Rumah Semi Permanen Milik Masyukri di Saniang Baka Ludes Diamuk Sijago Merah

0
531

SOLOK, JN- Musibah kebakaran kembali melanda Kabupaten Solok. Selasa (18/8), sekira pukul 13.00 Wib, dimana satu unit rumah semi permanen milik Masyukri (40), milik warga Jorong Aia Angek, Nagari Saning Baka, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, ludes diamuk sijago merah.

Menurut keterangan pemilik rumah, Masyukri, api diduga berasal dari bagian depan rumah diduga akibat hubungan arus pendek.

“Saat kejadian, saya sedang tidak berada di lokasi dan mengetahui rumah terbakar dari anak-anak,” sebut Masyukri dengan nada sedih. 

Meski sudah menghubungi unit Damkar Sumani, namun rumah tempat dia berteduh sudah tidak bisa diselamatkan karena api melalap rumahnya yang terbuat dari bahan ksyu dengan cepat. Namun pihaknya masih beruntung karena musibah tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Rumah tersenut diisi satu Kepala Keluarga dan yakni suami isteri dan 4 orang anak.

Kepala Dinas  Sosial Kabupaten Solok, Yandra menyebutkan bahwa pihaknya usai mendapat laporan akan mengirim bantuan mobil tenda darurat serta bantuan untuk sembako untuk tempat tinggal sementara keluarga korban.

“Besok kita akan ke lokasi dan akan berkoordinasi dengan Bapak Bupati,” sebut Yandra. Saat ini untuk sementara korban bersama keluarga menumpang di rumah kepala jorong Aia Angek.

Kapolres Solok Kota, AKBP Ferry Suwandi melalui Kapolsek Singkarak, Iptu Yasril Muchtar, SH, membenarkan kejadian tersebut. Dugaan Sementara penyebab kebakaran adalah akibat hubungan arus pendek atau konsletting listrik.

Menurutnya, saksi melihat api sudah membesar membakar rumah milik korban dan masyarakat secara spontan bergoro nemadamkan api dengan cara manual sebelum mobil Damkar datang.

Usai mendapat kabar ada warga yang ditimpa musibah kebakaran, anggota DPRD Kabupaten Solok dari Fraksi Demokrat, Dian Angraini, langsung meluncur ke TKP untuk meninjau lokasi kebakaran dan menyampaikan rasa duka yang mendalam atas musibah tersebut.

“Ini adalah rencana Allah dan kita harus tabah menerimanya,” ucap Dian Angraini. Dalam kunjungan tersebut, pihaknya juga ikut memberi sumbangan berupa uang tunai kepada korban.

Dian Angraini juga menyampaikan duka yang mendalam dan berpesan keluarga yang terkena musibah tetap dalam kesabaran.

“Kita sengaja datang sebagai bentuk keikutsertaan kita dalam duka cita terhadap korban kebakaran dan juga kita akan mengupayakan apa yang bisa kita bantu melalui pemerintah dan pihak terkait,” sebut Dian Angraini yang bertindak dengan cepat.

Pihaknta meminta dinas terkait seperti Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Solok agar secapatnya membantu korban kebakaran, baik itu berupa tenda darurat ataupun bantuan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) sebagai kebutuhan utama pasca kebakaran (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here