), mengatakan  pemerintah Kabupaten Solok lebih serius melakukan pembangunan di nagari ini dengan memprioritaskan mana yang paling penting, utamanya membuka akses jalan menuju Nagari Garabak Data, bukan yang diutamakan membangun kantor Bupati yang dianggap masih layak. Ribuan penduduk Garabak Data juga sangat berharap kepada anggota DPRD Kabupaten Solok, kususnya yang berasal dari Dapil III yang  meliputi Kecamatan Tigo Lurah dan kecamatan lainya serius memperjuangkan aspirasi masyarakat.

“Kalau pemerintah Kabupaten Solok tidak pernah serius memperhatikan dan membangun Nagari Garabak Data sebagaimana yang diharapkan masyarakat, dapat dipastikan selamanya penduduk Nagari Garabak Data akan merasa tidak hidup di negerinya sendiri,” tutur Mak Zal.
Pihaknya masih berharap, siapapun yang terpilih menjadi Bupati Solok priode 2021-2025, agar peduli dengan Tigo Lurah(wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.