Tanpa Kategori

Rumah Bapak Gampo di Sungai Nanam Ludes Diamuk Sijago Merah

×

Rumah Bapak Gampo di Sungai Nanam Ludes Diamuk Sijago Merah

Sebarkan artikel ini


SOLOK, JN-
Innalillahi wainnailaihi raji’un. Musibah kebakaran terjadi pada Minggu siang (8/10/2023) di Sungai Nanam, yang menimpa rumah Syamsuar ( Pak Gampo), salah seorang warga Jorong Lipek Pageh Nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok.

Akibat peristiwa tersebut, rumah Bapak Gampo rata dengan tanah dan tidak satupun barang yang bisa diselamatkan, termasuk 2 unit sepeda motor.Nusbah kebakaran itu terjadi pada saat penghuni rumah sedang berada di ladang.
Meski kebakaran tidak menimbulkan korban jiwa, namun insiden ini menghanguskan seluruh peralatan rumah tangga, Pakaian, bahan makanan,dokumen dokumen data keluarga,serta uang tabungan keluarga senilai 2.000.000 (dua juta rupiah).


Menurut keterangan  kepala Jorong Lipek Pageh, Arsis Miodo bersama salah seorang tokoh pemuda dilokasi , Tasril  mengatakan bahwa api mulai berkobar sekitar pukul 12.20 WIB. 
“Rumah ini terbuat dari kayu semua,Sehingga api dengan cepat menyebar ke seluruh bagian rumah,ketika kebakaran rumah dalam keadaan kosong, Pemilik sedang tidak di rumah, Syamsuar dan keluarga  pergi ke ladang,” ungkap Tasril.


Sementara itu  ketua Harian Yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam.Alimuddin menuturkan bahwa saat itu belum diketahui penyebab pasti kebakaran,Namun dari info warga sekitar, terdengar ledakan dan api telah membesar.
 Api bisa dipadamkan satu jam kemuduan setelah satu unit mobil pemadam kebakaran dan dibantu warga sekitar yang datang dari Kantor camat Lembah Gumanti.

Baca Juga :
PS Manchudum Juarai Turnamen Sepakbola Kayu Jao FC

Ketua IKKSN (Ikatan Keluarga Kenagarian Sungai Nanam), Salmanir Dtk Bandaro Menyampaikan duka yang mendalam ,serta mengajak masyarakat dan perantau untuk ikut membantu saudara Samsuar.
“Sebagai bentuk kepedulian kita, mari kita membantu saudara kita baik moril maupun materil. Kami mengajak masyarakat, perantau, dan semua dermawan untuk memberikan bantuan kepada saudari Samsuar.” tuturnya.

Sementara itu ditempat terpisah ketua dewan Pendiri Rumah Tahfizh Darul Fath Qur’an Jorong Lipek Pageh Sungai Nanam yang menetap di Jakarta.Ir.Apditaria .Rumah Tahfizh yang sebelumnya bernama Darul Qura,Namun setelah keluar badan hukum berupa Akte notaris,SK KEMENKUM HAMRI bernama Yayasan Darul Fath Qur’an Lipek Pageh Sungai Nanam,saat sekarang mengelola Rumah Tahfizh dan direncanakan akan mendirikan TKIT,SMPIT dan Pondok Pesantren Modern  Terpadu .Ir,Apditaria,Sebagai salah satu pendiri  Yayasan Darul Fath Qur’an dengan Akte Notaris Osmarwan Putra, SH. MH No.02. 08 September 2023 serta SK KEMENKUMHAM RI Nomor: AHU-0014620.AH.02.04.Tahun 2023.Tanggal 08 September 2023 dengan ketua Rahmat Taslim, M.Pd. Dengan pendiri Ir. Apditaria Ir. Mustapa Kamal dan Almasra, S.Pd Dewan Pengawas, Salmanir Datuak Bandaro. via telepon seluler juga mengajak para perantau Minang,Terutama yang berasal dari bumi alam Gumanti,Untuk ikut membantu meringankan beban

Baca Juga :
Kabupaten Solok Kembali Raih WTP Dari BPK RI Perwakilan Sumbar

“Mari kita membantu saudara Samsuar yang sedang diuji oleh Allah SWT.Kami mengajak kita semua baik masyarakat dikampung halaman,diperantauan, dan semua dermawan untuk memberikan bantuan kepada saudari Samsuar “ tuturnya.Ketua bidang sosial ,yayasan Generasi Peduli kenagarian Sungai Nanam ,Asparina,S.Pt “Kami mengajak dan menghimbau para dermawan untuk ikut meringankan beban bapak Samsuar,Baik berupa infak,sadaqah,maupun wakaf,Bisa berupa Bahan bangunan,Sembako,Pakaian layak Pakai serta uang tunai serta lainya,dari perkiraan kerugian diperkirakan mencapai 80 juta rupiah,dan nyaris tak ada yang tersisa,termasuk dokumen penting lainya,Ujar AsparinaBantuan dapat disalurkan langsung ke rekening milik saudari Ferni Zahamida (anak pak samsuar/Pak gampo di Bank Nagari/BPD Alahan Panjang dengan nomor rekening 2300.0210.11863-8 (kode bank 118).Dan untuk konfrimasi bantuan bisa langsung ke nomor HP.081374625550 (Deby ariaputra,S.Pd).Randi HP/082388021660.Arsis Miodo,SE (Kepala Jorong Lipek Pageh Sungai Nanam.no HP.082381126877.Asparina,S.Pt (Ketua Team Peduli Nagari Sungai Nanam ) HP.082383308232.Dengan mengirimkan bukti transfer sebagai konfirmasi.Atau bisa langsung ke lokasi.Lipek Pageh,8/10/2023

(Dilaporkan oleh.Masriwal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *