Tanpa Kategori

Peringati Hari Pohon Sedunia, Aqua Solok Tanam 100 Pohon di Lokasi Masjid Tuo Kayu Jao

×

Peringati Hari Pohon Sedunia, Aqua Solok Tanam 100 Pohon di Lokasi Masjid Tuo Kayu Jao

Sebarkan artikel ini


SOLOK, JN– Dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia, Team relawan CSR PT Tirta Investama pabrik Solok bersama pemuda jorong Kayu Jao, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, melakukan penanaman pohon sekitat 100 batang di sekitar masjid Tuo Kayu Jao, pada hari Sabtu (28/11).


Meurut Pimpinan PT. Tirta Investama Pabrik Solok (TIV Solok ), Endro Wibowo yang diwakili oleh Kepala CSR PT. Tirta Investama Jon Betric dan Humas PT Tirta Investama Pabrik Solok atau Stakeholder Relation PT.TIV Solok Azra`i, tujuan penanaman pohon ini dalam rangka memperingati hari pohon sedunia yang jatuh pada 21 November. 


“Kegiatan ini sengaja dilakukan di sekitar masjid Tuo mengingat masjid ini salah satu cagar budaya yang menjadi kebanggaan masyarakat nagari Batang Barus yang patut dijaga dan dikelola dengan baik,” sebut Jon Betric.
 Adapaun jenis pohon yang ditanam adalah pohon sirsak dan mangga di pinggir jalan menuju masjid dan di sekitar taman masjid tuo. 

Baca Juga :
Perjalanan Yang Berhasut Dalam Penghianatan Sang Tuhan Dalam Light Novel “Jobless reincarnation : i will seriously try if i go to another world”


“Semoga pohon yang ditanam tersebut dapat tumbuh dengan subur dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar dan membantu mencegah tanah longsor,” tambah Azra’i.

Adapun sejaran dirayakan hari pohon ini adalah menghormati seorang aktivis lingkungan asal Amerika Serikat Julius Sterling Marton yang begitu gigih untuk mengkampanyekan gerakan menanam pohon dan perlindungan hutan. Pada tahun 1872.

Baca Juga :
Seleksi Bagi Penghafal Alquran di Buka di Nagari Batang Barus Untuk Menuju Generasi Alqurani


Dimana Pada tahun 1872, Marton menyampaikan gagasan tentang peringatan hari pohon sedunia. Dedikasi ia pun menginspirasi banyak orang sehingga pada akhirnya 21 November dikenal dengan Hari Pohon.
Dikesempatan dan tempat yang berbeda peringatan hari pohon sedunia ini juga telah dilakukan dengan menanam 50 batang pohon di taman kehati PT Tirta Investama pabrik Solok pada tanggal 21 November 2020 minggu lalu. Hingga sekarang taman kehati PT Tirta Investama sudah mengkoleksi 72 jenis tanaman lokal. 
Mudah2an area seluas 2,5 hektar tersebut bisa menambah koleksi jenis tumbuhan sebagai program conaervasi in situ dan ex situ (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.