Presiden Joko Widodo Serahkan Kartu KIP dan PKH Untuk Masyarakat Solok

0
1241

SOLOK, JN- Kunjungan hari kedua Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo ke Ranahminang, dilanjutkan ke Kabupaten Solok dan Kota Sawahlunto. Presiden Jokowi bertolak dari Kabupaten Dharmasraya, dengan menggunakan mobil RI 1 dan menempuh perjalanan darat sekitar 60 menit hingga ke GOR Batubatupang di Koto Baru.

Kedatangan kepala Negara di Kabupaten Solok Nan Indah, disambut oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, beserta Ibu Hj. Nevi, Bupati Solok, H. Gusmal dan isteri, Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin dan isteri, Ketua DPRD Kabupaten Solok, H. Hardinalis Kobal, Perwakilan Siswa/I SD, SMP, SMA sederajat di Kabupaten Solok dan Perwakilan Masyarakat di Kabupaten Solok serta pejabat lainnya. Selain itu tampak hadir Menteri Sosial yang baru, Idrus Marham dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Dalam kunjungan ke Kabupaten Solok itu, Presiden  membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Sosial Pangan Rastra di Kabupaten Solok. Pembagian ini juga menjadi agenda pertama Presiden di hari kedua berada di Ranah Minang.

 

Bupati Kabupaten Solok, H. Gusmal dalam sambutannya menyampaikan ucapkan terima kasih kepada bapak Presiden RI dan ibu telah bersedia dan menyempatkan waktu untuk mengunjungi masyarakat kabupaten Solok, Bupati juga menyampaikan bahwa beliau menanti kedatangan Bapak Presiden RI dengan hati senang dan bangga. “Kami atas nama masyarakat Kabupaten Solok, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Presiden dan Ibu, yang sudah menyempatkan hadir mengunjungi kami di Kabupaten Solok,” jelas Bupati Gusmal. Bupati juga berpesan semoga Presiden RI Bapak Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi bisa sukses memimpin Republik Indonesia ini di masa yang akan datang. Selain itu dalam sambutannya Bupati juga menyampaikan mengenai profil kabupaten Solok, seperti Kabupaten Solok disamping punya banyak sungai juga memiliki banyak danau yang terkenal dengan pesona keindahan alamnya. Diantara danau-danau tersebut, yang terluas adalah Danau Singkarak, diikuti oleh Danau Kembar (Danau Diatas dan Danau Dibawah) serta Danau Talang. Disamping itu Kabupaten Solok juga memiliki satu gunung berapi yaitu Gunung Talang.

 

Sementara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy dalam sambutannya menyampaikan bahwa kunjungan Presiden ke Solok adalah  dalam rangka Tujuan penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP),   Program Keluarga Harapan (PKH) serta penyerahan bantuan sosial pangan rastra kepada siswa/I SD, SMP, SMA sederjat serta kepada masyarakat di Kabupaten Solok.

 

Sementara Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam arahannya menyampaikan ucapan terimakasihnya rakyat dan pemerintah kabupaten Solok dan pihak-pihak terkait yang telah melaksanakan pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH), dalam kegiatan tersebut Bapak Jokowi juga berpesan bahwa dana bantuan yang di berikan kepada siswa/I SD, SMP, SMA sederjat serta kepada masyarakat di kabupaten Solok.

“Saya berharap agar dana ini digunakan sesuai dengan semestinya,  seperti dana yang ada di KIP dapat digunakan untuk kebutahan anak-anak sekolah, missalnya untuk membeli seragam sekolah, sepatu, buku, alat tulis dan lain sebagainya. Bukan untuk membeli Handphone,” jelas Joko Widodo.  Sedangkan untuk penerima PKH juga dapat digunakan dengan sebaik mungkin seperti untuk pemenuhan kebutuhan harian keluarga,  kesehatan dan gizi.  Dana yang di dapat bagi pemilik KIP untuk SD sebanyak Rp 450 ribu, SMP  sebanyak 750 ribu dan untuk SMA sebanyak 1 juta rupiah yang digunakan untuk tambahan pendidikan.

Diakhir sambutannya Bapak Presiden menyampaikan bahwa Negara kita ini Negara Indonesia merupakan negara maritim yang besar dengan berbagai macam suku,  bahasa,  agama serta adat.  Dengan banyaknya keragaman tersebut kita semua harus bersatu dan bersama-sama menjaga itu semua untuk mencapai kehidupan berbangsa yang damai, karena kita semua saudara sebangsa dan setanah air.

 

Usai mengunjungi Solok, selanjutnya  Presiden dan Ibu Iriana akan melanjutkan perjalanan menuju Kota Sawahlunto. Di kota ini, Presiden akan menyerahkan sertifikat tanah kepada ahli waris dari keluarga Djamaluddin Adinegoro.

Sore harinya Presiden diagendakan meninjau Program Padat Karya Tunai di Nagari Sungai Tarab, Kabupaten TanahDatar. Setelah itu, Presiden akan menuju hotel tempatnya bermalam di Kabupaten Tanah Datar sebelum melanjutkan kunjungan kerja esok harinya (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here